3 Penyebab Shopee Paylater Terkunci Serta Cara Mengatasinya

KoranPangkep.co.id – Shopee paylater terkunci menjadi penghambat bagi penggunanya yang ingin melakukan transaksi dengan pembayaran paylater.

Padahal pembayaran transaksi dengan menggunakan metode satu ini sangat mempermudah penggunanya untuk tidak perlu melakukan top up saldo dan semacamnya. Tetapi karena shopee paylater terkunci ini membuat para penggunanya menjadi kesulitan untuk membayar transaksi dengan cara instan.

Shopee paylater terkunci ini bisa disebabkan karena beberapa alasan. Entah karena kamu belum melakukan verifikasi, ataupun karena kamu melakukan transaksi diatas batas wajar. Jika merasa ada hal aneh yang dilakukan oleh pengguna shopee, maka pihak shopee sendiri bisa membatasi bahkan memblokir transaksi yang dilakukan oleh pengguna itu.

Apakah kamu juga mengalami shopee paylater yang terkunci? Tidak perlu khawatir karena ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Beberapa langkah yang ditawarkan juga tidak terlalu susah. Kalau kamu ingin mengetahuinya, tetap ikuti pembahasan kali ini ya.

Apa Itu Shopee Paylater?

Apa Itu Shopee Paylater

Sebagaimana yang sudah diketahui, shopee merupakan salah satu platform belanja online yang sangat populer di dunia. Khususnya, shopee ini bergerak di wilayah asia tenggara tetapi juga sudah mulai mengembangkan pelayanannya ke luar asia. Beberapa negara di luar asia yang sudah mulai dijelajahi oleh shopee yakni ada di wilayah Amerika Selatan, tepatnya berada di negara Brasil.

Shopee yang sudah rilis sejak tahun 2015 ini memberikan perkembangan yang bisa banyak orang lihat. Baik dari pengembangan fitur hingga kepada pelayanan kemudahan yang berkaitan dengan pembayaran atau pun transaksi yang dilakukan.

Salah satu pelayanan yang ditawarkan oleh shopee adalah shopee paylater. Itu adalah sebuah metode pembayaran yang bisa digunakan oleh pengguna shopee dengan melakukan pembayaran menyusul. Jadi, pengguna dapat membeli barang ataupun melakukan transaksi lainnya tanpa perlu melakukan pembayaran secara langsung.

Sistem dari shopee paylater adalah membeli barang tetapi bisa melakukan pembayaran dengan cara menyusul dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang. Shopee paylater sendiri menawarkan pembayaran dengan sistem “bayar nanti” ataupun pembayaran dengan “cicilan”. Dalam hal ini, kamu diberikan kebebasan untuk memilih sistem pembayaran sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca Juga  Apa Itu On Delivery Di Shopee Serta Apa Saja Keuntungannya?

Sistem Bayar Nanti

Sistem “bayar nanti” adalah tagihan pembayaran yang bisa kamu bayarkan saat menjelang akhir bulan di bulan berlangsung. Misalnya, pada tanggal 10 di bulan Mei kamu membeli barang dan membayarnya menggunakan shopee paylater. Kamu memilih sistem “bayar nanti” maka kamu akan membayar tagihan dari transaksi kamu itu pada akhir bulan Mei.

Selain pembayaran di akhir bulan Mei, kamu juga masih bisa membayar tagihan paylater kamu itu hingga jatuh tempopada tanggal 5 di bulan berikutnya. Bila berdasarkan contoh diatas, maka kamu masih diberikan kesempatan untuk melakukan pembayaran sampai dengan tanggal 5 Juni. Lewat dari tenggat waktu yang diberikan, maka kamu akan mendapatkan denda atau sanksi yang harus dibayar.

Biasanya, sistem bayar nanti ini digunakan bila belanjaan kamu memiliki total harga kurang dari 100 ribu rupiah. Hal itu dikarenakan shopee melihat bahwa total belanjaan mu masih memiliki harga yang terjangkau dan tidak terlalu banyak sehingga masih bisa “bayar nanti”. Namun jika total harga belanjaan kamu lebih dari 100 ribu rupiah, kamu akan ditawarkan bayar dengan sistem “cicilan”.

Sistem Cicilan

Seperti pembayaran cicilan atau angsuran pada umumnya, shopee paylater juga memberikan kamu pilihan dan kesempatan untuk membayar tagihan kamu dengan mencicilnya perbulan. Dalam shopee sendiri, paylater dengan cicilan ini menawakan sistem tiga kali pembayaran, sembilan kali, hingga dua belas kali pembayaran.

Hal ini bisa mempermudah kamu bila ingin membeli barang dengan total harga yang cukup mahal. Kamu tidak perlu membayarnya dengan cara yang sekaligus melainkan kamu bisa mencicilnya dengan membayar tagihan per bulannya.

Pembayaran dengan sistem cicilan ini memanglah memudahkan tetapi kamu juga perlu mengetahui bahwa kamu akan dikenakan bunga dan juga biaya admin untuk setiap transaksi. Tentunya sistem bunga cicilan ini sudah cukup familiar di kalangan masyarakat. Bila mengambil masa cicilan yang semakin lama, maka umumnya bunga cicilannya pun semakin besar.

Shopee mengenakan biaya bunga cicilan untuk sistem pembayaran ini sebesar minimal 2.95 persen yang dilihat dari total belanjaan kamu. Selain itu, biaya admin yang dibutuhkan adalah sebesar 10 persen dari totalnya. Jadi, kamu tidak perlu kaget apabila tagihan bulanan kamu akan berbeda dengan jumlah harga belanjaan kamu.

Baca Juga  Cara Kredit HP Di Shopee Dengan Cicilan Termurah Terbaru 2022

Selain adanya biaya cicilan dan juga biaya admin, shopee juga memberikan sanksi pada penggunanya yang melakukan keterlambatan pembayaran. Adapun sanksi tersebut adalah biaya tambahan sebesar lima persen dari tagihan cicilannya per bulan. Jadi, bila kamu telat membayar satu bulan, maka kamu akan kena denda sebesar lima persen dan begitupun berlaku kelipatan.

Syarat Untuk Mengaktifkan Shopee Paylater

Syarat Untuk Mengaktifkan Shopee Paylater

Shopee paylater memang menawarkan banyak kemudahan bagi para pengguna shopee. Namun, tidak semua akun shopee dapat mendaftarkan dan juga menggunakan shopee paylater ini. Hanya akun pengguna tertentu yang dipilih shopee untuk bisa mendaftarkan akunnya agar bisa menggunakan paylater.

Berikut ini adalah beberapa syarat dari sebuah akun pengguna yang ingin menikmati pelayanan shopee paylater.

  • Akun pengguna sudah terdaftar dan juga sudah terverifikasi.
  • Akun  pengguna sudah digunakan lebih dari tiga bulan.
  • Akun tersebut sudah sangat sering dipakai untuk melakukan transaksi baik pembelian ataupun penjualan.

Itulah beberapa syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa menggunakan kemudahan paylater dari akun kamu pribadi. Namun apabila kamu sudah memenuhi syarat tetapi masih tidak bisa mendaftarkannya, maka shopee sudah memperbaharui syarat yang diberikan.

Cara Untuk Mendaftarkan Akun Shopee Paylater

Cara Untuk Mendaftarkan Akun Shopee Paylater

Jika akun kamu sudah memenuhi seluruh kriteria yang dijelaskan di atas, maka kamu hanya tinggal mencoba untuk mendaftarkan dan mengaktifkan akun kamu. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah di bawah ini.

  1. Pertama tama, kamu harus menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan yakni KTP.
  2. Kamu buka aplikasi shopee dan pilih pada menu bagian spaylater.
  3. Kemudian kamu klik aktifkan untuk masuk ke proses pengaktifan.
  4. Kamu akan diminta untuk memasukan kode OTP yang biasanya akan dikirim ke nomor telepon yang kamu daftarkan di akun kamu.
  5. Foto KTP kamu dan isilah beberapa data yang dibutuhkan.
  6. Selanjutnya ikuti proses verifikasi wajah dan pastikan kamu mengikuti prosesnya hingga selesai.
  7. Tunggu selama 7 hari kerja hingga shopee memproses data-data kamu.
  8. Cek berkala di notifikasi apakah shopee sudah mengapprove pengaktifan spaylater kamu atau belum.

Alasan Shopee Paylater Terkunci

Alasan Shopee Paylater Terkunci

Inilah yang menjadi pembahasan utama artikel ini. Bila kamu sudah memiliki shopee dan berhasil mendaftarkan paylater namun shopee paylater kamu terkunci, maka kamu perlu mengetahui penyebabnya. Berikut ini beberapa penjelasan dari penyebab shopee paylater kamu terkunci.

1. Adanya Aktivitas Akun Yang Mencurigakan

Alasan pertama yang bisa kamu ketahui adalah tentang masalah keamanan. Seringkali terjadi adanya modus penipuan dengan mengatasnamakan shopee dalam hal pemberian hadiah. Ini bisa terlihat apabila ada akun yang meminta kode verifikasi kamu. Bila shopee melihat laporan tindakan seperti ini, maka pihak shopee akan melakukan langkah preventif dengan memblokirnya.

Baca Juga  Biaya Admin Shopee Berapa Besarnya? Silahkan Cek Disini!

Shopee paylater yang terkunci menjadi langkah efektif yang bisa dilakukan oleh pihak shopee agar akun korban penipuan tersebut tidak disalahgunakan. Jadi, kalau shopee melihat adanya aktivitas tidak wajar dan juga menerima laporan, maka shopee bisa bertindak mengunci akun sebagai langkah menjaga keamanan.

2. Adanya Indikasi Pencurian Saldo Paylater

Masih seputar keamanan pengguna paylater, shopee juga bisa melakukan tindakan penguncian pada akun yang mencurigakan. Indikasi seperti pencurian saldo ini bisa terlihat jika

  • Adanya kesalahan berulang dalam memasukan pin
  • Menggunakan pembayaran paylater untuk produk ataupun barang yang sama secara terus menerus
  • Adanya pengajuan limit saldo dalam jumlah besar yang tidak masuk nalar.

Dalam hal ini, bisa saja ada pembobolan saldo sehingga korban harus membayarkan tagihan sekalipun ia tidak melakukan transaksi apa-apa. Jika ada hal seperti ini, maka shopee paylater terkunci adalah cara yang bisa dilakukan oleh shopee untuk menghindari kerugian pada penggunanya.

3. Pengguna Tidak Membayarkan Cicilan

Penyebab shopee paylater terkunci selanjutnya adalah tagihan dari pengguna tidak dibayarkan walaupun sudah sangat lewat dari tenggat waktu. Dlam hal ini, pengguna paylater sudah melanggar kontrak dan perjanjian saat adanya persetujuan penggunaan paylater.

Shopee sendiri akan memberikan sanksi pada pengguna yang terlambat membayarkan tagihannya. Namun apabila tagihan tersebut tidak dibayarkan dalam waktu yang lama, maka shopee paylater kamu akan terkunci secara otomatis. Ini akan membuat keterbatasan dalam penggunaan fitur satu ini.

Cara Memulihkan Shopee Paylater Yang Terkunci

Cara Memulihkan Shopee Paylater Yang Terkunci

Untuk mengatasi permasalahan shopee paylater terkunci, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini.

  • Melakukan pengulangan verifikasi akun paylater dengan mengisi kembali data dan persyaratan yang dibutuhkan.
  • Menghubungi pihak shopee dengan cara menelpon customer service dengan nomor 1500702 ataupun dengan melalui fitur live chat di shopee.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang shopee paylater terkunci. Semoga dari penjelasan di atas, kamu bisa memahami lebih lagi penyebab dari shopee paylater yang terkunci sehingga ada langkah preventifnya. Tetap ikuti blog ini untuk mendapatkan pembahasan bermanfaat lainnya.