7 Cara Buat Barcode Pada HP & Laptop Terbaru 2022 Dengan Mudah

Koranpangkep.co.id – Cara Buat Barcode, Apa kamu familiar dengan kata barcode? tentu saja kamu sudah melihatnya dengan sering pada kemasan produk ketika sedang membeli barang atau apapun itu. Disini kami akan menjelaskan mengenai bagaimana cara membuat barcode dengan menggunakan hp atau laptop.

Barcode bisa kamu lihat sebagai pola geometris dengan berbentuk vertikal yang biasa kita lihat terpasang di kemasan pada produk. Dahulu, pola garis ini atau barcode cuma hanya bisa di buat menggunakan alat khusus. Tetapi seiring berkembangnya jaman, masyarakat sekarang juga bisa membuat kode barcode dengan gampangnya.

Jika kamu penasaran, berikut ini caranya membuat barcode tanpa menggunakan alat khusus melainkan hanya menggunakan smartphone ataupun laptop yang kamu punya, mari kita simak cara caranya.

Apa Itu Barcode?

Apa Itu Barcode

Barcode yaitu sebuah pola geometris yang pada umumnya berbentuk vertikal. Fungsi dari barcode sendiri adalah untuk memindai dan bisa melacak sebuah barang ataupun properti.

Dulu pada awalnya barcode digunakan untuk melacak kereta api. Tetapi sekarang seiring berkembang nya teknologi barcode sudah menjadi lebih populer setelah banyak digunakan untuk barang di tiap tiap supermarket.

Tahukah kamu bahwa  barcode memiliki 2 jenis, yakni Kode Produk International Standard Book Number (ISBN) dan Universal/Universal Product Code. ISBN ini pada umumnya dilisensi untuk lembaga resmi agar memvalidasi produk-produk yang akan dijual belikan  ke pasaran. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan produksi dan melacak ketersediaan barang.

Namun barcode juga bisa kamu pakai untuk keperluan pribadi. Contohnya, barcode dipakai untuk menandai produk yang akan kamu jual dan bisa kamu pakai sebagai alat pengecek koleksi priibadi kamu sehingga nantinya akan lebih mudah di dalam mengidentifikasinya. Canggih bukan? baca artikel ini sampai tuntas dan langsung kamu coba caranya.

Jika dulu membutuhkan alat khusus untuk mencetak barcode, sekarang kamu sudah bisa membuat barcode dengan leluasa dan mudah caranya menggunakan pc atau hp yang kamu punya.

Bagaimana cara untuk mencetak barcode pada produk makanan? Apakah bisa membuat barcode melalui word ataupun corel? Nah untuk kalian yang penasaran, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Buat Barcode Dengan Online

Cara Buat Barcode Dengan Online

Cara buat barcode secara online bisa digunakan untuk keperluan berbisnis dikarenakan kamu diharuskan memakai kode identifikasi secara resmi. Dibawah ini adalah cara- cara untuk buat barcode dengan resmi yang dapat kamu gunakan untuk memulai bisnis:

  1. Membuat nomor identifikasi UPC / IBSN untuk produk yang kamu miliki. Kamu dapat membuat nomor UPC / ISBN menggunakan angka yang sama di awalnya akan tetapi harus dibedakan di beberapa digit akhir.
  2. Kamu bisa masuk ke link Barcode.gt13us.org agar mendapatkan UPC kamu. Kemudian kamu masukkan data produk serta rinciannya, kode UPC akan segera diberikan. GS1 mempunyai sertifikat secara resmi sebagai mitra untuk bisa membantu di dalam proses membuat barcode dengan digital.
  3. Kemudian, agar memperoleh nomor ISBN kamu bisa masuk ke link ISBN.org. Di situs itu kamu dapat request ISBN tunggal, blok nomor penerbit ISBN ataupun nomor penerbit ekstra ISBN. Lalu, kamu bisa meminta ISBN dari organisasi yang bernama Browker untuk Verifikasi bisnis kamu. Selanjutnya jika ISBN sudah dikirimkan, kamu dapat meletakkan barcode itu di produk barang yang kamu miliki.
Baca Juga  Cara Membuat Google Docs Untuk Pemula di HP dan Bisa Diedit

Lantas jika kamu tidak ingin gunakan barcode untuk kepentingan bisnis, kamu juga dapat menggunakannya untuk keperluan inventori pribadi kamu. Dibawah ini adalah bagaimana langkah membuat barcode untuk diletakkan di barang-barang pribadi:

  1. Kamu bisa masuk ke situs CreateBarcodes.co.id agar menjadikan barcode dengan online.
  2. Mengikuti cara wizard barcode untuk buat barcode dengan digital.
  3. Dipastikan nomor seri dan nama di setiap barang di situs web BarcodesInc agar membuat barcode pribadi.
  4. Tempelkan barcode barcodenya pada barang yang kamu punya untuk penggunaan secara pribadi.

Cara Buat Barcode Menggunakan Excel

Cara Buat Barcode Menggunakan Excel

Tidak hanya melalui website di internet saja, bacrode juga bisa dibuat dengan sangat mudah menggunakan Excel. Cara Buat Barcode yang di buat melalui Microsoft Exel ini juga bisa langsung dicetak dan bahkan ditempel pada barang kamu. Dibawah ini adalah cara-caranya membuat barcode menggunakan Excel.

  1. Kamu masuk ke link IDautomation.com, lalu pilih Font Tools yang terdapat di homepage.
  2. Kemudian cari menu “Ms Office Marcos & VBA untuk Excel, Access dan Word“, lalu tekan tombol berwarna merah dengan tulisan “Download”.
  3. Simpan file yang sudah kamu unduh ke komputer dan cari file dengan nama “Barcodefunctions.zip” untuk diekstrak melalui komputer kamu.
  4. Buka Microsoft Exel, lalu cari menu “Tools” di toolbar atas, kemudian kamu cari menu “Macro” dan cari “Visual Standar Editor“.
  5. Tekan menu “File”di toolbar atas, kemudian cari dan tekan menu “Import File”
  6. Cari browser agar menavigasi kamu ID Automation yang sudah kamu unduh. Pilih file makro yang bernama “IDautomation.bas” lalu buka melalui browser. Selanjutnya, file bisa langsung di tambahkan di directory “Modules” terdapat di Excel.
  7. Keluar di Visual Standar Editor, dan masukkan kembali workbook yang kosong. Uji kode baarcode kamu dengan memasukkan nomor di sel A1. Di sel berikutnya, masukkan fungsi kode barcode.
  8. Tulis “=Code123(A1)” di sel B2 lalu tekan “enter” setelah itu kamu selesai memberi kode yang terdapat di data.
  9. Lalu cari sel B2, dan masuk memilih font setelah itu pilih ID otomatisasi lalu pilih salah satunya.
  10. Pada sel B2 akan menampilkan barcode kamu.
Baca Juga  Cara Membuat Google Docs Untuk Pemula di HP dan Bisa Diedit

Cara Buat Barcode Di Handphone

Cara Buat Barcode Di Handphone

Jika kamu merasakan membuat barcode melalui Excel terasa susah, tenang saja kami akan memberikan cara mudahnya. Bagi kamu yang memakai perangkat android, kamu bisa memakai beberapa aplikasi yang menghasilkan barcode.

Tentunya aplikasi yang kami recomendasikan kepada kamu ini sangat mudah digunakan dan tidak ribet. Dibawah ini adalah aplikasi barcode yang ada di android dan kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat barcode nya.

1. Barcode Generator For Android

Jika kamu ingin Cara Buat Barcode lebih praktis , kamu dapat menggunakan aplikasi yang bisa membuat barcode dan bisa di unduh di perangkat android. Beberapa aplikasi pembuat barcode untuk android yaitu Barcode Generator For Android. Aplikasi yang dikembangkan Aeiou dan cukup mudah dalam membuat barcode.
Ketika kamu sudah menggunakan Barcode Generator For Android didalamnya ada 11 jenis kode dapat kamu pilih sesuai keperluan yang dibutuhkan. Ada banyak pilihan mulai dari QR sampai dengan barcode yang biasanya dipakai produk kemasan di supermarket.
Lantas, aplikasi Barcode Generator For Andorid mendapat review yang lumayan positif dari penguna android. Aplikasi ini memang merupakan  pilihan tepat untuk kamu yang ingin membuat barcode dengan mudah dan tidak harus menggunakan Microsoft Exel.

2. Barcode Architect

Barcode Architect yaitu salah satu dari beberapa aplikasi pembuat barcode yang lainnya. Aplikasi barcode Architect ini dibuat dan didembangkan oleh seorang developer yang bernama Simon Boylen. Di dalam aplikasinya terdapat beberapa fitur dimana penggunanya bisa membuat code 2D dengan sangat praktis dan mudah.

Tidak cuma itu saja, Aplikasi tersebut juga avail untuk format barcode misalnya EAN, UPC-E, ISBN, UPC-A, dan masih banyak yang lainnya. kamu dapat segera mengirimkan hasil barcode yang telah kamu buat menggunakan email ataupun menyimpannya ke dalam format JGP,HTML5,PNG, dan SVG. Lumayan lengkap kan? Segera download dan mencobanya.

Baca Juga  Cara Membuat Google Docs Untuk Pemula di HP dan Bisa Diedit

3. Barcode Scanner – Offline

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk para pengguna aplikasi barcode secara offline. Lantas, kamu tidak usah repot repot harus membeli data internet, sehingga kamu bebas untuk mecetak barcode dimana pun dan kapan pun.

Selain itu aplikasi ini mempunyai fitur offline juga yang menyediakan cukup banyak format barcode, contohnya CODE_128, QR_CODE, PDF_417,CODE_39 dan masih banyak yang lainnya.

4. Advance Barcode

Advance Barcode adalah aplikasi yang di kembangkan oleh developer Androventure. Tidak ada bedanya dengan aplikasi barcode yang lainnya, Advance Barcode juga sudah menawarkan kemudahan di dalam membuat Barcode dengan hanya menggunakan smartphone yang kalian punya.

Didalam aplikasinya, dapat membuat barcode dengan banyak tipe kode. Contohnya, kamu dapat membuat barcode dengan code24, code127 dan masih banyak yang lainnya. Bahkan, didalam aplikasi tersebut juga kamu dapat mengubah warna barcode dan bisa mengatur ukuran barcode. Akan tetapi sayangnya, aplikasi ini sudah tidak ada di PlayStore.

Cara Buat Barcode di iOS

Bagi kalian pengguna apple, jangan bersedih disini kami juga akan menjelaskan Cara Buat Barcode melalui iOS, Kamu dapat membuat bacode menggunakan aplikasi yang bernama Qrafter. Qrafter sama saja dengan barcode pada umumnya, bisa buat QR  dan jenis barcode yang lainnya.

Untuk mendapatkan Qrafter, pengguna iOS dapat mengunduhnya dari App Store. Qrafer dirancang untuk menghasilkan dan memindai kode batang atau barcode. Barcode dapat dengan mudah dipindai melalui Qrafer menggunakan kamera perangkat yang ada di hp kamu.

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan barcode mempermudah proses pendataan dan pemindaian berbagai barang. Dengan kata lain, barcode mempermudah pengumpulan data produk dalam jumlah besar, sehingga kamu dapat menghemat banyak waktu.

Advance Barcode  & Qrafter adalah aplikasi pencetak barcode yang digunakan untuk memudahkan pembuatan barcode tanpa menggunakan cara yang rumit. Yang kamu butuhkan hanyalah perangkat Android dan iOS, kemudian kamu dapat mencetaknya langsung melalui printer wireless.

Namun, untuk menghasilkan barcode yang kemudian akan ditempel pada produk yang dijual, kamu harus menggunakan metode barcode online. Hal ini dikarenakan barcode pada produk harus memiliki kode resmi sesuai dengan peraturan komersial.

Akhir Kata

Sekian penjelasan mengenai Cara Buat Barcode menggunakan smartphone android maupun iOS. Terimakasih semoga bermanfaat dan membantu bagi kalian yang telah membacanya.