Penjelasan JNE, JTR, Cashless Shopee Beserta Cara Pakainya

Koranpangkep.co.id – JNE, JTR, Cashless Shopee adalah salah satu layanan jasa kirim terbaru yang bekerja sama dengan Shopee. Sebagai pembeli, kamu mungkin ingin membeli barang dengan biaya ongkos kirim dengan harga yang terjangkau. Shopee sebagai salah satu platform belanja online yang besar di Indonesia memiliki banyak pilihan untuk jasa pengiriman.

JNE JTR Cashless Shopee termasuk jasa pengiriman Shopee untuk pengguna Shopee yang membeli barang dengan jumlah berat diatas 10 Kg. Jika kamu membeli barang online beratnya lebih dari 10 Kg, maka menggunakan JNE JTR adalah pilihan yang tepat untuk jasa pengiriman. Jasa pengiriman ini harganya lebih murah dari JNE YES, OKE, atau Reguler.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan informasi penting tentang JNE JTR Cashless Shopee. Kami akan menguraikan apa itu JNE JTR Cashless Shopee, kelebihan yang bisa didapat, bagaimana menggunakannya, dan cek resi.

Tentang JNE JTR Cashless Shopee

Tentang JNE JTR Cashless Shopee

Sebagai platform belanja online yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, Shopee menyediakan berbagai macam jasa kirim. Shopee sendiri menyediakan beberapa jenis jasa kirim yang berdasarkan estimasi waktu pengiriman. Jasa kirim berdasarkan estimasi ini mencakup instant, same day, next day, reguler, hemat, kargo, dan ambil di tempat.

Ada banyak perusahaan jasa kirim yang sudah bekerja sama dengan Shopee, salah satunya adalah JNE. Layanan terbaru JNE untuk Shopee yaitu JNE JTR Cashless Shopee dimana layanan ini berbeda dengan jasa kirim biasanya. 

JNE JTR Cashless Shopee ini memudahkan untuk pengiriman barang yang memiliki ukuran jauh lebih besar daripada paket pada umumnya. JTR yang merupakan bagian dari nama JNE sendiri memiliki arti JNE Trucking. Pengiriman JTR sendiri berupa kargo dalam jumlah besar baik untuk pengiriman darat atau laut.

Layanan JTR yang menjadi jasa pengiriman baru ini, menggunakan metode pembayaran non tunai atau biasa disebut dengan cashless. Artinya, pengirim barang tidak perlu membayar ongkos kirim secara tunai. Tentunya opsi ini akan sangat mempermudah siapapun dalam pengiriman barang.

Baca Juga  3 Cara Mengetahui ID Shopeepay Sendiri Mudah Tanpa Ribet

Menjadi salah satu layanan jasa kirim di Shopee, layanan JTR memiliki berbagai kelebihan dan ketentuan sehingga tidak dapat digunakan sembarangan. Salah satu syarat untuk menggunakan layanan JTR ini adalah berat minimum karena pengirimannya menggunakan truk yang dikhususkan mengirim barang besar.

Keunggulan Dari JNE JTR Cashless Shopee

Keunggulan Dari JNE JTR Cashless Shopee

Jasa pengiriman JNE JTR Cashless Shopee ini pasti memiliki kelebihan yang menguntungkan dibandingkan jasa pengiriman lainnya. Layanan pengiriman JNE Trucking dapat menjadi pilihan di antara sekian banyak layanan pengiriman yang tersedia di Shopee. Selain menjanjikan estimasi pengiriman selama satu minggu, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu nikmati, seperti yang ada di bawah ini:

1. Ongkir Murah

Keunggulan utama yang dimiliki oleh JNE JTR Cashless adalah harga ongkos pengiriman yang cenderung lebih murah dibanding dengan layanan JNE yang lainnya. Jasa pengiriman ini cocok untuk pengiriman paket yang cenderung berat karena lebih murah biayanya.

2. Pengiriman Luas

Hal ini dikarenakan alat transportasi angkut yang digunakan berbeda daripada yang lain. JNE JTR Cashless Shopee ini menggunakan truk sebagai transportasi darat maupun laut untuk  pengirimannya. Jangkauan pengirimannya sangat luas dan beragam terutama di Bali, Jawa, dan Sumatera.

3. Bobot Pengiriman Bisa Di Atas 10 Kg 

JNE JTR Cashless Shopee ini juga mendukung pengiriman barang berukuran besar dengan bobot 10 Kg maupun di atas 10 Kg. Berat dengan 10 Kg ataupun di atas, pengiriman jasa JNE Trucking memiliki tarif terjangkau lebih murah.  

4. Cek Resi

Jasa pengiriman JNE JTR Cashless Shopee mempunyai fasilitas cek resi yang dimana kamu bisa memantau perjalanan paket. Paket kamu bisa terlihat sedang berada dimana melalui no resi yang bisa dicek melalui Shopee maupun website JNE sendiri.

Syarat Penggunaan JNE JTR Cashless Shopee

Syarat Penggunaan JNE JTR Cashless Shopee

Penggunaan layanan jasa pengiriman yang mudah memang akan menjadi pilihan banyak orang. Namun, untuk JNE JTR Cashless Shopee tidak dapat digunakan untuk pengiriman paket biasa sehingga ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan.

1. Minimal Berat Pada Barang Yang Dikirim

Menggunakan truk sebagai alat transportasi pengiriman membuat JNE harus menetapkan berat pada barang yang dikirim. Hal ini tentunya diatur agar kurir motor dan mobil biasa tetap bisa melakukan pengiriman paket atau barang. 

Penggunaan JTR hanya dapat dipilih jika berat dari paket yang akan dikirim minimal 10 kg. Namun, JTR juga memiliki batas maksimum berat dari barang yang dikirim jika tidak ingin dikenakan biaya tambahan. Untuk barang yang memiliki berat di atas 250 kg akan dikenakan biaya tambahan per kilonya.

Baca Juga  Top Up Shopeepay Mudah Lewat Indomaret, Alfamart, Dan Bank!

2. Pembayaran Nontunai JTR

Sesuai dengan namanya, JNE JTR Cashless Shopee ini memiliki metode pembayaran yang tidak menggunakan uang cash. Ketentuan satu ini berguna untuk memudahkan kedua belah pihak, baik pengirim maupun untuk pihak jasa kirim.

3. Biaya Packing

Beberapa paket memiliki tingkat daya tahan yang kurang baik sehingga kemungkinan akan mengalami kerusakan selama paket dalam pengiriman. Layanan JTR satu ini menyediakan packing khusus agar barang tetap aman sampai dengan tujuan.

Tentu saja penanganan packing khusus yang disediakan ini tidak gratis. Penanganan packing akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan tingkat kesulitan packingnya. Hal ini diperlukan agar barang yang dikirim tetap terjaga kualitasnya dan tentunya akan menguntungkan penjual juga.

Selain itu, beberapa barang atau paket yang memiliki harga diatas 10 kali ongkos kirim disarankan untuk menggunakan asuransi demi keamanan. Biaya asuransi yang disarankan tergolong murah yaitu, sebesar 0,2% dari harga barang dan biaya admin sebesar Rp 5.000.

4. Hari Operasional

Pengiriman menggunakan layanan JNE Trucking hanya beroperasional sesuai hari kerja. Hari operasional normalnya yaitu mulai hari senin sampai hari sabtu. Jadi, kamu tidak bisa melakukan pengiriman melalui JTR di hari minggu dan hari libur nasional.

5. Jangkauan Pengiriman

Layanan pengiriman satu ini memiliki klaim sebagai jasa pengiriman nasional. Tetapi, untuk saat ini layanan JNE Trucking hanya dapat melayani beberapa daerah saja. Daerah yang sudah bisa mengakses layanan ini adalah pulau Jawa, Bali, dan Sumatera. 

Pengirim juga memiliki dua opsi dalam melakukan pengiriman. Paket yang akan dikirim bisa di pick up oleh JTR di tempat atau kamu bisa mengantar paketnya ke counter JTR. Jika ingin menggunakan jasa pick up maka kamu harus menghubungi pihak JTR terlebih dahulu dan menginformasikan kapan paket dapat diambil.

Penggunaan JNE JTR Cashless Shopee

Penggunaan JNE JTR Cashless Shopee

Kamu jangan khawatir untuk menggunakan jasa pengiriman ini  karena sangat mudah untuk kita gunakan. Pembeli  dapat menggunakan layanannya saat melakukan pembelian online di Shopee. Berikut tips penggunaannya:

  1. Kamu pastikan berat total dari paket yang akan dikirim minimal memiliki berat 10 Kg
  2. Kemudian, kamu lanjutkan proses check out seperti biasa hingga kamu menemukan opsi layanan pengiriman atau kurir 
  3. Kamu pilih layanan pengiriman di JNE JTR. Jika tidak ada, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu ke penjual atau seller untuk penggunaan jasa pengiriman yang kamu inginkan
  4. Jika sudah memilih layanan kurir JNE JTR, selesaikan proses pembayaran barang yang kamu inginkan
  5. Setelah selesai, kamu bisa mengkonfirmasikan kembali kepada penjual atau seller bahwa kamu ingin menggunakan layanan jasa pengiriman JNE JTR melalui fitur chat yang telah disediakan oleh Shopee
Baca Juga  Biaya Admin Shopee Berapa Besarnya? Silahkan Cek Disini!

Cek Resi Saat Menggunakan JNE JTR Cashless Shopee

Cek Resi Saat Menggunakan JNE JTR Cashless Shopee

Resi adalah salah satu hal yang penting dalam jasa pengiriman khususnya dalam proses belanja secara online. Hal ini dikarenakan resi menjadi bukti bahwa penjual sudah mengirimkan paket yang dibeli oleh pembeli. 

Dengan adanya resi dari paket yang telah dikirim maka dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pembeli kepada penjual. Resi sendiri berisikan informasi mengenai pengiriman paket sehingga pembeli dapat melacak dan mengetahui sudah sampai mana paket yang dibelinya.

Mengecek resi saat menggunakan JNE JTR Cashless Shopee dapat dilakukan dengan dua cara. Pembeli dan penjual dapat mengecek informasi paket langsung melalui aplikasi Shopee atau dengan mengunjungi website JNE. 

1. Mengecek Resi JNE Trucking Melalui Shopee

Jika kamu berbelanja di Shopee, kamu akan selalu dapat melacak paketmu melalui aplikasi secara langsung. Hal ini menjadi salah satu fitur penting yang disediakan oleh Shopee. Berikut adalah langkah yang dapat kamu ikuti ketika melakukan pengecekan resi pada aplikasi Shopee.

  1. Buka aplikasi Shopee pada HP lalu pilih menu saya yang berada di sebelah kanan bawah layar
  2. Setelah itu akan muncul beberapa opsi, klik opsi menu dikirim
  3. Pilih barang atau paket yang ingin dilacak
  4. Klik bagian informasi pengiriman untuk melihat rincian perjalanan paket 

2. Mengecek Resi JNE JTR Cashless Shopee Melalui Website

JNE mempunyai situs resmi atau aplikasi. Jika kamu sedang belanja online ataupun sedang mengirim paket melalui JNE Trucking, kamu bisa juga cek resi via websitenya. Situs resmi JNE untuk tracking paket adalah  https://www.jne.co.id/id/tracking/trace

  1. Buka website JNE melalui pencarian google dengan mengetik situs JNE tracking 
  2. Lalu klik JNE dan langsung terbuka halaman lacak kiriman
  3. Kemudian masukan no resi kamu di kolom lacak kiriman, ketika sudah mengetik no resinya. Kamu bisa klik tracking
  4. Terakhir, kamu hanya tinggal menunggu informasi paket kamu muncul

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang apa itu jasa pengiriman JNE JTR Cashless Shopee, kelebihan, dan cara penggunaanya. Semoga uraian di atas dapat membantu kamu untuk memilih jasa pengiriman yang akan kamu gunakan untuk pembelian barang secara online. Jangan sampai terlewat informasi lainnya yang menarik!