Tanya Jawab Pembatasan Akun Shopee Berikut Informasi Serta Solusinya!

Koranpangkep.co.id – Pembatasan akun Shopee merupakan hal yang  sangat mengganggu ketika kita sedang melakukan kegiatan transaksi pembelian atau penjualan barang di aplikasi.

Mengapa Shopee membatasi akun pengguna? Apakah cara yang harus dilakukan supaya pengguna dapat menggunakan akunnya dengan normal kembali? Kamu dapat mengetahui jawaban yang kamu butuhkan melalui penjelasan berikut ini!

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Pembatasan akun Shopee, kenali dulu yuk aplikasi ini lebih dalam. Shopee adalah situs web elektronik bisnis yang pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015.

Shopee digunakan sebagai platform belanja online yang disesuaikan untuk tiap wilayah. Aplikasi ini juga memberikan pelanggan pengalaman belanja online yang sederhana, aman, dan cepat dengan dukungan pembayaran dan logistik yang kuat.

Fitur yang dimiliki oleh Shopee sangat bermacam-macam. Mulai dari gratis ongkir sampai layanan ekspedisi yang unggul. Barang yang tersedia juga sangat beragam dan lengkap dari berbagai toko.

Kemudian, pengguna dapat membeli pulsa/kuota, hingga dapat memesan makanan melalui aplikasi ini. Metode pembayarannya juga bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Semua hal ini tentunya membuat aplikasi Shopee menjadi salah satu tempat jual beli online yang terbaik.

Apa Itu Pembekuan Dan Pembatasan Akun Shopee?

Apa Itu Pembekuan Dan Pembatasan Akun Shopee

Penjual atau pembeli yang memiliki faktor pelanggaran kebijakan Shopee akan dikenakan poin penalti. Jika kamu didapatkan ada melakukan pelanggaran terhadap kebijakan yang ada, maka kamu bisa mendapat penalti:

1. Pemblokiran Akun

Kamu sama sekali tidak dapat melakukan aktivitas di akunmu yang diblokir. Jika kamu ingin akunmu aktif lagi, kamu sebaiknya mengajukan banding ke Shopee.

2. Pembatasan Akun

Kamu tidak dapat melakukan transaksi jual beli, tetapi masih dapat mengakses akunmu yang dibatasi dan tetap dapat mengirim chat. Kamu tidak bisa menerima pesanan baru, tetapi kamu masih bisa memproses pesanan yang sudah masuk sebelum akun kamu dibatasi.

Pembatasan akun Shopee, berarti akun kamu tidak bisa digunakan untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Kamu dapat mengetahui bahwa akunmu mengalami pembatasan melalui notifikasi dan pesan yang dikirimkan ke email kamu.

Baca Juga  Cara Mengganti Username Shopee Terlengkap dengan Mudah

Ketika notifikasi pembatasan akun Shopee sudah diterima, akun Shopee kamu akan secara otomatis ter-log out. Dengan demikian, sudah pasti kamu tidak akan dapat login ke akun tersebut sampai akunmu dipulihkan.

Mengapa Akun Pengguna Dibatasi?

Mengapa Akun Pengguna Dibatasi

Pembatasan akun Shopee kamu dapat terjadi apabila kamu diketahui terlibat kegiatan yang mencurigakan, tentunya yang bertentangan dengan persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Shopee.

Berikut ini adalah list aktivitas yang kemungkinan menjadi alasan dari pembatasan akun Shopee milikmu.

  • Memiliki 5 toko atau lebih yang memiliki data pribadi sama
  • Ditemukan adanya percobaan mengakses akun secara ilegal, yaitu untuk mengakses informasi pribadi ataupun tujuan negatif lainnya. Sehingga dibatasi dengan maksud menjaga akunmu
  • Informasi penjualan palsu
  • Penyalahgunaan voucher atau promosi
  • Penipuan berwujud apapun
  • Spam dan menyalahgunakan akun
  • Mengunggah produk duplikat
  • Melakukan pemesanan palsu
  • Menulis informasi yang bertujuan menuntun Pembeli melakukan transaksi di luar Shopee
  • Tagihan SPayLater belum dilunasi
  • Produk telah dihapus oleh Shopee secara berkali-kali (biasanya lebih dari 20 kali)
  • Melanggar ketentuan tentang logo profil toko
  • Memasukkan produk digital dan jasa ke dalam kategori dan subkategori yang tidak tepat

Aktivitas lainnya yang dapat menjadi penyebab akun Shopee kamu dibatasi, yaitu:

  • Melakukan pelanggaran pada Shopee Live secara terus-menerus
  • Jika kamu adalah penjual, tidak mengirimkan barang pesanan Pembeli atau mengirimkan paket yang kosong
  • Semua kegiatan yang tidak wajar untuk meningkatkan penjualan. Misalnya, memalsukan pesanan, rating jumlah penilaian, jumlah followers, dan likes

Untuk menghindari terjadinya pembatasan akun Shopee, pelajari lebih lanjut apa saja kebijakan dan pedoman yang diberikan Shopee untuk Penjual, diantaranya:

  • Kebijakan Daftar Produk
  • Kebijakan Pemenuhan Pesanan
  • Kebijakan Layanan Pembeli

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Akun Shopee Dibatasi?

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Akun Shopee Dibatasi

Pembatasan akun Shopee dapat berakibat dalam proses pencairan dana, proses pembayaran, dan lain sebagainya. Setelah membaca penyebab-penyebab yang telah disebutkan,

jelas kamu pasti ingin tahu cara supaya akun Shopee-mu menjadi normal seperti sedia kala. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk dapat membuat akunmu menjadi normal kembali.

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan yaitu, kamu dapat menghubungi Customer Service (CS) Shopee. Kini sudah tersedia layanan yang lebih praktis untuk dapat menghubungi Customer Service Shopee.

Langkah-langkah untuk menghubungi Customer Service Shopee, sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee pada ponsel kamu
  2. Klik ‘saya’ yang terdapat di sisi kanan bawah layar ponsel kamu
  3. Silahkan scroll ke bawah, klik ‘chat dengan Shopee’
  4. Klik ‘chat with live agent’
  5. Kemudian tunggulah sampai Customer Service terhubung
Baca Juga  Kenapa Tidak Bisa Memilih Jasa Kirim Shopee? Inilah Alasannya!

Nanti kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir yang akan diberikan. Setelah kamu mengisi formulir tersebut dan mengirimnya, kamu bisa menunggu sampai kamu menerima email dari pihak Shopee tentang kelanjutan proses akunmu.

Email tersebut nanti akan disertai dengan penyebab mengapa akunmu dibatasi.

Cara Memulihkan Akun Yang Dibatasi

Cara Memulihkan Akun Yang Dibatasi

Jika kamu ingin memulihkan akunmu dengan lebih cepat, kamu dapat meminta bantuan ke shopee untuk naik banding agar akunmu menjadi normal kembali.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengisi dan mengirim formulir pengajuan aktivasi akun yang dapat langsung diakses melalui laman disini. Pengisian formulir tersebut, yaitu sebagai berikut:

1. Data Diri

Isi data diri kamu dengan benar, mulai dari nama lengkapmu serta nama pengguna (username) akunmu yang mengalami pembatasan.

2. Alamat Email Dan Nomor Telepon

Lanjutkan dengan mencantumkan alamat email dan nomor telepon yang telah terdaftar.

3. Pembatasan Akun

Sebutkan kendala yang kamu alami secara detail dan lengkap, beserta bukti berupa foto atau screenshot tampilan utama Shopee-mu.

4. Alasan Untuk Pengaktifan Akun

Selanjutnya, silahkan jelaskan alasan mengapa kamu ingin memulihkan kembali akun yang dibatasi. Pastikan bahwa kamu dapat meyakinkan pihak Shopee bahwa akunmu berhak mengalami pemulihan.

Jika kamu tidak melakukan satupun pelanggaran kebijakan, pada akhir permohonan banding sampaikan bahwa tidak ada aktivitas pelanggaran pada akun Shopee-mu.

Berbagai Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Pemulihan Pembatasan Akun Shopee

Berbagai Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Pemulihan Pembatasan Akun Shopee

Selain itu, lampirkan juga dokumen-dokumen berikut ini:

  1. Foto identitas yang sah, seperti KTP atau kartu pelajar
  2. Fotokopi perizinan usahamu (jika ada) dan informasi lengkap bisnismu
  3. Bukti pengiriman atau pembelian produk (nomor resi, foto produk, dan lain lain)
  4. Mengisi surat pernyataan tidak akan mengulangi pelanggaran kebijakan yang kamu lakukan sehingga akunmu mengalami pembatasan

Setelah selesai melakukan tahapan diatas, silahkan menunggu. Shopee akan memproses permohonan yang sudah diajukan sebelumnya sekitar 1 sampai 3 hari.

Jika permohonan pemulihan akunmu diterima, kamu akan mendapat email notifikasi dari Shopee beserta email yang berisi alasan akunmu dibatasi.

Selain langsung melapor ke Customer Service (SC) Shopee, kamu dapat juga mengirim email ke Shopee terkait pembatasan akun Shopee-mu.

Pelaporan dapat juga dilakukan dengan menggunakan media Instagram dengan mengirimkan direct message (DM) ke akun instagram resmi Shopee @shopee_id.

Baca Juga  Cara Mengetahui Jatuh Tempo Shopee PayLater, Jangan Telat!

Jangan pernah sembarangan menerima bantuan dari orang asing yang menawarkan bantuan, baik lewat SMS atau WhatsApp. Biasanya itu adalah salah satu bentuk penipuan.

Berapa Lama Berlangsungnya Pembatasan Akun Shopee?

Pemblokiran atau pembatasan akun Shopee yang diberikan akan tergantung pada seberapa berat pelanggaran yang kamu lakukan. Jika pelanggaranmu menumpuk sampai 15 poin penalti,

maka pembatasan akun Shopee-mu akan terjadi selama 28 hari (diperpanjang saat penalti bertambah). Kemudian, apabila pelanggaran yang kamu lakukan berulang,

maka pemblokiran atau pembatasan akun Shopee-mu juga dapat berlangsung tanpa batas waktu.

Akun yang dibatasi akan ditutup atau ditangguhkan secara permanen, jika:

  • Pengajuan naik banding tidak dilakukan dalam kurun waktu 30 hari setelah notifikasi dikirimkan ke kamu, atau
  • Pengajuan naik banding yang kamu lakukan gagal atau ditolak.

Kamu tentu tidak menginginkan akunmu ditangguhkan secara permanen, bukan? Perhatikan hal-hal tersebut dan lakukan penanganan secepatnya supaya jangan sampai akunmu dinonaktifkan permanen oleh Shopee.

Kamu tidak akan menggunakan email yang sama untuk mendaftar kembali jika akunmu sudah dinonaktifkan secara permanen.

Pembatasan Akun Shopee Tanpa Alasan Yang Jelas

Bagaimana jika Akun Shopee milikmu dibatasi padahal kamu tidak merasa melakukan pelanggaran apapun yang sudah disebutkan pada daftar sebelumnya? Akun Shopee dapat dengan tiba-tiba dibatasi tanpa adanya alasan yang jelas.

Biasanya ini terjadi karena adanya laporan terhadap akun Shopee kamu yang dilakukan oleh pengguna lain ataupun karena sistem sedang error.

Sistem Shopee juga akan melakukan pembatasan otomatis karena indikasi pelanggaran akun. Misalnya seperti, salah memasukkan password atau adanya transaksi di akun Shopee-mu dalam jumlah yang besar.

Pastikan kalau kamu memahami masalah apa yang sedang terjadi dan jangan mengulangi lagi hal tersebut. Karena pembatasan akun Shopee dapat terjadi kapan saja saat para pengguna aplikasi melakukan pelanggaran.

Shopee memiliki tanggung jawab atas para pemakai aplikasinya, karena itu Shopee akan sangat memastikan keamanan para penggunanya.

Ini dilakukan dalam bentuk memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang dianggap tidak bijaksana dan tidak bertanggung jawab dalam menggunakan fitur-fitur Shopee.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tanya jawab seputar Pembatasan akun Shopee. Kami harap artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Jadilah pengguna teknologi yang tidak merugikan orang lain. Selamat menggunakan akun Shopee kembali dengan lebih baik!