20+ Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Business Terupdate 2022

Koranpangkep.co.id – Pesan Otomatis WhatsApp Business dapat kamu atur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. WhatsApp Business didesain sedemikian rupa untuk membantu pengguna yang memiliki sebuah usaha.

Platform chat satu ini dapat dijadikan call centre atau menjadi kontak utama yang dapat dihubungi oleh calon pelanggan. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, seperti yang juga kita ketahui kini berbelanja sudah dapat dilakukan secara online.

WhatsApp Business sendiri menciptakan beberapa fitur yang membantu penjual untuk menampilkan produk yang dijualnya. Selain digunakan untuk berjualan, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai kontak sebuah perusahaan dimana platform ini dijadikan jaringan komunikasi kantor.

Sebagai platform chat yang dapat digunakan untuk professional, aplikasi yang berasal dari Meta ini juga menciptakan Pesan Otomatis WhatsApp Business.

Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih dalam tentang WhatsApp Business sehingga kamu dapat menggunakannya dengan maksimal!

Mengenal WhatsApp Business

Mengenal WhatsApp Business

Whatsapp Business merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan saling mengirim pesan. Berbeda dengan Whatsapp biasa, Whatsapp Business ini digunakan oleh para pemilik usaha untuk mempermudah interaksi kepada konsumen.

Pelaku usaha dapat memuat seluruh informasi tentang profil usahanya di Business Profile. Konsumen nantinya dapat melihat bisnis pemilik profil ada di bidang apa, di mana, dan aktif pada jam berapa saja.

Pelaku usaha dapat menjelaskan dengan jelas setiap detail usahanya dan website-website apa saja yang terhubung ke bisnisnya. Hal ini tentu saja akan meminimalisir segala bentuk penipuan yang mungkin terjadi.

Dengan adanya Whatsapp Business ini juga menjadikan pemilik usaha menjadi hemat dan pekerjaan yang dilakukan menjadi efektif dan lebih efisien. Baik hemat dalam hal waktu, energi, uang, dan lain lain.

Pertama, hemat dalam hal keuangan, para pemilik usaha tidak perlu mempekerjakan karyawan khusus hanya untuk membalas pertanyaan pelanggan.

Kemudian pemilik usaha juga akan hemat energi dan waktu dalam membalaskan pesan, tidak perlu satu-persatu membuka chat yang masuk.

Terlebih lagi, ada beberapa pelanggan yang terkadang mengirim pesan di luar jam kerja dan perlu untuk dibalas saat itu juga. Selain digunakan untuk keperluan usaha, tak jarang banyak juga yang menggunakannya untuk keperluan pribadi.

Beberapa orang menggunakan WhatsApp Business untuk keperluan pribadi karena memiliki dua nomor berbeda dan membutuhkan aplikasi WhatsApp tambahan.

Beberapa lagi mungkin merasa bahwa aplikasi satu ini memiliki fitur lebih lengkap dan efisien dengan adanya Pesan Otomatis WhatsApp Business.

Perbedaan WhatsApp Business Dengan WhatsApp Normal

Perbedaan WhatsApp Business Dengan WhatsApp Normal

Kedua aplikasi yang terlihat serupa ini tentu saja memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini dikarenakan kedua aplikasi yang berada di bawah naungan Meta ini memiliki tujuan yang berbeda.

Baca Juga  Panduan Menggunakan WA Web dari A-Z Lengkap Terbaru 2022

Sesuai dengan nama dari aplikasi tersebut, WhatsApp Business biasanya digunakan untuk keperluan usaha sedangkan yang normal digunakan untuk keperluan personal. Berikut beberapa perbedaan yang dapat kamu temukan.

WhatsApp Normal WhatsApp Business
Profil hanya milik pengguna secara personal Profil dapat digunakan untuk profesional dan kelengkapan bisnis
Tidak ada fitur katalog Terdapat fitur katalog untuk berjualan
Hanya bergantung pada fitur last seen Mengetahui jam aktif operasional setiap harinya
Pesan tidak dapat dibalas otomatis ketika pengguna tidak di tempat Pesan otomatis WhatsApp Business melalui fitur away message
Tidak ada pesan sambutan ketika ada yang pertama kali mengirim pesan Ada Greeting Message yang berupa pesan otomatis WhatsApp Business
Menandakan pesan hanya melalui Starred Message Pesan dapat ditandai dengan label nama yang memiliki variasi warna unik

Macam-Macam Fitur WhatsApp Business

Macam-Macam Fitur WhatsApp Business

Whatsapp Business menyediakan banyak fitur khusus yang berbeda dengan Whatsapp biasa yang membuatnya jadi memiliki kelebihan tersendiri.

Walaupun berbeda, di aplikasi Whatsapp Business ini kita tetap bisa melakukan hal-hal yang biasanya kita lakukan di Whatsapp biasa. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dapat kamu temukan di WhatsApp Business.

1. QR Code Whatsapp Business Account

Biasanya pemilik usaha hanya tinggal menaruh QR Code akunnya di meja atau pintu masuk toko. Memudahkan konsumen dalam menghubungi pemilik usaha untuk mencari informasi yang dibutuhkan dan melihat menu catalog.

Jadi, tidak harus menanyakan nomor, save, baru dapat saling mengirim pesan dan bertanya.

2. Profil Bisnis

Pemilik usaha dapat menambahkan detail tentang informasi bisnis yang dijalankan. Hal ini memudahkan setiap orang yang melihat akun bisnismu juga. Kamu dapat menambahkan hal-hal berikut pada profil akunmu:

  • Nama Bisnis
  • Bidang Kategori Bisnis (Event
  • planner/Edukasi/Finance/Hotel/Restaurant/dll)
  • Deskripsi Bisnis
  • Lokasi Bisnis
  • Jam Kerja Aktif
  • Email Resmi
  • Website Produk
  • Menu yang ditawarkan
  • Link Sosial Media lainnya (facebook/Instagram)

Informasi profil serta informasi bisnis yang kamu miliki dapat tersampaikan dengan jelas sesuai dengan apa yang kamu cantumkan. Link sosial media lain dapat digunakan untuk mengontrol iklan sekaligus yang memudahkan penjangkauan customer menjadi lebih luas.

3. Katalog

Kamu bisa menambahkan berbagai item atau produk dan layanan yang kamu sediakan pada bisnis yang kamu miliki. Apabila kamu membuka usaha di bidang restaurant.

Kamu bisa menambahkan menu masakan yang tersedia beserta deskripsi dan harganya secara menarik. Silahkan sesuaikan saja apa yang kamu mau tampilkan pada katalogmu sesuai bisnis yang kamu jalankan.

  • Gambar Produk
  • Harga Produk
  • Deskripsi (optional)
  • Link Pemesanan
  • Kode Items

4. Pesan Otomatis WhatsApp Business

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah fitur Pesan Otomatis WhatsApp Business. Yaitu balasan yang dapat terkirim otomatis ketika pelanggan mengirimkan pesan.

Fitur ini dapat diaktifkan ketika kamu sedang tidak membuka WhatsApp Business. Kamu dapat menonaktifkan fitur ini jika kamu tidak menggunakannya untuk keperluan bisnis atau di saat kamu sedang berada di tempat.

Pesan otomatis WhatsApp Business ini dibagi menjadi beberapa kategori yang dapat kamu atur sesuai dengan kebutuhanmu. Setiap kategori ini memiliki fungsinya masing-masing sehingga kamu dapat menggunakannya sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga  GB WhatsApp (WA GB) Pro Apk Mod Download Terbaru 2022

Kamu juga dapat mengatur isi dari pesan yang akan kamu sampaikan ke calon pelanggan.

Sambutan Pesan Otomatis WhatsApp Business

Memiliki nama lain Greeting Message. Penggunaan fitur satu ini tentunya untuk menyambut pelanggan baru yang pertama kali mampir ke usaha milikmu.

Greeting message atau pesan ini digunakan untuk menambahkan kesan pertama pada bisnis yang kamu miliki.

Away Message

Tidak selamanya kamu akan berada di tempat untuk bekerja bukan? Pesan otomatis WhatsApp Business ini akan membantumu dalam melakukan pelayanan di toko.

Kamu dapat mengatur beberapa pesan untuk disampaikan pada customer ketika kamu sedang tidak bisa melayani pesanan mereka.

Quick Replies

Fitur canggih yang dimiliki aplikasi ini membuat kamu sebagai penjual dapat membalas pesan dengan cepat. Pesan otomatis WhatsApp Business ini dapat diatur kata kuncinya dan akan ada pesannya masing-masing untuk dikirimkan.

5. Labels

Fitur ini digunakan untuk memberikan tanda atau mengkategorikan pesanan pelanggan. Tentu saja untuk memudahkanmu jika kamu memiliki berbagai macam jenis pesanan atau memiliki jumlah order yang banyak.

Fitur label ini juga dilengkapi dengan warna menarik yang tidak membosankan.

Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Business Yang Menarik

Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Business Yang Menarik

Jika kamu tidak memiliki ide untuk membuat pesan otomatis WhatsApp Business  yang menarik, kami akan menyediakan beberapa contoh pesan interaktif. Kamu dapat menggunakannya untuk diatur pada WhatsApp Business yang kamu miliki secara gratis.

Contoh 10 Greeting Message Untuk Pesan Otomatis WhatsApp Business

  • Selamat Datang di Toko Bunga, apakah ada yang bisa dibantu?
  • Terima Kasih telah mengunjungi Toko Kamboja. Berikut adalah produk dan price list yang kami tawarkan untukmu!
  • Selamat datang, selamat berbelanja! Kami tunggu pesananmu ya
  • Halo, selamat datang di toko kami. Katalog tersedia di profil bisnis kami, hubungi kami jika ada yang ingin ditanyakan.
  • Selamat berbelanja di toko Buah Berry. Kami akan memberikan pelayanan terbaik dengan kualitas produk buah terbaik! Tuliskan pesananmu dan kami akan mengantarnya.
  • Toko kami menjual produk termurah dengan kualitas tinggi. Jadi, apa pesananmu?
  • Welcome to Paradise! We provide everything you need here. Check the catalogue on our profile and contact us for order.
  • Good quality is our priority, Welcome buddies!
    Hello there, thank you for visiting our store. Let me know if you need something, okay?
  • Welcome to the Bunny Store! We provide gaming stuff and items. Check the catalogue on our profile.
  • Hi there, welcome! Ask about the product you need to check the availability. Happy shopping

Contoh Away Message Menarik

  • Terima Kasih atas pesanan Anda. Kami akan memproses pesanan Anda pada jam kerja kami: Senin—Jumat, Pukul 08.00 — 16.00 WIB
  • Sambil menunggu silahkan kunjungi katalog kami. Happy shopping, Dear!
  • Proses pesanan akan dilakukan setiap hari kerja, pengiriman akan dilakukan setiap hari kamis dan jumat
  • Admin kami saat ini tidak berada di tempat, beritahu kebutuhanmu dan kami akan segera membalasnya
  • Pesan ini dibalas secara otomatis, kami akan membalas pesanmu segera ketika online kembali
  • Pertanyaanmu akan dilayani setelah jam 1 siang, jangan lupa makan siang dan jaga kesehatan
  • Terima kasih sudah menghubungi kami, pesan ini adalah pesan otomatis. Kami akan membalas chat pada hari operasional kerja kami.
  • Thank you for contacting us, we can’t reply to your message now but we will help you soon!
  • Please contact us on the working hours so we will reply to your message as soon as possible. Thank you!
  • We’re closed now. Drop your question or your order here and we will serve you later. See you tomorrow!
Baca Juga  MB Whatsapp iOS iPhone APK Mod Download Terbaru 2022

Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp Business

Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp Business

Setelah sudah mengetahui keunggulan WhatsApp Business dari WhatsApp biasa dan apa saja fitur-fiturnya. Tentunya kamu penasaran, bukan?

Bagaimana caranya Membuat Pesan Otomatis WhatsApp Business. Lakukan langkah-langkah ini untuk menyetel Pesan Otomatis luar jam kerja WhatsApp Business:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp Business yang sudah terinstall pada ponselmu
  2. Klik simbol titik tiga di kanan atas
  3. Pilih ‘Business Tools’ atau Fitur Bisnis
  4. Pada menu ‘Messaging’ atau Perpesanan, klik ‘Away
  5. Message’ atau Pesan di luar jam kerja
  6. Aktifkan fitur ini dengan mengklik simbol bulat di sebelah kanan sampai berwarna hijau
  7. Jika sudah berwarna hijau, menandakan bahwa pesan otomatis akan aktif
  8. Silahkan menyetel pesan sesuai keinginanmu yang nantinya akan muncul otomatis, dengan mengklik ikon
  9. pensil atau edit di samping menu ‘Away Message’ atau
  10. Pesan Di Luar Jam Kerja
  11. Atur juga jadwal dan penerima pesan tersebut
  12. Jika sudah, klik ‘Save’ atau Simpan
  13. Pesan Otomatis WhatsApp Business sudah aktif

Cara Membuat Salam Otomatis WhatsApp Business

Salam otomatis adalah faktor yang tak kalah penting untuk diatur dengan baik. Dengan adanya salam, akan menentukan kesan pertama pelanggan terhadap bisnis kita.

Buatlah salam yang baik dan sopan sehingga pelanggan akan nyaman berkunjung ke tokomu. Langkah-langkah untuk menyetel Salam Otomatis WhatsApp Business sama seperti menyetel Pesan Otomatis di luar jam kerja.

Silahkan ulangi  langkah-langkah sebelumnya, dengan memilih ‘Greeting Message’ atau Ucapan Salam pada menu ‘Messaging’ atau Perpesanan di langkah nomor 4.

Cara Menyetel Fitur Balas Cepat WhatsApp Business

Fitur balas cepat di WhatsApp Business ini berfungsi untuk mempermudah kamu saat membalas pesan. Misalnya, kamu akan selalu menjawab/mengucapkan hal yang sama jika pelanggan menanyakan sesuatu, kamu tinggal mengaturnya saja.

Pengaturan ini membantu supaya kamu dapat mengirimkan pesan tersebut tanpa harus mengetiknya ulang. Langkah-langkah untuk menyetel fitur ini adalah:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp Business yang sudah terinstall pada ponselmu
  2. Klik simbol titik tiga di kanan atas
    Pilih ‘Business Tools’ atau Fitur Bisnis
  3. Pada menu ‘Messaging’ atau Perpesanan, klik ‘Quick
  4. Replies’ atau Balas Cepat
  5. Kamu dapat mengedit ucapan terima kasih yang sudah ada
  6. Jika ingin menambahkan pintasan lainnya, klik simbol tambah di kanan bawah
  7. Untuk menggunakan fitur ini ketika sedang chat langsung, kamu hanya perlu menekan simbol garis miring maka semua pintasan akan muncul.

Akhir Kata

Demikian artikel kali ini mengenai Pesan Otomatis WhatsApp Business dan berbagai fungsi lainnya yang tak dapat ditemui di WhatsApp biasa.

Semoga artikel ini dapat menjadi informasi yang berguna untukmu. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Sampai bertemu di artikel menarik dan informatif lainnya!