Cara Balas Pesan WA Otomatis Tanpa WhatsApp Business

Koranpangkep.co.id – Cara balas pesan WA otomatis kini sudah bisa dilakukan untuk memudahkan komunikasi. Balasan otomatis ini dapat diatur sesuai dengan keinginan penggunanya. Kamu bisa melakukan pengaturan kata kunci sehingga pesan dapat dibalas otomatis.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan fitur yang efisien ini, kamu tidak bisa menggunakannya pada aplikasi WhatsApp yang biasa. Fitur ini tersedia untuk WhatsApp Business, tujuannya adalah agar pembeli mendapatkan respon dari penjual ketika admin sedang tidak di tempat.

Tentunya fitur balas pesan WA otomatis ini akan sangat berguna untuk keperluan bisnis. Dimana pembeli tetap bisa dilayani sementara oleh pesan otomatis tersebut.

Aplikasi WhatsApp Business ini bisa kamu dapatkan dengan mengunduhnya di Play Store ataupun App Store. Bagaimana cara penggunaannya dan fitur apa saja yang terdapat pada WhatsApp Business? Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap!

Mengenal Aplikasi WhatsApp

Mengenal Aplikasi WhatsApp

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi chat WhatsApp? Aplikasi yang sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat hampir diseluruh belahan dunia.

Aplikasi pintar telah dibuat oleh Brian Acton dan Jan Koum ini telah dirilis lama yaitu bertepatan pada bulan Januari 2009. Whatsapp sendiri diketahui merupakan sebuah plesetan kosakata yang berasal dari kata Apa kabar dalam bahasa inggris disebut dengan “Whats Up?”.

Pertama kali aplikasi Whatsapp diluncurkan, langsung banyak diminati oleh masyarakat luas, antusias juga terlihat dari para pengguna WhatsApp sendiri. Aplikasi chat terbesar ini memiliki berbagai macam keuntungan saat menggunakannya. Hanya memerlukan memori yang sedikit untuk bisa mempunyai aplikasi WA di handphone kamu.

Semua teknologi, media sosial dan aplikasi chat selalu menjunjung tinggi kenyamanan para penggunanya, agar bisa selalu nyaman menggunakan aplikasi tersebut. Begitu juga dengan aplikasi WhatsApp yang selalu mengutamakan kenyamanan pengguna lama maupun baru. Selalu memberikan update-an terbaik agar WhatsApp pun juga bisa mengikuti perkembangannya zaman.

WhatsApp aplikasi chatting di dunia yang sekarang sudah menjadi naungan perusahaan Facebook pada tahun 2009 sampai saat ini. Telah mengeluarkan 2 jenis aplikasi WhatsApp yang bisa kamu nikmati keduanya.

Baca Juga  Sound of Text: Fitur, Kelebihan Kekurangan, dan Cara Pakai

Yang pertama merupakan aplikasi WhatsApp biasa yang dimaksud yaitu digunakan untuk sekedar menukar pesan. Yang kedua terdapat WhatsApp Business, yaitu aplikasi chat untuk berbisnis.

Kedua jenis aplikasi WhatsApp tersebut masih bisa digunakan untuk chatting. Khusus untuk WhatsApp business, aplikasi ini bisa melakukan balas pesan WA otomatis tanpa perlu diketik kembali secara berulang. Mengapa? Karena WA tersebut digunakan untuk berbisnis maka penjual harus memberikan respon yang cepat dan akurat kepada pelanggan.

Dengan adanya balas pesan WA otomatis, para pebisnis tidak akan kewalahan dengan membalas chat pelanggan satu persatu. Fitur tersebut sangat menjadi keunggulan yang terdapat di dalam aplikasi WhatsApp Business.

Perbedaan WhatsApp Biasa Dan WhatsApp Business

Perbedaan WhatsApp Biasa Dan WhatsApp Business

Berasal dari perusahaan yang sama dengan tujuan yang tak jauh berbeda, kedua aplikasi WhatsApp ini memiliki beberapa perbedaan. Jika dilihat dari namanya tentu WhatsApp Business akan identik digunakan untuk penggunanya yang memiliki bisnis atau usaha. Hal tersebut digunakan agar penjual atau pemilik usaha dapat berkomunikasi dengan pelanggannya dengan mudah.

Perlu diketahui juga, bahwa aplikasi WhatsApp Business ini tak hanya digunakan oleh pengguna yang memiliki usaha saja. Ada juga yang menggunakannya untuk berbalas pesan sehari-hari karena memiliki dua nomor berbeda dan membutuhkan aplikasi WhatsApp tambahan.

Meskipun memiliki fungsi sebagai aplikasi chatting, aplikasi WhatsApp ini juga dilengkapi oleh berbagai fitur menarik lainnya. Fitur yang dimiliki oleh kedua aplikasi di bawah Meta ini memiliki beberapa perbedaan sesuai dengan tujuan aplikasi ini diciptakan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara WhatsApp dengan WhatsApp Business.

WhatsApp WhatsApp Business
Tidak ada fitur balas pesan WA otomatis Dilengkapi fitur balas pesan WA otomatis
Murni digunakan untuk bersosial media dan chatting personal Dapat digunakan sebagai call center perusahaan atau berjualan dengan fitur katalog
Penanda chat hanya dengan fitur “Starred Messages” Mengkategorikan pesan dengan fitur “Label”

Apa Itu Fitur Balas Pesan WA Otomatis

Apa Itu Fitur Balas Pesan WA Otomatis

Fitur yang mungkin sudah diketahui pengguna setia WhatsApp business yaitu fitur balas pesan WA otomatis. Sebuah fitur yang dikeluarkan oleh WhatsApp yang bertujuan untuk membantu para pebisnis dalam mengirimkan pesan kepada setiap pelanggan.

Balas pesan WA otomatis bisa dibilang juga membantu pengguna dalam kasus lain. Semisalnya kamu tidak bisa membuka WhatsApp karena ada banyak kegiatan, atau saat baterai handphone kamu sedang habis. WhatsApp Business bisa menggantikan kamu dengan balas pesan WA otomatis, dan pesan yang dikirim pun juga sudah kamu sesuaikan.

Hal menarik yang bisa diambil dari fitur balas pesan WA otomatis ini, kamu bisa menjadwalkan pesan yang kamu ingin kirim. Kamu hanya tinggal mengatur jam pesan yang harus WA kirimkan kepada kontak yang sudah kamu atur sebelumnya. Fitur tersebut merupakan sebuah inovasi hebat yang telah dikeluarkan dan dikembangkan oleh WhatsApp.

Baca Juga  Cara Menghilang di WhatsApp Tanpa Harus Hapus Aplikasi

Fitur Dan Keunggulan WhatsApp Business Selain Balas Pesan WA Otomatis

Fitur Dan Keunggulan WhatsApp Business Selain Balas Pesan WA Otomatis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi WhatsApp memiliki perbedaan dengan WhatsApp Business. Ada beberapa keunggulan yang dapat kamu temukan jika menggunakan WhatsApp Business. Keunggulan tersebut dapat kamu ketahui dari berbagai macam fitur yang dimilikinya. Berikut ini adalah variasi fitur dari WhatsApp Business.

1. Balas Pesan WA Otomatis Dan Greeting Message

Salah satu fitur unggul dari aplikasi WhatsApp biasa dimana penggunanya dapat membuat balasan otomatis jika mendapatkan pesan baru. Fitur ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan.

Kamu dapat mengaktifkan fitur balas pesan WA otomatis ini melalui business tools dan mengaturnya melalui “Away Message”. Balas pesan WA otomatis ini juga dapat diatur waktu serta penerimanya. Penerima dikelompokan menjadi semua orang, orang tidak ada di kontak, pengecualian terhadap beberapa orang, dan hanya dikirim ke orang tertentu.

Selain itu, jika kamu menggunakan WhatsApp Business ini untuk keperluan berjualan maka kamu bisa menyapa pelanggan dengan greeting message. Pesan sambutan ini dikirim otomatis jika ada yang mengirimkan pesan kepadamu untuk pertama kali. Di sini kamu juga bisa mengatur isi pesan tersebut dan penerima pesan sambutan.

2. Label Pesan

Mengkategorikan pesan menjadi salah satu fitur yang tak kalah penting, terutama jika kamu menggunakan WhatsApp Business untuk berjualan. Kategori label ini dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Label pesan ini juga sangat memudahkan penggunanya ketika sedang mencari kategori pesan tertentu. Misalnya, pelanggan yang sudah membayar, pesanan pelanggan yang di proses, atau mengelompokkan orang berdasarkan divisi atau keperluannya.

Fitur label ini dapat digunakan untuk memberikan tanda pada pesan yang dikirim ataupun memberikan tanda pada tampilan luar chat. Tak hanya itu, warna label yang disediakan juga bervariasi sehingga akan sangat mudah untuk membedakannya.

3. Katalog

Fitur ini disediakan bagi pengguna yang menggunakan WhatsApp Business untuk berjualan berbagai macam barang maupun jasa. Saat ini kamu sudah bisa memberikan dan menaruh katalog jualan yang kamu jual melalui WhatsApp Business.

Dengan memasarkan barang maupun jasa melalui katalog, kamu bisa mencantumkan harga di setiap katalog yang ditawarkan. Pemilik bisnis tak perlu khawatir kekurangan kapasitas untuk menaruh barangnya di katalog, karena pebisnis dapat mengirimkan maksimal 500 produk.

Baca Juga  12 Cara Menyadap WhatsApp Tanpa Ketahuan dengan Jarak Jauh

4. Profil Bisnis

Bagi pengguna yang memiliki bisnis pribadi maupun bersama-sama, dengan menggunakan WhatsApp business akan lebih memudahkan penggunanya. Fitur profil bisnis yang telah dikeluarkan oleh WhatsApp Business ini dapat diisi dengan berbagai informasi bisnis yang sedang kamu kerjakan.

Bisa kamu isi dengan nama toko, alamat email khusus yang dibuat untuk pekerjaan, deskripsi mengenai akun bisnis, website, dan sebagainya. Dengan tujuan, orang yang ingin mengontak bisnismu dapat membaca terlebih dahulu profil bisnis yang kamu miliki.

Hal ini dilakukan pemilik WhatsApp Business itu pun tidak harus mengulangi pertanyaan dan mengetikkan jawaban yang sama. Para calon pembeli juga bisa langsung mengecek informasi yang terdapat di profil bisnis.

5. WhatsApp Story

Fitur satu ini yaitu fitur yang telah dikembangkan oleh WhatsApp dengan seksama. Tujuan WhatsApp mengeluarkan fitur ini agar pengguna lain bisa mengetahui kegiatan yang sedang kamu lakukan.

Fitur WhatsApp Story memiliki kesamaan dengan Instastory yang hanya dapat mengirim video berdurasi beberapa menit. Akan tetapi, durasi yang disediakan WhatsApp lebih lama dibanding durasi instastory.

Tak bertahan secara lama, Story yang sudah kamu kirim ke WhatsApp Story hanya bertahan selama 1X24 jam. Setelah lebih dari 24 jam story yang telah kamu buat akan otomatis terhapuskan. Jangan khawatir juga, untuk WA story ini hanya bisa dilihat oleh kontak yang sudah berteman dengan kamu.

Langkah-Langkah Membuat Balas Pesan WA Otomatis

Langkah-Langkah Membuat Balas Pesan WA Otomatis

Bagi kamu yang baru saja menggunakan WhatsApp Business dan masih belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan balas pesan WA otomatis. Simak langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur canggih tersebut sampai selesai.

Berikut cara membuat balas pesan wa otomatis:

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp Business pada handphone kamu masing-masing
  2. Lalu, pergi ke halaman pengaturan lalu pergi ke bagian pesan
  3. Tekan menu kirim pesan, selanjutnya ketikkan pesan apa yang kamu ingin kirimkan secara otomatis
  4. Berikan jadwal kirim pesan agar terkirim sesuai dengan kemauan kamu
  5. Setelah itu kamu akan disuruh memilih, kontak yang akan dikirimkan pesan otomatis oleh kamu

Akhir Kata

Demikian artikel kali ini tentang balas pesan WA otomatis melalui WhatsApp Business. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu tentang teknologi yang ada di sekitar kita. Jangan lewatkan artikel bermanfaat lainnya, sampai jumpa!.