Arti Pre Order di Shopee? Simak Keuntungan Yang Diperoleh

Koranpangkep.co.id – Pre order Shopee merupakan sebuah pilihan yang tersedia pada aplikasi Shopee. Pre order sudah sering kali terdengar dalam penjualan melalui online, sistem ini sudah lama diterapkan oleh Shopee.

Sistem tersebut merupakan salah satu hal yang paling dikenal oleh penjual dan pembeli di Shopee. Pre order Shopee merupakan salah satu jenis metode penjualan yang dapat digunakan oleh penjual.

Metode ini biasanya sering dilakukan oleh penjual yang menjual produk custom yang membutuhkan waktu pengerjaan setelah dipesan.

Jadi jika pembeli ingin memesan produk yang dapat diminta sesuai keinginannya, maka dapat memilih sistem pre order yang disediakan penjual.

Jadi pre order Shopee ini sangat cocok untuk penjual yang juga menawarkan produk custom sehingga pembeli dapat memesan sesuai keinginannya.

Biasanya produk pre order itu contohnya seperti memesan casing handphone, mug custom, produk kerajinan tangan dan lainnya.

Apa Itu Shopee?

Apa Itu Shopee

Sebelum membaca penjelasan lebih lengkap mengenai pre order Shopee, ada baiknya menyimak pembahasan lebih lanjut tentang aplikasi Shopee.

Shopee merupakan salah satu wadah belanja online terbesar di Indonesia. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2015 dibawah naungan SEA Group.

Shopee selalu berinovasi dengan mengeluarkan fitur menarik yang dapat dinikmati oleh pengguna. Sehingga tidak heran semakin banyak pengguna Shopee saat ini.

Salah satu fitur yang menarik dari Shopee adalah shopee games. Fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna untuk bermain game melalui aplikasi Shopee.

Selain menciptakan kesenangan untuk para pengguna melalui aplikasi ini, kamu juga mendapatkan hadiah berbagai macam voucher. Sangat menarik bukan?

Salah satu program yang terkenal dari Shopee yaitu setiap bulan selalu mengadakan diskon besar-besaran dan gratis ongkir pada tanggal cantik seperti 1.1 (1 januari).

Selain diskon produk, kamu akan menikmati gratis ongkir tanpa minimal pembelanjaan. Oleh karena itu, program ini selalu ditunggu-tunggu para pengguna setia Shopee.

Baca Juga  Cara Isi Saldo Shopeepay Lewat BCA, BNI Dan Minimarket

Selain memberikan keuntungan dan kemudahan untuk pembeli, Shopee juga memberikan keuntungan dan kemudahan untuk penjual.

Shopee memfasilitasi penjual untuk memasarkan produknya dengan mudah dan menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang aman.

Penjual dapat mendaftarkan program yang telah ditawarkan oleh Shopee. Program gratis ongkir adalah salah satunya. Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada penjual untuk menarik pembeli.

Maka program ini menguntungkan kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Yang menarik adalah Shopee memiliki sistem pre order yang dapat digunakan oleh penjual.

Pre order atau biasa disebut PO ini merupakan sistem dimana penjual baru memproduksi produk saat ada pesanan masuk. Sistem ini juga memiliki berbagai macam keuntungan karena penjual dapat menjual produk tanpa memerlukan stok yang banyak.

Bagi kamu yang berminat ingin berjualan di Shopee, kamu dapat mengunduh aplikasi Shopee melalui handphone. Aplikasi ini dapat diunduh menggunakan google playstore atau appstore. Setelah itu, kamu dapat membuat akun Shopee agar dapat menggunakannya.

Apa Itu Pre Order Shopee?

Apa Itu Pre Order Shopee

Biasanya para penjual di aplikasi Shopee menjual produk-produk ready stock yang dapat langsung dipesan dan dikirim. Namun, Shopee juga menyediakan sistem pre order.

Sistem ini biasanya disebut PO. Pre order adalah sistem penjualan dimana penjual belum menyediakan produk yang ditawarkan, produk tersebut akan dibuat saat pembeli memesan.

Penjual biasanya mempromosikan menggunakan foto atau video yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Pre order Shopee ini memang dikhususkan untuk produk-produk custom yang dapat dibuat setelah ada permintaan dari pembeli.

Produk yang bersifat pre order ini membutuhkan waktu pengerjaan kurang lebih 7 hari, tergantung toko dan produk kostum yang dipesan.

Contohnya, kamu ingin memesan bantal custom dengan foto hewan peliharaanmu. Carilah toko di Shopee yang menjual produk bantal custom.

Lalu kamu membeli bantal custom tersebut sesuai dengan permintaanmu. Setelah itu, penjual membuat pesanan bantal sesuai pesanan. Terakhir, setelah selesai penjual akan mengirim produk pesanan ke kamu.

Keuntungan Dari Pre Order Shopee

Keuntungan Dari Pre Order Shopee

Sistem pre order ini dibuat oleh Shopee tentu memiliki tujuan dan keuntungan yang jelas untuk penjual. Dengan menerapkan sistem pre order Shopee, kamu akan mendapatkan bermacam-macam keuntungan. Berikut adalah keuntungan dari menerapkan sistem pre order Shopee :

1. Menjual Produk Tanpa Stok Banyak

Salah satu keuntungan yang didapatkan jika mengaktifkan pre order Shopee yaitu kamu tidak perlu stok produk yang banyak. Stok barang dilakukan ketika kamu mendapat pesanan dari pembeli. Setelah mendapatkan pesanan permintaan dari pembeli, maka kamu bisa membuat produk pesanan.

Baca Juga  3 Penyebab Shopee Paylater Terkunci Serta Cara Mengatasinya

2. Menghindari Resiko Produk Yang Tidak Laku Terjual

Keuntungan yang didapat dari sistem pre order Shopee adalah meminimalisir resiko barang yang tidak laku terjual. Saat berjualan dengan sistem ini, kamu tidak perlu stok banyak produk dan hanya memproduksi produk yang akan dibeli pembeli. Oleh karena itu, kamu dapat menghindari resiko produk yang tidak laku.

3. Jangka Waktu Pengemasan Lebih Lama

Dengan menerapkan sistem pre order Shopee, maka kamu akan mendapatkan keuntungan jangka waktu pengemasan yang lebih lama.

Berbeda dengan jangka waktu pengemasan produk yang tidak menggunakan sistem pre order biasanya lebih sedikit. Jangka waktu pengemasan yang didapatkan adalah sekitar 7 sampai 15 hari setelah pesanan berhasil diproses.

Jangka waktu pengemasan yang lebih lama ini membuat kamu bisa menyiapkan produk dengan lebih maksimal lagi. Dengan begitu, pembeli dapat menerima produk yang dipesan dengan hasil yang bagus dan memuaskan. Ini dapat menjadi penilaian yang bagus untuk tokomu.

Cara Menjual Produk Pre Order Shopee Untuk Penjual

Cara Menjual Produk Pre Order Shopee Untuk Penjual

Penjualan dengan sistem pre order ini sudah lama disediakan oleh Shopee. Untuk kamu yang tertarik untuk menjual produk custom dan ingin melakukan sistem pre order caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkah untuk menjual produk dengan sistem pre order melalui handphone :

1. Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah membuka aplikasi Shopee. Setelah masuk ke halaman utama Shopee, pilih menu Saya yang terdapat di bawah kanan pojok kanan. Selanjutnya, klik ikon Toko Saya di bagian kiri atas.

2. Menu Tambah Produk Baru

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan setelah membuka ikon Toko Saya, kamu akan masuk ke dalam halaman kelola toko. Setelah itu, masukan produk yang akan kamu jual. Caranya, pilih menu Tambah Produk Baru.

3. Tulis Deskripsi Produk

Untuk menambahkan produk jualan kamu, langkah selanjutnya yaitu menulis deskripsi produk yang akan dijual. Yang harus kamu lakukan adalah mengisi judul, menambahkan gambar atau video produk, mengisi detail rincian produk dan lain-lainnya yang tersedia.

Baca Juga  Cara Pinjam Uang Di Shopee Secara Cepat Tanpa Ribet

4. Mengaktifkan Pre Order Shopee

Setelah kamu mengisi deskripsi produk yang akan kamu jual. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah scroll ke bawah untuk menemukan pilihan pre order.

Lalu klik tombol seperti tombol on/off untuk mengaktifkan. Setelah itu, atur jangka waktu pengiriman yang kamu butuhkan. Terakhir, tekan simpan untuk menyimpan semua informasi produkmu. Maka produk akan aktif dan sudah terupload di toko Shopeemu.

Cara Membeli Produk Pre Order Shopee Untuk Pembeli

Cara Membeli Produk Pre Order Shopee Untuk Pembeli

Produk custom merupakan salah satu ide terbaik yang dapat digunakan sebagai hadiah untuk orang lain. Bagi kamu yang ingin memberikan hadiah untuk teman, orang tua, pacar dan lainnya, kamu dapat memberi hadiah custom yang lucu dan menarik.

Contohnya memberikan mug custom dengan menambahkan animasi chibi dan nama temanmu. Untuk kamu yang belum paham cara membeli produk pre order, berikut langkah-langkah membeli produk pre order di Shopee:

1. Buka Aplikasi Shopee

Jika kamu ingin memesan produk melalui Shopee, maka pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Shopee. Setelah itu, buka aplikasi Shopee dan masuk dengan akunmu.

Masuk ke akun biasanya menggunakan email dan password yang sudah dibuat sebelumnya, atau dapat menggunakan nomor handphone yang telah didaftarkan.

2. Cari Produk Yang Diinginkan

Setelah login dengan akun dan masuk ke halaman utama Shopee. Kamu dapat mencari produk yang kamu inginkan, caranya menggunakan pencarian yang terdapat di paling atas kiri halaman utama Shopee.

Ketik nama produk yang kamu cari, setelah itu muncul banyak produk dengan toko yang berbeda-beda. Setelah itu, pilih produk yang sesuai dan bisa custom.

3. Check Out Produk

Jika kamu sudah menemukan produk yang diinginkan, setelah itu kamu dapat memesan produk. Caranya, buka halaman produk yang kamu inginkan.

Klik ikon bertuliskan Beli Sekarang, setelah itu pilih jenis atau bentuk produk jika ada. Tentukan jumlah produk yang akan kamu pesan, lalu klik Beli Sekarang.

Selanjutnya kamu harus mengisi alamat pengiriman, metode pembayaran dan catatan. Setelah itu, klik buat pesanan dan melakukan pembayaran.

Akhir Kata

Untuk kamu yang ingin menjual produk custom di Shopee, jangan khawatir karena kamu dapat menggunakan sistem pre order. Demikianlah artikel yang membahas tentang pre order Shopee. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai bertemu di pembahasan selanjutnya!