Sound of Text: Fitur, Kelebihan Kekurangan, dan Cara Pakai

KoranPangkep.co.id – Pernah melihat video yang soundnya menggunakan suara orang mirip Google? Itu adalah hasil dari teknologi text to speech yang sedang banyak digunakan belakangan ini. Salah satu teknologi text to speech yang terkenal adalah Sound of Text (SoT).

Sound of text bisa kalian manfaatkan buat mengubah teks menjadi suara, tentunya hal ini bisa kalian gunakan buat keperluan pembuatan nada dering. Umumnya sound of text tersebut dipakai oleh para pengguna Whatsapp.

Sehingga para pengguna whatsapp banyak sekali yang membuat nada dering sendiri seperti suara doraemon, naruto, bahasa jawa, sunda, inggris dan lain sebagainya menggunakan teknologi Soun of Text.

Pada kesempatan ini akan dijelaskan lebih dalam tentang SoT, fitur-fiturnya, kelebihan dan kekurangan, serta cara menggunakannya. Tanpa perlu berlama-lama lagi, kamu bisa langsung menyimak penjelasannya di bawah ini.

Sound of Text Adalah

Sound of Text Adalah

Seperti yang sudah disebutkan, hal pertama yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah pengertian dari Sound of Text atau SoT.

SoT merupakan salah satu tool berbentuk website yang dibuat khusus untuk mengubah teks menjadi suara atau sound. Situs ini bisa kamu gunakan untuk mengisi suara di video. Contohnya adalah video yang sering kamu lihat di Tiktok.

Suara tersebut dihasilkan oleh teknologi text to speech yang sebelumnya dikembangkan oleh Google. Sebelum era video Tiktok seperti sekarang, text to speech mungkin sudah sering kamu jumpai tanpa disadari.

Contohnya ada pada aplikasi Google Translate. Pada produk Google yang satu ini, kamu bisa mendengarkan suara dari teks yang sudah kamu input sebelumnya.

SoT bisa kamu akses menggunakan browser karena bentuknya adalah situs web. Alamat URL-nya adalah https://soundoftext.com/.

Fitur-fitur Sound of Text

Fitur-fitur Sound of Text

Setelah mengetahui pengertiannya, di bawah ini akan dijelaskan tentang fitur-fitur yang ada di dalamnya. Setidaknya ada 3 fitur yang bisa kamu dapatkan dari situs text to speech yang satu ini. Mari simak penjelasan yang akan disampaikan di bawah ini.

1. Text to Sound Converter

Fitur pertama tentu saja converter yang bisa mengubah teks menjadi suara atau bisa disebut dengan text to sound converter. Untuk menggunakan fitur ini, kamu perlu menginput teks terlebih dahulu.

Kamu bisa memasukkan teks hingga 200 karakter. Memang jumlah karakter yang bisa kamu masukkan tidak banyak. Tapi 200 karakter sudah cukup untuk menuliskan beberapa kalimat.

Untuk memastikan bahwa suara dari hasil konversi memiliki intonasi dan pemenggalan yang baik, sebaiknya kamu gunakan tanda baca dengan baik dan benar. Gunakan tanda koma, titik, tanda tanya, maupun tanda seru dengan tepat.

Jika kamu memang membutuhkan tools ini untuk pekerjaan dan butuh konversi teks lebih banyak, sebaiknya berlangganan layanan premium. Biaya langganannya tidak terlalu mahal, hanya sekitar $5 per bulan.

2. MP3 Audio Downloader

Tidak hanya mengonversi teks menjadi suara, Sound of Text juga menyediakan fitur MP3 Audio Downloader. Audio yang sudah dihasilkan dari hasil konversi tadi bisa didownload dan disimpan di dalam storage.

Baca Juga  Virtex WA Ganas Virus Whatsapp Bahaya Terbaru 2022

Format file audio yang dihasilkan dari laman SoT adalah MP3. Format file audio tersebut bisa dibilang universal. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai hal.

Contohnya adalah memasukkan file MP3 untuk mengisi suara di video. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan file MP3 tersebut untuk ringtone di smartphone. Ringtone di HP-mu akan terdengar unik dan pasti tidak ada yang menyamainya karena itu adalah hasil custom.

3. Bahasa Beragam

Fitur berikutnya dari SoT adalah jenis bahasa yang beragam. Masing-masing bahasa memilik pelafalan serta dialek yang berbeda. Kamu bisa memilih bahasa sesuai dengan teks yang akan diubah menjadi suara. Dengan begitu, suara yang dihasilkan akan terdengar lebih natural.

Sound of Text memiliki pilihan bahasa yang jumlahnya mencapai puluhan. Ada banyak bahasa dari berbagai negara di dunia, beberapa di antaranya adalah Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan tentunya bahasa Indonesia.

Pastikan kamu memilih bahasa yang sesuai dengan teks. Kalau bahasa yang kamu pilih kurang tepat, suara yang dihasilkan mungkin akan terdengar aneh.

Keunggulan Sound of Text

Keunggulan Sound of Text

Situs SoT memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Yang akan dibahas terlebih dahulu adalah kelebihan atau keunggulannya. Ada 5 hal yang bisa dikategorikan sebagai keunggulan dari SoT, berikut penjelasannya.

Tampilan Simpel

Keunggulan yang pertama adalah tampilan yang simpel dan sederhana. SoT juga responsif, tampilannya akan menyesuaikan dengan perangkat yang kamu gunakan. Tampilannya akan tetap terlihat bagus ketika kamu membukanya menggunakan smartphone, tablet, laptop, maupun PC.

Tampilan yang sederhana dan tidak banyak variasi menjadi keunggulan tersendiri bagi SoT. Situs menjadi jauh lebih ringan dan proses loadingnya juga berjalan dengan cepat dan lancar.

Meski koneksi internet yang kamu miliki sedang lemot alias tidak terlalu kencang, situs SoT akan tetap bisa diakses. Seluruh fiturnya tetap bisa kamu nikmati.

Mudah Digunakan

Karena tampilannya cukup simpel dan sederhana, seluruh menu yang dimiliki oleh Sound of Text bisa dilihat dengan jelas oleh pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan tool text to speech yang satu ini dengan mudah.

Bahkan kalau kamu belum pernah menggunakan situs sejenis ini tidak akan menemui kesulitan yang berarti.

Tidak Ada Iklan

Sound of Text menyediakan layanan yang bisa diakses secara gratis. Meski begitu, situs yang satu ini sangat mengutamakan kenyamanan pengguna. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya tampilan iklan, baik jenis banner maupun iklan pop up.

Hal ini bertolak belakang dengan kebanyakan situs yang memang bekerja sama dengan penyedia iklan untuk mendapatkan uang dari pemasangan iklan.

Absennya iklan dari laman SoT justru membawa pengaruh positif bagi pengguna. Kamu bisa menggunakan seluruh fitur di laman tersebut tanpa gangguan.

Bisa Buat Suara Sesuai Keinginan

Keunggulan yang berikutnya dari SoT adalah pengguna bisa memanfaatkannya untuk membuat suara sesuka hati. Kamu bisa memasukkan kalimat atau kata-kata apa pun untuk diubah menjadi suara.

Tersedia Puluhan Bahasa

Sound of Text sudah mendukung berbagai bahasa yang populer dari seluruh belahan dunia. Artinya, pengguna dari seluruh dunia bisa menggunakan situs satu ini untuk menghasilkan suara sesuai dengan bahasa yang dipakai.

Beberapa contoh bahasa yang tersedia antara lain bahasa Indonesia, Melayu, Mandarin, Rusia, Belanda, Inggris, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu ingin membuat suara bahasa Indonesia yang aksennya seperti bule, coba saja menggunakan bahasa Inggris. Untuk teksnya bisa kamu isi dengan kalimat bahasa Indonesia.

Hasil Suara Berkualitas

Keunggulan yang terakhir dari Sound of Text ada pada kualitas suara yang dihasilkan. File MP3 yang kamu download dari situs ini terdengar begitu jernih dan pelafalannya pun jelas. Meski berkualitas tinggi, ukuran filenya tidak terlalu besar.

Baca Juga  Download WA iPhone Mod Apk Versi Terbaru 2022 Official

Ukuran file MP3 yang dihasilkan akan semakin besar kalau kamu mengubah suara dari kalimat yang panjang. Semakin panjang durasi, ukuran filenya juga semakin besar.

Kekurangan Sound of Text

Kekurangan Sound of Text

Meski ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh situs SoT, ternyata situs ini juga punya beberapa kekurangan. Hal tersebut akan dijelaskan lebih lengkap di bawah ini.

Tidak Ada dalam Bentuk Aplikasi

SoT sejauh ini baru tersedia dalam bentuk situs web. Tool text to speech yang satu ini belum tersedia dalam bentuk aplikasi. Jadi, untuk mengakses SoT, kamu harus menggunakan web browser.

Padahal sebagian pengguna lebih menyukai tool dalam bentuk aplikasi, baik aplikasi mobile maupun desktop.

Tidak Bisa Mengonversi Banyak Kalimat Sekaligus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, SoT hanya dapat mengonversi teks sebanyak 200 karakter dalam satu sesi. Hal ini menjadi kekurangan tersendiri. Apalagi untuk pengguna yang ingin mengubah teks berupa cerita.

Kalau ingin mengubah teks panjang menjadi suara, kamu harus melakukannya berulang kali. Ubah teks sedikit demi sedikit sampai selesai. Hal ini sangat merepotkan karena file yang dihasilkan juga akan terpisah menjadi beberapa part.

Belum Tersedia Pilihan Suara Wanita/Pria

Kekurangan atau kelemahan yang terakhir dari Sound of Text adalah belum tersedia opsi untuk menggunakan suara pria atau wanita. Hal ini sangat disayangkan karena dalam teknologi text to speech sendiri sudah tersedia opsi tersebut.

Suara yang dihasilkan akan lebih menarik jika SoT menyediakan opsi suara pria, wanita, atau anak-anak. Semua saja SoT akan membarui fiturnya di kemudian hari.

Cara Menggunakan Sound of Text

Cara Menggunakan Sound of Text

Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangan dari situs SoT, sekarang kamu bisa mempelajari bagaimana cara menggunakannya. Yuk, perhatikan tutorial yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Siapkan Browser

Karena SoT saat ini hanya tersedia dalam bentuk situs web, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan browser. Kamu bisa memakai browser apa pun, contohnya seperti Safari, Chrome, Firefox, Opera, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menggunakan browser di perangkat apa pun, baik perangkat mobile maupun desktop. Selain browser, pastikan juga bahwa perangkat kamu terhubung dengan koneksi internet. Untuk hal ini, kamu dapat menggunakan jaringan seluler maupun Wi-Fi.

2. Kunjungi Situs Sound of Text

Kalau sudah mempersiapkan perangkat, browser, dan internet, sekarang kamu bisa mengunjungi laman web SoT. Situs ini memiliki alamat di https://soundoftext.com/. Untuk mengunjungi URL atau alamat tersebut, ikuti tutorial yang ada di bawah ini.

  1. Klik address bar yang ada di browser, umumnya ada di bagian atas.
  2. Kemudian ketik alamat “soundoftext.com”.
  3. Tekan tombol Enter atau Go pada keyboard.
  4. Setelah itu, browser akan mulai loading. Tunggu saja sampai proses tersebut selesai dan kamu bisa melihat tampilan paling awal dari situs SoT.

3. Masukkan Text

Begitu Sound of Text selesai dimuat, kamu akan langsung melihat tampilan paling awal dari situs tersebut. Di halaman utama itulah kamu akan melihat text box. Yang harus kamu lakukan sekarang adalah memasukkan teks yang akan diubah menjadi suara.

Jumlah karakter dibatasi sebanyak 200. Jadi, mencapai karakter ke-200, kamu tidak akan bisa mengetik teks lagi.

4. Pilih Bahasa

Setelah memasukkan teks yang akan diubah menjadi suara atau sound, sekarang kamu dapat memilih jenis bahasa. Pilihan bahasa akan ditampilkan pada bagian yang bernama “Voice”. Pastikan kamu memilih bahasa yang tepat agar output audio sesuai dengan keinginan.

5. Konversi Teks Menjadi Audio

Pada langkah 3 dan 4, kamu sudah memasukkan teks yang akan dikonversi serta jenis bahasa yang dipakai. Berikutnya, kamu bisa mulai konversi teks menjadi audio. Caranya adalah dengan klik pada tombol “Submit”.

Baca Juga  Contoh Kata-Kata Auto Reply WhatsApp Secara Menarik dan Unik

6. Download MP3

Audio hasil konversi teks tadi akan ditampilkan di bagian bawah, lebih tepatnya di section bernama Sounds. Untuk mendengarkan hasilnya, kamu dapat mengeklik tombol menu Play. Pastikan bahwa audio tersebut terdengar sesuai keinginan kamu.

Kalau masih belum sesuai, ulangi langkah 3 hingga 5. Jangan lupa untuk memastikan penggunaan tanda baca sudah benar. Pasalnya, hal tersebut akan memengaruhi hasil audio.

Apabila hasilnya sudah memuaskan, kamu bisa langsung mengeklik tombol Download. Tidak perlu menunggu waktu lama, file MP3 akan langsung didownload secara otomatis. Waktu yang diperlukan juga tidak lama.

7. Gunakan Audio Sesuai Kebutuhan

Sampai di sini, kamu sudah mendapatkan file hasil konversi dari teks menjadi audio dalam bentuk MP3. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan file tersebut sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa menggunakannya untuk mengisi suara di video, menjadi ringtone, dan masih banyak lagi.

Alternatif Sound of Text

Selain SoT yang sudah dibahas secara lengkap di atas, di internet masih tersedia berbagai pilihan situs text to speech. Di bawah ini terdapat beberapa alternatif yang bisa kamu kunjungi dan gunakan untuk mengubah teks menjadi audio.

Myinstants

Myinstants

Alternatif yang pertama ada Myinstants yang dapat kamu akses melalui alamat berikut ini https://www.myinstants.com/. Situs yang satu ini punya konsep yang berbeda dengan SoT. Kamu tidak akan menemukan fitur untuk konversi text menjadi audio.

Myinstants menyediakan audio dari berbagai karakter, contohnya seperti Doraemon, Spongebob, dan sebagainya. Ada juga sound effects dari berbagai game atau film. Kamu bisa mendengarkan audio-audio yang tersedia terlebih dahulu.

Jika menyukainya, kamu dapat langsung mendownload atau membagikannya dengan cara menekan tombol Share.

Fakeyou

Fakeyou

Berikutnya ada situs yang bernama Fakeyou. Untuk mengakses ke situs tersebut, klik pada alamat berikut ini https://fakeyou.com/. Kalau situs yang satu ini punya konsep dan cara kerja yang mirip seperti Sound of Text.

Fakeyou dapat kamu pakai untuk cloning atau memalsukan suara kamu sendiri. Namun fitur ini bisa digunakan by request. Untuk bisa menggunakannya, kamu juga harus mengisi data pada formulir terlebih dahulu.

Selain itu, Fakeyou juga menyediakan fitur text to speech. Kamu perlu memilih jenis bahasa yang akan digunakan, jenis suara (wanita, pria, anak-anak, dll), Kemudian masukkan teks yang akan kamu ubah menjadi suara.

Fitur yang dimiliki oleh Fakeyou ternyata lebih lengkap dari SoT. Kamu bisa mengeksplorasi lebih banyak hal pada situs yang satu ini.

Botika

Botika

Berikutnya ada Botika. Alamatnya ada di https://botika.online/. Keunggulan dari situs yang satu ini adalah tersedia berbagai jenis dan intonasi suara. Misalnya ada suara yang terdengar lebih formal, santai, dan sebagainya.

Tidak sedikit yang menggunakan Botika untuk membuat suara pengumuman atau voice over di video. Kamu juga memilih suara pria maupun wanita di Botika. Menarik, bukan?

Responsive Voice

Responsive Voice

Alternatif situs terakhir yang mirip seperti Sound of Text adalah Responsive Voice (https://responsivevoice.org/). Saat pertama kali membuka laman ini, kamu akan disambut dengan suara wanita yang memperkenalkan Responsive Voice.

Di sini, kamu bisa langsung mengetik teks yang akan diubah menjadi suara. Selanjutnya, kamu dapat memilih bahasa serta jenis suara yang akan dipakai. Contohnya English UK – Female yang menghasilkan suara wanita berbahasa Inggris aksen British atau UK.

Situs Sound of Text dan berbagai alternatif situs text to speech lainnya sangat membantu untuk membuat voice over video. Kamu juga dapat memaksimalkan fungsinya untuk membuat suara pengumuman, ringtone, dan masih banyak lagi.