Biaya Admin Shopee Berapa Besarnya? Silahkan Cek Disini!

KoranPangkep.co.id – Biaya admin Shopee sudah menjadi sesuatu yang tidak asing lagi bagi para pengguna setia aplikasi Shopee. Terutama bagi penjual yang sudah biasa menjual barang dagangnya melalui Shopee. Berbagai keuntungan bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi Shopee.

Menjual berbagai barang dagang melalui aplikasi Shopee bisa menjadi peluang yang sangat bagus bagi para pebisnis. Tidak perlu kesulitan dalam menyewa sebuah tempat untuk berdagang, sehingga pebisnis tidak perlu memikirkan biaya untuk sewa tempat. 

Akan tetapi, meskipun memang di Shopee para penjual tidak perlu membayar sewa tempat sebagai gantinya, Shopee sendiri terdapat biaya admin. Jangan khawatir karena biaya admin Shopee tidak memungut biaya yang sangat tinggi. Untuk kelengkapan mengenai biaya admin Shopee, bisa langsung simak artikel ini dengan baik. 

Mengenal Tentang Aplikasi Shopee

Mengenal Tentang Aplikasi Shopee

Sebelum membicarakan lebih jauh mengenai biaya admin Shopee, alangkah baiknya untuk mengenal tentang aplikasi Shopee terlebih dahulu. Aplikasi Shopee merupakan sebuah aplikasi berbelanja online yang sudah didirikan pada tahun 2015. Meskipun terbilang sudah cukup lama berdiri, sampai sekarang Shopee tetap menjunjung tinggi kenyamanan para pengguna Shopee.

Berbagai macam fitur yang selalu muncul untuk mengatasi permasalahan yang ada pada pelanggan atau pengguna setia Shopee. Perkembangan aplikasi yang selalu menjadi pokok utama tugas Shopee menjadikan aplikasi atau perusahaan Shopee masih bisa berdiri sampai saat ini.

Alasan menarik lainnya terdapat pada tawaran-tawaran menarik yang selalu diberikan oleh Shopee kepada pengguna, untuk para penjual maupun pembeli.

Bagi para penjual Shopee selalu menghadirkan cara menarik untuk menarik para calon pembeli. Misalnya dengan menggunakan fitur-fitur tertentu untuk para penjual seperti Live Shopee bisa membuat barang dagangan kamu menjadi laku terjual.

Lalu, tawaran menarik yang diberikan oleh para pembeli yang melakukan transaksi di Shopee yaitu selalu adanya potongan diskon. Berbagai potongan diskon diberikan dengan guna memanjakan pembeli dengan harga yang murah. Terutama Shopee juga sering memberikan gratis ongkir atau ongkos kirim.

Shopee juga memberikan penawaran spesial pada tanggal atau hari tertentu, yaitu gratis ongkir hingga 0 rupiah tanpa batas minimal belanjaan. Masih banyak penawaran lainnya yang diberikan oleh pihak shopee kepada para pengguna.

Baca Juga  Tanya Jawab Pembatasan Akun Shopee Berikut Informasi Serta Solusinya!

Jika, kamu ingin memulai membeli atau berjualan di Shopee boleh saja langsung mendownload aplikasinya di Play Store atau App Store. Nikmati kemudahan berjualan dan berbelanja di Shopee hanya dengan menggunakan Handphone kamu.

Untuk para penjual yang baru bergabung, dalam menjual barang dagang memiliki biaya admin Shopee yang harus kamu bayar. Baca dan simak artikel ini karena akan membahas lebih lanjut mengenai biaya admin Shopee bagi para penjual. Dengan begitu kamu tidak akan bingung saat ada tagihan biaya admin Shopee. 

Apa Itu Biaya Admin Shopee?

Apa Itu Biaya Admin Shopee

Biaya admin Shopee merupakan biaya yang akan dikenakan kepada penjual saat menjalankan bisnis online. Setiap platform belanja online memberikan biaya admin kepada penjual tak terkecuali Shopee. Bagi kamu yang ingin memulai berjualan di Shopee, sangat penting untuk mengetahui biaya admin pada aplikasi ini. 

Untuk biaya admin, Shopee membagi menjadi empat kategori penjual. Kategori tersebut terdiri dari penjual non – star, star seller, star plus dan mall. Penggolongan kategori tersebut mempengaruhi biaya admin yang akan diberikan oleh Shopee kepada penjual.

Biaya administrasi lainnya ditentukan oleh semakin besarnya transaksi yang dilakukan, antara penjual dan pembeli maka semakin tinggi juga biaya admin yang diberikan Shopee kepada para penjual barang. 

Selain itu, para penjual juga akan dikenakan biaya diluar administrasi bila mengikuti program yang diadakan oleh Shopee. Biaya pengeluaran ini bersifat opsional, hanya penjual yang mengikuti dan menyetujui syarat dan ketentuan program tersebut yang akan dikenakan biaya.

Biaya Admin Shopee Sesuai Produk

Biaya Admin Shopee Sesuai Produk

Pada setiap penjualan memiliki berbagai produk yang berbeda, begitu juga dengan biaya admin Shopee. Penentuan berapa besar biaya admin Shopee selain kategori penjual terdapat juga kategori barang yang dijual oleh pihak penjual.

 Beberapa kategori barang yang harus diperhatikan agar kamu bisa mengira-ngira berapa biaya admin Shopee yang sekiranya harus kamu bayar nanti. Berikut kategori barangnya:

1. Biaya Admin Shopee Jenis Produk Kategori A

Pada kategori A, jenis barang yang dijual oleh penjual lebih menyerupai barang yang kebutuhan sehari-hari, meskipun tidak semua barang. Ada beberapa barang yang digunakan untuk kebutuhan lain, berikut beberapa macam barang-barang kategori A:

  • Perlengkapan Alat Tulis
  • Beberapa macam Buku, dan Majalah
  • Fashion Wanita dan Pria
  • Aksesoris pakaian, seperti jam tangan, tas
  • Kebutuhan bayi, Popok, baju bayi, mainan bayi
  • Makanan dan Minuman Ringan Kecuali permen dan Coklat

2. Barang Kategori Produk B

Untuk kategori produk B, lebih menjual barang yang ditunjukkan untuk hobi. Kamu bisa menemukan barang-barang kebutuhan hobi di kategori ini. Berikut beberapa barang yang merupakan barang produk kategori B, perhatikan dengan seksama:

  • Game (Semua Jenis Produk)
  • Berbagai kebutuhan untuk hewan peliharaan (Makanan, Minuman, Baju, Mainan
  • Kendaraan Motor dan Mobil
Baca Juga  25 Contoh Kata Kata Pesan Otomatis Shopee Yang Menarik

3. Macam Barang Golongan C

Yang terakhir merupakan kategori barang C, pada kategori ini barang yang dijual oleh penjual lebih kepada barang yang berharga. Jika kamu ingin mencari barang berharga, produk ini juga tersedia di Shopee. Maka, berikut beberapa barang jenis kategori C:

  • Berbagai macam perhiasan, Logam Mulia
  • Elektronik (Tablet dan Handphone)
  • Sealer 
  • Untuk bayi barang yang dijual seperti, susu Formula, Makanan bayi dan Vitamin
  • Penjualan Kamera, Drone dan Flash

Cara Menghitung Biaya Admin Shopee Bagi Penjual Non-Star

Cara Menghitung Biaya Admin Shopee Bagi Penjual Non-Star

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang kategori penjual. Kalau kamu merupakan penjual yang baru saja membuka bisnis di Shopee, maka kamu masuk ke dalam kategori penjual non – star. Penjual non – star akan dikenakan biaya admin jika :

  • Penjualan di toko kamu lebih dari 100 kali semenjak kamu bergabung menjadi penjual di Shopee.
  • Kamu masih menjadi penjual dengan status penjual non – star.

Jadi sangat penting untuk mengetahui total penjualan kamu di Shopee, jika kamu ingin melihat total penjualan toko. Kamu dapat melihat hasil penjualan melalui aplikasi Shopee dengan handphone menggunakan cara sebagai berikut :

  1. Masuk ke aplikasi Shopee, pastikan akun yang ada di aplikasi tersebut adalah akun toko mu. 
  2. Lalu, klik menu Saya yang terdapat di pojok kanan bawah.
  3. Selanjutnya, klik pada tulisan Toko Saya.
  4. Tekan menu Penghasilan Saya.
  5. Setelah itu, tekan Pesanan Selesai.
  6. Pilih periode waktu sejak kamu bergabung di Shopee.
  7. Terakhir, hitung total penjualan yang telah kamu dapat semenjak awal bergabung sampai sekarang.

Bagi kamu yang belum tahu rincian biaya administrasi yang ditetapkan oleh Shopee, silahkan simak penjelasan di bawah ini.  Perhitungan biaya admin Shopee yang akan dikenakan kepada penjual non – star sesuai kategori produk adalah sebagai berikut. Biaya admin = (harga asli produk – diskon produk) x biaya admin tiap kategori.

  • Biaya Admin Produk A, sama dengan 2,5 % x harga akhir produk.
  • Admin Untuk Produk B / C, sama dengan 1,7 % x harga akhir produk.
  • Biaya Admin Kategori D / E, sama dengan 1,25 % x harga akhir produk

Untuk penjual non – star yang telah menyelesaikan minimal 100 pesenan  per hari Rabu pada pukul 00:00 WIB di setiap minggunya akan mendapatkan biaya administrasi  yang berlaku di hari Jum’at pukul 00:00 WIB di minggu tersebut.

Keuntungan Yang Akan Didapat

Keuntungan Yang Akan Didapat

Kabar baik untuk para penjual setia di Shopee karena kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan eksklusif. Untuk berbagai jenis keuntungannya bisa dilihat pada point yang terdapat di bawah ini, yaitu sebagai berikut 

Baca Juga  4 Cara Bayar Shopee Via SMS Banking BNI, BRI, Mandiri, Dan BCA

1. Dapat Mengakses 2 Fitur Eksklusif

  • Sebuah menu panduan penjualan di fitur Bisnis Saya agar penjual dapat data penjualan yang lebih lengkap.
  • Fitur sub – akun yang berfungsi untuk memberi kemudahan dalam pembagian kerja untuk toko dengan admin lebih dari 1.

2. Dapat Bonus Saldo Iklan

Jika kamu sudah lama berjualan di Shopee, kamu akan mendapatkan bonus untuk mengiklankan toko atau produkmu. Penjual mendapatkan bonus saldo iklan sebesar 1% dengan maksimal 30.000 / bulan setiap pengisian saldo iklan Shopee. 

3. Kapasitas Upload Mencapai 3.000 Produk

Jika kamu menjual banyak produk tidak perlu khawatir karena kamu akan mendapat keuntungan dari Shopee. Penjual dapat mengunggah produk maksimal hingga 3.000 produk. Dengan keuntungan ini, penjual dapat menjual berbagai macam produk yang berbeda dalam satu toko.

Biaya Admin Shopee Dalam Transaksi Pembelian Produk

Biaya Admin Shopee Dalam Transaksi Pembelian Produk

Setelah berbagai biaya admin Shopee diberikan oleh penjual, terdapat juga biaya admin Shopee bagi para pembeli barang di aplikasi Shopee. Untuk setiap transaksi pembayaran ada biaya yang harus ditanggung oleh pembeli. Berbagai pembayaran yang dilakukan oleh pembeli akan dikenakan biaya admin.

Biaya admin yang harus dibayarkan oleh pembeli berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut biaya admin Shopee yang akan dikenakan oleh para pembeli:

1. Shopeepay

Pembayaran menggunakan Shopeepay mengharuskan pembeli mengisi saldo pada akun Shopeepay masing-masing akun. Setiap biaya admin yang ditanggung akan berbeda sesuai dengan bank yang digunakan. Maka, harga tarif yang akan diberikan sekitar Rp. 500 hingga Rp. 1.000.

2. Biaya Admin Pembayaran Alfamart Dan Alfamidi

Selain menggunakan Shopeepay, bagi kamu yang ingin membayar tagihan bisa melalui Alfamart dan Alfamidi terdekat. Sama seperti Top Up Shopeepay, untuk pembayaran melalui Alfamidi dan Alfamart pun memiliki tarif admin. Untuk biayanya yang harus dibayarkan sebesar Rp. 2.500. 

3. Melalui Minimarket Lain Indomaret Dan Dandan

Jika di sekitar rumah kamu tidak terdapat minimarket alfamart dan alfamidi, kamu bisa melakukan transaksi di Indomaret dan Dandan. Akan tetapi, tarif admin yang dikenakan akan sedikit lebih mahal dibanding minimarket lainnya. Untuk tarif Indomaret dan Dandan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000

Setelah mengetahui berbagai macam pembayaran dan biaya administrasi di setiap proses pembayaran, kamu bisa memilih salah satu. Dari ketiga cara pembayaran tersebut, kamu bisa memilih metode pembayaran yang biaya adminnya lebih murah. 

Akhir Kata

Demikianlah artikel hari ini,  mohon maaf jika ada kesalahan kata selama proses penulisan, dan semoga artikel ini bisa sangat bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya dan sampai bertemu pada kesempatan lainnya!