Cara Mengganti Username Shopee Terlengkap dengan Mudah

Koranpangkep.co.id – Mengganti username di Shopee merupakan hal yang tidak terlalu sulit untuk dicoba. Namun, memang perlu harus memerhatikan beberapa syarat dalam mengganti username di Shopee.

Beberapa orang menginginkan untuk mengganti username di Shopee dikarenakan pengin mengubah akun pribadi atau pembeli menjadi akun penjual.

Dan terdapat juga beberapa orang yang mengganti username di Shopee hanya untuk membuatnya lebih simpel. Username adalah sebuah nama yang kita pilih sendiri sesuai keinginan kita untuk dapat mengakses akun Shopee lebih mudah.

Username digunakan tidak hanya di aplikasi Shopee, kita juga dapat menggunakan username untuk aplikasi lainnya, seperti aplikasi market place, games, dan social media.

Tentang Shopee

Aplikasi Shopee

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Shopee? Shopee mengklaim menjadi No.1 Belanja Online dan berkembang pesat di Asia Tenggara.

Shopee juga menduduki peringkat 1 dalam kategori “Shopping” via App Store dan mendapatkan 4.6 / 5 bintang dari 877.000 orang. Platform Shopee adalah situs elektronik komersial marketplace yang berkantor pusat di Singapura.

Platform ini mulai memasuki Indonesia pada Desember 2015. Lalu, TheAsianParent mengungkapkan pada tahun 2017, Shopee menjadi platform belanja online pertama bagi para ibu di seluruh Indonesia.

Melihat dari kesuksesan Shopee, mungkin beberapa dari kamu bertanya “Siapakah CEO Shopee sebenarnya?” CEO Shopee yaitu Chris Feng, seorang pengusaha muda yang berasal dari Singapura.

Shopee merilis platform belanja online pada 2015 di 7 negara Asia, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Taiwan, Filipina, dan Singapura.

Selanjutnya pada tahun 2019, Shopee menjadikan salah satu negara di Amerika Selatan yaitu Brazil sebagai negara selanjutnya.  Shopee Indonesia sendiri selalu melakukan pembaharuan setiap waktunya.

Oleh karena itu, pada April 2020 Shopee Indonesia mulai meluncurkan program terbaru mereka, yaitu program penjualan makanan dan minuman siap saji. Program tersebut diberi nama dengan Shopee Food.

Fitur-Fitur Di Shopee

Fitur-Fitur Di Shopee

Selain mengganti username di Shopee, kedudukan Shopee sebagai aplikasi market place sudah pasti memiliki berbagai fitur yang menarik dan dapat membantu pengguna Shopee baik pembeli maupun penjual.

Baca Juga  2 Cara Bayar Di Indomaret Pakai Shopeepay Qris Dan Kasir

Bila kamu belum mengetahuinya, berikut adalah beberapa fitur Shopee yang dapat kami rangkum:

1. Live Video

Shopee Live Video berguna untuk para penjual yang ingin mempromosikan barang dagangannya melalui Live. Para calon pembeli akan menonton dan mereka akan bertanya tentang produk kamu.

2. Shopee Feed

Penjual berkesempatan untuk memposting barang dagangannya melalui akun mereka dan pembeli dapat melihatnya di profil penjual.

3. Berbelanja Dengan Garansi

Shopee memberikan garansi 10 hari kepada para pembeli untuk mengkonfirmasi bahwa barang sudah diterima. Fitur ini berfungsi agar terhindar dari penipuan.

4. Berbelanja Dengan Proteksi Kerusakan

Shopee akan melindungi produk yang akan kita beli dari kerusakan atau kerugian total selama 6 bulan. Namun, kita harus membayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tidak perlu khawatir karena harga proteksi kerusakan tidak terlalu besar.

5. Gratis Ongkir

Semenjak berdirinya platform belanja online yang satu ini, tidak henti-hentinya untuk memberikan gratis ongkir kepada para pembeli. Namun, untuk saat ini, Shopee hanya memberikan gratis ongkir sesuai ketentuan yang berlaku.

6. Cash On Delivery (COD)

Selain dapat membayar produk yang akan kita beli via transfer bank atau mini market, Shopee juga memberikan fitur Cash on Delivery yaitu para pembeli dapat membayar barang tersebut secara cash ketika barang sudah sampai di rumah.

Pembayaran cash tersebut diberi kepada kurir yang mengantar barang.

7. Beragam Tawaran

Berbagai penawaran menarik dihadirkan oleh market place satu ini. Membuat para pembeli selalu ingin membeli berbagai produk yang ditawarkan.

Shopee juga memberikan tawaran yang menarik setiap bulannya dengan menggunakan tanggal kembar. Beberapa fitur beragam tawaran dari Shopee yaitu, Flash Sale, Super Sale 5.5, Great Sale 11.11, Sale 25.25, dan sebagainya.

Kegunaan Username Shopee

Kegunaan Username Shopee

Seperti pada aplikasi lainnya, username yang kita miliki dapat mempermudah para penjual maupun pembeli untuk mengakses atau log-in ke aplikasi Shopee. Biasanya username akan dibarengi dengan sebuah password.

Username dapat dikatakan sebagai ID pengguna kita terhadap aplikasi tertentu. Sedangkan password bersifat rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang lain.

Selanjutnya, username juga dapat digunakan sebagai ID e-wallet saat menggunakan metode pembayaran via ShopeePay.  Tak hanya itu, username juga berfungsi sebagai ID kita saat bertransaksi melalui platform ini.

Bila kamu menginginkan mengganti username di Shopee, simak dengan baik artikel berikut ini.

Syarat Mengganti Username Di Shopee

Syarat Mengganti Username Di Shopee

Bila kamu adalah pengguna lama Shopee dan menginginkan untuk mengganti username di Shopee, perhatikan berikut ini. Untuk mengganti username di Shopee, terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan, beberapa diantaranya yaitu:

  • Penggunaan username baru pastikan setidaknya memiliki 5 hingga 30 karakter (termasuk huruf, angka, garis bawah, titik, dan tanpa spasi)
  • Pastikan mengganti username di Shopee dengan nama atau username yang tidak melanggar kebijakan Shopee.
  • Pihak Shopee akan meninjau lebih lanjut mengenai username baru kamu hingga status terkonfirmasi dalam kurun waktu 2 x 24 jam.
  • Pihak Shopee memberikan kesempatan pada kamu untuk mengganti username di Shopee 1 kali dalam kurun waktu 30 hari.
Baca Juga  Cara Daftar Akun Shopee Penjual Atau Pembeli Langsung Jadi!

Bila kamu tidak bisa mengganti username di Shopee, kami sarankan kamu untuk menghubungi Seller Centre.
Kami sarankan untuk tidak terlalu sering mengganti username di Shopee.

Tutorial Mengganti Username Di Shopee

Tutorial Mengganti Username Di Shopee

Bila kamu ingin mengganti username di Shopee, terdapat beberapa langkah yang dapat kamu lakukan. Selain itu, mengganti username di Shopee juga dapat dilakukan melalui beberapa cara.

1. Mengganti Username Di Shopee Melalui Aplikasi Shopee

Terkadang kamu ingin mengubah username yang kamu miliki karena merasa username yang dimiliki kurang bagus atau mungkin tidak mencerminkan identitasmu.

Maka dari itu, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti ketika ingin mengganti username di akun Shopee melalui aplikasi.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Klik ikon “Saya” pada kolom pojok kanan bawah di layar kamu
  3. Lalu, klik ikon roda bergerigi sebagai penanda untuk “Pengaturan” yang terdapat di kolom atas pada layar kamu.
  4. Tahap berikutnya, klik tab “Profil Saya”
  5. Selanjutnya Klik “Username”
  6. Ganti username kamu dengan ketentuan yang sesuai dan keinginan kamu
  7. Bila sudah yakin dengan username baru kamu, klik “Simpan”

2. Mengganti Username Di Shopee Sebagai Penjual Via Aplikasi Shopee

Ketika berjualan di Shopee, kamu tentu memiliki nama toko atau nama sebagai penjual dimana kamu akan dikenal dengan nama tersebut. Nama toko yang kamu miliki biasanya harus memiliki makna dan mudah diingat oleh pembeli bukan?

Maka, ketika username toko yang kamu miliki tidak lagi mencerminkan toko atau produk yang dijual kamu pasti ingin menggantinya. Berikut adalah langkah yang bisa kamu ikuti jika hendak mengganti username sebagai penjual melalui aplikasi shopee langsung.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Klik ikon “Saya” yang terdapat di pojok kanan bawah layar
  3. Klik ikon “Pengaturan” yang terdapat di kolom atas
  4. Klik “Profile Saya”
  5. Selanjutnya, klik “Username”
  6. Masukkan username baru kamu
  7. Shopee akan mengarahkan penjual ke halaman “Ubah Profil” dan akan terlihat sebuah pesan pop-up ‘berhasil diubah’
    Bila pesan pop-up ‘Username hanya diganti sekali dalam 30 hari’ dapat diartikan bahwa penjual tidak dapat mengubah username dalam kurun 30 hari.

3. Mengganti Username Di Shopee Sebagai Penjual Via Seller Centre

Sebagai penjual, tentunya kamu memiliki berbagai pilihan untuk dapat mengganti username di Shopee. Selain mengganti username di Shopee melalui aplikasi, kamu juga dapat menggantinya melalui Seller Centre Shopee.

Baca Juga  3 Penyebab Shopee Paylater Terkunci Serta Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah langkah yang dapat kamu coba untuk mengganti username di Shopee sebagai penjual via Seller Centre.

  1. Log-in menggunakan username dan password Shopee kamu melalui website seller.shopee.co.id
  2. Klik “Akun” dan masukan password untuk dapat mengakses fitur ini
  3. Klik “Ubah” yang terdapat di sebelah kanan “Profile Saya”
  4. Masukkan username baru yang kamu inginkan dan sesuai dengan ketentuan dari Shopee
  5. Bila username dapat diterima oleh pihak Shopee, maka penjual akan mendapatkan pesan pop-up untuk mengkonfirmasi penggantian username
  6. Klik “Simpan”
  7. Kamu akan diarahkan untuk log-in kembali menggunakan username terbaru kamu.

Cara Membuat Akun Di Shopee

Untuk dapat melakukan jual beli di platform ini, kamu diwajibkan untuk memiliki akun. Bila kamu belum memiliki akun Shopee, berikut langkah-langkah yang dapat kamu perhatikan untuk membuat akun Shopee:

1. Membuat Akun Shopee Sebagai Pembeli

Kini pembelian barang atau kebutuhan sudah bisa dibeli secara online dan sangat mudah untuk dilakukan. Mayoritas orang pasti memiliki satu akun dari platform belanja online, termasuk Shopee yang memiliki tawaran gratis ongkir.

  1. Install aplikasi Shopee di AppStore maupun Playstore kamu
  2. Tunggu sampai selesai
  3. Bila sudah selesai, klik “Saya” pada kolom pojok kanan bawah kamu
  4. Selanjutnya, klik “Daftar”
  5. Masukkan nomor telepon yang akan kamu gunakan
  6. Klik “Berikutnya” kemudian kamu dapat melakukan verifikasi puzzle yang diberikan oleh Shopee
  7. Shopee akan mengirimkan kode OTP ke nomor telepon kamu sebagai verifikasi lanjutan
  8. Klik “Berikutnya” lalu atur kata sandi sebagai password akun shopee kamu
  9. Klik “Daftar” dan lengkapi informasi kamu yang diminta oleh Shopee, seperti nama lengkap, e-mail, nomor telepon, alamat, username, dan sebagainya.

2. Membuat Akun Shopee Untuk Menjadi Penjual

Ada permintaan tentu diiringi dengan adanya penawaran. Maka, pembeli juga tidak luput dari penjual. Di platform Shopee ini, kamu tidak hanya menjadi pembeli tetapi juga bisa menjadi penjual yang menyediakan berbagai kebutuhan. Berikut ini adalah langkah untuk membuat akun Shopee sebagai penjual.

  1. Install aplikasi Shopee melalui AppStore atau Playstore
  2. Tunggu sampai selesai
  3. Bila sudah selesai, klik “Saya” yang terdapat pada pojok kanan bawah layar
  4. Klik “Mulai Jual”
  5. Masukkan nama toko kamu yang belum dipakai di Shopee, deskripsi toko, dan deskripsi gambar
  6. Klik “Simpan”

Akhir Kata

Demikianlah artikel pada hari ini mengenai Cara Mengganti Username di Shopee. Semoga dapat bermanfaat. Mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!