Cara Mengedit Video di Kinemaster Untuk Pemula (Lengkap)

Koranpangkep.co.id – Mengedit video di Kinemaster menjadi jalan cepat dan fleksibel bagi beberapa orang. Zaman globalisasi seperti membuat banyak orang berlomba-lomba menjadi yang terbaik di berbagai bidang, seperti desain grafis, video editor, dan lainnya. 

Aplikasi edit video banyak digunakan sejak hadirnya aplikasi khusus untuk membagikan video pendek, seperti Tiktok, Instagram, dan Youtube. Oleh karena itu, terdapat beberapa aplikasi edit video yang dapat digunakan, salah satunya mengedit video di Kinemaster.

Beberapa aplikasi edit video menyediakan layanan secara gratis serta versi premium yang berbayar. Akan ada banyak sekali fitur yang bisa kamu coba gunakan ketika mengedit video di Kinemaster. Yuk simak terus artikel ini untuk pembahasan lainnya!

Apa Itu Kinemaster?

Apa Itu Kinemaster

Kinemaster adalah salah satu aplikasi edit video yang memiliki rating 4.8 dari 5. Aplikasi ini juga menduduki peringkat ke-40 dalam kategori “Photo & Video” di App Store. Kinemaster sendiri dapat diakses melalui iOS dan Android. 

Mudah, fleksibel, dan cepat adalah idaman semua orang dalam proses edit video. Fitur yang dapat kamu temukan dalam aplikasi ini pun sangat beragam. Mulai dari mengedit kecepatan video, chroma key, inverse video, dan lainnya. Pengguna juga bisa memasukan lagu, menggunakan efek, filter, suara, stickers, dan lainnya ketika mengedit video di Kinemaster. 

Seperti aplikasi lainnya, Kinemaster juga menyediakan versi premium. Keuntungan dari menggunakan Kinemaster Premium yaitu tidak ada watermark, tanpa iklan, dan yang dapat mengakses seluruh fitur tanpa batas. Jika tertarik untuk menggunakan versi premium kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 65.000 dimana harganya cukup terjangkau.

Fitur-Fitur Yang Dimiliki Saat Mengedit Video Di Kinemaster

Fitur-Fitur Yang Dimiliki Saat Mengedit Video Di Kinemaster

Setiap aplikasi memiliki fitur yang membuat aplikasi tersebut menjadi pilihan untuk calon pengguna ketika akan menggunakannya. Fitur merupakan salah satu faktor penting untuk aplikasi karena dapat menjadi bahan pertimbangans sebelum di download. Sebelum mulai mengedit video di Kinemaster, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu mengetahui fitur-fitur yang terdapat di Kinemaster. 

Baca Juga  PowerDirector Pro MOD APK Tanpa Watermark Full fitur Terbaru 2022

1. Memotong Frame Yang Tidak Diinginkan

Fitur menarik yang dianggap sepele akan tetapi sangat membantu proses pengeditan agar mendapatkan lebih baik. Fitur memotong frame salah satunya, fitur yang bermanfaat untuk menyesuaikan ukuran besar kecilnya video. 

Jika kamu mempunyai video yang memiliki jarak pandang luas, dan ingin memotongnya agar tidak kelihatan berantakan, bisa menggunakan KineMaster. Jarak pandang video akan menjadi lebih fokus sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

2. Mengatur Kecepatan Video

Dalam mengedit video fitur mengatur kecepatan video juga penting, ada beberapa video ingin diedit menjadi lambat agar terlihat lebih sesuai. Terkadang ada juga beberapa video yang ingin diedit menjadi lebih cepat. Dengan tujuan bahwa ada beberapa momen yang sesuai jika kecepatannya diperlambat atau dipercepat.

3. Menambahkan Teks

Tidak semua penikmat atau penonton video dapat mendengar, maka fitur teks ini akan sangat berguna untuk membuat caption pembicaraan. Jika video yang kamu edit menggunakan fitur satu ini, maka video yang kamu hasilkan juga bisa diputar tanpa suara.

Teks pada video juga berguna untuk beberapa bagian video agar tidak monoton. Kinemaster menyediakan berbagai jenis font dan warna font agar dapat ditambahkan sebagai aksesoris pada video. Teks yang digunakan untuk hiasan ini juga dapat disatukan dengan item lain seperti stiker.

4. Efek Visual 

Penambahan warna dan efek filter pada video juga tersedia di aplikasi Kinemaster. Filter dan warna dapat digunakan agar video menjadi lebih indah dan tidak terlihat kaku. Efek visual yang disediakan oleh Kinemaster memiliki variasi yang beragam sehingga kamu hanya tinggal memilih mana yang ingin digunakan.

Keunggulan Aplikasi Saat Mengedit Video Di Kinemaster

Keunggulan Aplikasi Saat Mengedit Video Di Kinemaster

Maraknya aplikasi edit video yang muncul di permukaan membuat mereka bersaing dan berlomba-lomba menghadirkan fitur yang terbaik. Apa sajakah keunggulan aplikasi ini sehingga menjadi perhatian banyak orang?

1. Memilih Resolusi Saat Mengedit Video Di Kinemaster

Sebuah video memiliki berbagai macam resolusi yang beragam dimana resolusi ini akan menentukan kualitas dari video. Semakin tinggi resolusi video yang kamu gunakan maka akan semakin jernih juga video yang dihasilkan. 

Melalui aplikasi Kinemaster, resolusi yang tersedia juga beragam. Terdapat ukuran resolusi 360, 720, dan 1080 yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. Jika memilih resolusi yang tinggi, kemungkinan ukuran file juga akan lebih besar. Maka, pastikan ada cukup space pada handphone agar proses penyimpanan tidak terganggu.

Baca Juga  Kinemaster Premiere Pro Mod Apk Tanpa Watermark Full Unlocked

2. Ada Fitur Green Screen

Perkembangan teknologi yang kian membaik dapat membuat beberapa aplikasi pun kian menjadi lebih baik lagi. Salah satunya yaitu aplikasi editing video KineMaster. Dengan adanya penambahan Green Screen menjadi salah satu keunggulan dari aplikasi ini. 

Adanya green screen membuat proses pengeditan video menjadi lebih mudah dan hasil yang didapatkan menjadi lebih baik. Tidak perlu lagi menggunakan aplikasi editing video untuk profesional, karena untuk mengedit green screen sudah sangat dimanjakan oleh KineMaster. 

3. Efek Suara Bervariasi

Saat mengedit video pasti akan kurang jika tidak adanya penambahan efek-efek suara. Penambahan efek suara pada editing video akan membuat perubahan yang besar pada hasil videonya. Dengan begitu para penonton videonya juga bisa merasakan emosinya melalui efek suara.

Sekarang dengan menggunakan KineMaster sudah bisa mengedit video polos menjadi video yang bersuara dengan adanya banyak efek suara. Di dalam KineMaster kamu bisa menemukan berbagai macam efek suara yang kamu ingin gunakan. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi mengambil efek suara secara ilegal. 

4. Banyak Variasi Transisi 

Transisi pada video adalah bagian yang banyak dicari karena fitur ini membuat video menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Transisi biasanya digunakan untuk memisahkan antara video yang dijeda agar terlihat tetap terhubung satu sama lain.

Selain membuat video lebih menarik, adanya transisi yang bervariasi juga dapat menjadi satu keunggulan. Semakin banyak variasi transisi, video akan terlihat lebih berwarna. 

5. Musik Bebas Copyright

Selain efek suara yang sudah disediakan oleh aplikasi KineMaster, ada juga keunggulan lain yang ditawarkan. Musik yang terdapat di KineMaster merupakan musik yang sudah bebas dari Copyright. Tidak perlu lagi kamu khawatir untuk terkena copyright jika ingin men share hasil editing video kamu.

Saat menggunakan musik yang sudah disediakan oleh aplikasi KineMaster, kamu akan menemukan perbedaan pada suara. Musik yang sudah bebas Copyright dan original KineMaster biasanya memiliki suara yang lebih jernih, dibanding kamu mendownloadnya.

Sangat banyak keunggulan yang telah ditawarkan oleh aplikasi ini untuk mengedit video di KineMaster. Tak perlu ragu lagi jika kamu ingin mengedit video di KineMaster karena aplikasi ini memberikan banyak keunggulan yang menarik.

Cara Mengedit Video Di Kinemaster

Cara Mengedit Video Di Kinemaster

Jika kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi Kinemaster tentu saja kamu perlu mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Dengan mengetahui caranya maka saat mengedit video di KineMaster nanti, kamu tidak perlu merasa kebingungan. Berikut langkah-langkah mengedit video di KineMaster dengan mudah:

  1. Buka aplikasi KineMaster yang sudah kamu download sebelumnya
  2. Pastikan kamu sudah memiliki dan menyiapkan beberapa video yang akan kamu edit
  3. Tekan tombol Create New yang berwarna orange pada laman tersebut
  4. Masukkan nama project yang akan kamu buat
  5. Pilih berbagai macam ratio, photo duration, dan transition sesuai dengan yang kamu inginkan
  6. Jika sudah kamu sudah bisa memulai untuk mengedit video di KineMaster 
  7. Mengedit video di KineMaster sudah selesai, maka data yang sudah di edit harus di simpan
  8. Bila sudah selesai, klik tombol “share / download” di sebelah ujung kanan atas kamu, lalu pilih resolusi dan frame
  9. Klik pada bagian “Save as Video”
  10. Tunggu sampai proses download file video selesai
  11. Setelah selesai, video yang sudah kamu edit akan masuk ke galeri handphone kamu
Baca Juga  Velocity Capcut Jedag-Jedug Viral, Begini Cara Buatnya

Seperti itulah cara mengedit video di KineMaster, sangat mudah dipahami bukan? Semoga dengan adanya tutorial ini kamu akan lebih sering untuk menggunakan Kinemaster untuk mengedit video. Mengedit video di Kinemaster akan terasa lebih seru dengan fitur dan penggunaannya yang mudah dipahami.

Cara Download Aplikasi Untuk Mengedit Video Di Kinemaster

Cara Download Aplikasi Untuk Mengedit Video Di Kinemaster

Bagi kamu yang ingin mengedit video di KineMaster, kamu bisa langsung mendownload aplikasi ini terlebih dahulu pada handphone kamu. Untuk kamu yang baru saja ingin download aplikasi KineMaster, simak terlebih dahulu cara mendownloadnya. Berikut langkah-langkah mendownload aplikasi KineMaster:

  1. Pertama, buka Play Store (Android) maupun App Store (iPhone)
  2. Ketik “Kinemaster” di kolom pencarian yang tersedia
  3. Klik tulisan “install” yang akan muncul di sebelah kanan layar
  4. Selanjutnya, tunggu beberapa saat dan biarkan aplikasi terinstall
  5. Jika aplikasi yang kamu download selesai, kamu sudah dapat mencobanya

Jika aplikasi belum terinstall di handphone, periksa kembali sisa memori handphone yang tersedia. Permasalahan yang terjadi kemungkinan juga bisa berasal dari memori handphone yang sudah penuh. Langsung saja kamu download aplikasi tersebut dan nikmati mengedit video di KineMaster dengan seru dan mudah!

Akhir Kata

Demikian artikel tentang mengedit video melalui aplikasi Kinemaster yang memiliki banyak keunggulan. Mohon maaf jika ada salah penyampaian ataupun penulisan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, nantikan artikel menarik lainnya!