Cara Mengubah Ekspedisi di Shopee Secara Mudah dan Praktis

KoranPangkep.co.id – Mengubah ekspedisi di Shopee, saat ini Shopee mempunyai beragam layanan ekspedisi. Kamu harus mengetahui bahwa Shopee sekarang memiliki sistem pemilihan secara otomatis. Kamu hanya bisa melihat atau memilih mau kirim dengan jenis instant, same day, next day, reguler, hemat atau pakai kargo.

Sistem baru ini tentu saja membuat pengguna atau pembeli merasa kurang puas dan keberatan karena pembeli  tidak bisa memilih jasa kirim sesuai dengan prioritas kita. Jangan khawatir kamu sebagai pengguna masih bisa mengganti layanan ekspedisi.

Kamu akan memiliki kesempatan untuk mengubah ekspedisi di Shopee sebelum konfirmasi dan setelah pembayaran. Hal ini bisa jika kamu memenuhi ketentuan yang ada. Kamu perlu memperhatikan bahwa jangan sampai terlambat untuk mengganti ekspedisi. Jika resi sudah masuk ke pesanan kamu, maka ekspedisi tidak dapat diubah.

Jasa Ekspedisi Di Shopee

Jasa Ekspedisi Di Shopee

Kamu pasti sudah tahu apa itu Shopee? Shopee merupakan marketplace online paling banyak penggunanya di Indonesia. Marketplace online pastinya memiliki layanan ekspedisi untuk mengirim barang pesanan kamu sesuai alamat yang kamu inginkan.Tentunya Shopee mempunyai kerja sama ke perusahaan jasa ekspedisi yang tepercaya. 

Ekspedisi merupakan jasa layanan pengiriman. Ada berbagai jenis layanan pengiriman di Shopee, kamu dapat mengubah ekspedisi berdasarkan kota tujuan dengan estimasi tertentu. Setiap jasa pengiriman yang diberikan memiliki kelebihan masing-masing. Kamu juga dpat mengganti ekspedisi berdasarkan estimasi pengiriman.

Shopee memiliki kurang lebih 7 kategori ekspedisi, yaitu reguler, same day, next day, hemat, kargo, instant, dan internasional. Ekspedisi yang bekerja sama dengan Shopee, yaitu JNE, J&T, Sicepat, Anteraja, Shopee Express, Gojek, Grab, Ninja, dan Pos Kilat.

Shopee selalu mengizinkan kamu untuk mengubah layanan pengiriman jika kamu tidak puas dengan layanan pengiriman yang dipilih  Shopee. Contohnya saat berbelanja di shopee, ternyata shopee memilih JNE sebagai jasa pengiriman. Padahal, kamu sudah terbiasa menggunakan ID Express atau Shopee Express. 

Baca Juga  3 Penyebab Shopee Paylater Terkunci Serta Cara Mengatasinya

Kamu yang tidak puas dengan pilihan Shopee, selalu memungkinkan untuk mengubah layanan ekspedisi di Shopee. Kamu hanya perlu mengubah layanan ekspedisi dari JNE ke ID Express atau Shopee Express tergantung keinginan kita.  Ekspedisi yang  mungkin berubah hanya untuk layanan pengiriman ekonomi dan reguler. Jika instant, next day, maupun same day tidak bisa diubah.

Jenis Ekspedisi Di Shopee

Jenis Ekspedisi Di Shopee

Pembeli mengandalkan layanan pengiriman dengan cepat tapi biaya ongkos kirim murah. Shopee bermitra dengan perusahaan jasa ekspedisi pilihan dan terpercaya untuk memberikan layanan pengiriman yang terbaik kepada pembeli. Berikut jenis-jenis serta layanan ekspedisi di Shopee:

1. Reguler

  • Shopee Express
  • Standard
  • J&T Express
  • Anteraja
  • ID Express
  • SiCepat REG
  • Ninja Xpress
  • Pos kilat Khusus
  • JNE Reguler

2. Same Day

  • Shopee Express
  • Sameday
  • GoSend Sameday
  • GrabExpress Sameday

3. Next Day

  • JNE YES

4. Hemat

  • J&T Economy
  • SiCepat Halu
  • Shopee Express Hemat

5. Kargo

  • JNE Trucking (JTR)
  • SiCepat Gokil

6. Instant

  • Shopee Express Instant
  • GoSend Instant
  • GrabExpress Instant

7. Internasional

  • Standar Ekspres

Estimasi waktu pengiriman untuk dalam kota 1-5 hari ataupun lebih. Luar kota akan memakan waktu selama 2-14 hari. Pengiriman luar negri atau internasional memiliki estimasi waktu selama 10-15 hari. Penjual akan menetapkan pilihan ekspedisi yang akan dipilih oleh pembeli. Jika tidak ada ekspedisi yang pembeli inginkan. Kamu sebagai pembeli bisa menggunakan fitur chat ke penjual untuk berdiskusi layanan ekspedisi yang kamu inginkan.

Kelebihan Menggunakan Jasa Ekspedisi Di Shopee

Kelebihan Menggunakan Jasa Ekspedisi Di Shopee

Tentu saja ada kelebihan yang akan dirasakan oleh pembeli ketika menggunakan jasa ekspedisi yang telah disediakan oleh Shopee. Pastinya penggunaannya memiliki keuntungan dan manfaat. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jasa ekspedisi di shopee:

1. Pengiriman Terpercaya

Tentu saja layanan pengiriman Shopee sudah terintegrasi maka jasa pengiriman terpilih dan terpercaya. Kamu pun tidak perlu khawatir paket kamu akan hilang ataupun tidak sampai-sampai karena jasa pengiriman ekspedisi yang tepercaya.

2. Menawarkan Layanan Customer Eksklusif 

Jika kamu mengalami kendala dalam pemesanan paket, jangan khawatir. Fitur ini akan siap menjawab dan melayani pertanyaan tentang masalah terkait pemesanan paket. Customer ekslusif akan sigap menjawab.

3. Paket Dapat Dilacak Dengan Mudah

Shopee mempunyai fitur on delivery yang memudahkan kamu untuk melacak paket kamu dengan mudah. Jika paket kamu sudah selesai dikemas oleh penjual maka akan segera dikirim ke ekspedisi yang telah kamu pilih.

Baca Juga  Apa Itu On Delivery Di Shopee Serta Apa Saja Keuntungannya?

4. Banyak Voucher 

Shopee menyediakan banyak kesempatan untuk menggunakan voucher promo ataupun gratis ongkir. Jadi kamu tidak perlu khawatir ongkos kirim akan mahal dibanding harga barang yang kamu beli, karena sudah ada voucher promo.

Ketentuan Melakukan Perubahan Ekspedisi

Ketentuan Melakukan Perubahan Ekspedisi

Pembeli tidak dapat melakukan banyak perubahan jasa kirim. Shopee memiliki batasan bagi pembeli yang ingin mengubah layanan ekspedisi  yang telah ditetapkan sebelum check out produk. Kamu sebagai pembeli harus mengetahui apa saja ketentuan tersebut.

Ketentuan ini dinyatakan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman atau kerugian yang diderita oleh pembeli, penjual, ataupun ekspedisi. Lantas, apa saja aturan yang telah ditetapkan untuk bisa mengubah layanan ekspedisi?

1. Ketetapan Waktu Ekspedisi Di Shopee

Pembeli hanya dibolehkan untuk mengubah ekspesdisi sekali dalam kurun waktu 1 jan setelah check out dan pembayaran. Jika lebih dari 1 jam untuk mengubah ekspedisi, maka kemungkinan tidak bisa melakukan perubahan ekspedisi.

2. Status Produk

Ketentuan selanjutnya ialah status produk. Kamu sebagai pembeli harus mengetahui bahwa status produk harus sedang dikemas atau yang belum mempunyai no res. Jika status produk masih seperti itu, maka kamu bisa melakukan perubahan layan pengiriman. Jika status produk kamu sudah dikirim atau sudah dapat no resi, makan tidak dapat melakukan perubahan.

3. Produk Telah Dibayar

Produk yang telah dibayar hanya bisa melakukan satu kali perubahan dalam kurun waktu 1 jam setelah pembayaran. Jika kamu melakukan pembayaran COD, maka pastikan kamu sudah berhasil melakukan check out.

Tentu saja pembeli harus mengetahui apa saja syarat untuk mengubah ekspedisi yang telah dibuat ataupun ditetapkan oleh pihak Shopee. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengubah layanan pengiriman, jangan sungkan untuk bertanya ke coustumer eksklusif.

Cara Mengganti Layanan Ekspedisi Di Shopee

Cara Mengganti Layanan Ekspedisi Di Shopee

Bagaimana cara mengganti ekspedisi di Shopee? Banyak pembeli yang bingung cara menggantinya. Cara mengganti ekspedisi di Shopee dapat kamu lakukan saat pertama kali check out. Kamu dapat mengakses berbagai layanan ekspedisi yang ditawarkan oleh penjual. Kamu tidak perlu khawatir dan bingung, berikut langkah-langkahnya:

  1. Ketika kamu sudah menetapkan apa yang ingin kamu beli, lanjutkan dengan check out. Kemudian klik opsi pengiriman
  2. Kemudian akan muncul pilihan dari beberapa ekspedisi yang sudah diatur oleh penjual. Kamu tinggal pilih salah satu yang sesuai dengan keinginan kamu
  3. Ketika sudah pilih ekspedisi yang kamu inginkan, maka kamu bisa klik konfirmasi
Baca Juga  Biaya Admin Shopee Berapa Besarnya? Silahkan Cek Disini!

Nah, itu dia langkah-langkah untuk mengganti layanan ekspedisi. Kamu sebagai pembeli jangan sampai salah klik ya untuk layanan ekspedisi yang kamu inginkan. Sebelum melanjutkannya, alangkah baiknya kamu cek ulang lagi untuk terhindar dari kesalahan.

Cara Mengganti Ekspedisi Di Shopee Yang Sudah Di Bayar

Cara Mengganti Ekspedisi Di Shopee Yang Sudah Di Bayar

Jika kamu sudah membayar tapi lupa untuk mengganti jasa ekspedisi di Shopee, jangan khawatir. Kamu bisa menggantinya hanya sekali dalam kurun waktu 1 jam setelah status pesanan kamu jadi sedang dikemas. Pastikan penjual belum memproses pesanan kamu dan no resi belum muncul. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama masuk ke Shopee kamu, lalu klik ke akun saya yang berada di pojok kanan bawah
  2. Berikutnya, kamu klik bagian dikemas lalu klik paket kamu yang ingin kamu ubah jasa ekspedisinya
  3. Kemudian, akan muncul rincian pesanan, lalu kamu klik ubah informasi pengiriman untuk mengubah ekspedisi di Shopee
  4. Pilih jasa ekspedisi yang kamu inginkan dan yang pastinya tersedia, lalu klik konfirmasi

Perubahan layanan ekspedisi berhasil kamu lakukan dan jangan lupa perubahan dalam hal ini hanya bisa sekali dilakukan. Ketika kamu mengubah layanan ekspedisi di Shopee, tidak akan ada perubahan jumlah yang dibayar oleh penjual maupun penjual.

Tidak Bisa Mengubah Ekspedisi Di Shopee

Alasan utama kamu tidak bisa mengubah ekspedisi di Shopee adalah pesanan paket kamu sudah mendapatkan no resi. Pesanan kamu sudah terkonfirmasi oleh karena itu pesanan kamu tetap akan dikirim sesuai ekspedisi yang telah terpilih. Mungkin juga ada promosi atau diskon yang telah terpasang atau dijadwalkan. Kamu tinggal lakukan penghapusan semua promosi dan kemudian kembali ke menu perubahan layanan ekspedisi. 

Sebelum kamu membayar pastikan terlebih dahulu rincian informasi yang telah kamu isi supaya tidak melakukan kesalahan. Kamu sebagai pembeli harus teliti, jangan sampai salah alamat supaya tidak merepotkan kurir.

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara mengganti ekspedisi di Shopee. Jangan sampai melupakan ketentuan yang ada dan jangan sampai terlambat. Kami telah menguraikan bagaimana cara mengubah ekspedisi di Shopee. Semoga artikel ini bermanfaat!