Cara Download Dan Mencari Jurnal di Google Scholar 2022

KoranPangkep.co.id – Cara download dan Mencari jurnal di google scholar merupakan hal wajib yang perlu diketahui pada masa kini. Hal tersebut merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pelajar ataupun pendidik.

Tentunya, dengan tau cara download dan juga mencari jurnal di google scholar,  akan mendapatkan banyak jurnal yang kredibel dibandingkan jika kamu mencari langsung di google.

Mungkin banyak orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya google scholar. Itu adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh google yang bisa memudahkan kamu untuk mencari berbagai artikel jurnal milik orang lain. Biasanya, jurnal yang kamu cari melalui google scholar ini cukup kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan.

Hal itulah yang membuat banyak oraang perlu mengetahui kemampuan dalam cara download dan mencari jurnal di google scholar ini dengan baik. Jadi bila kamu belum paham dengan caranya, ikuti pembahasan kali ini ya. Dalam artikel ini akan dijelaskan lengkap tentang cara download dan juga mencari jurnal di google scholar.

Apa Itu Google Scholar?

Apa Itu Google Scholar

Google scholar atau dalam bahasa Indonesianya diartikan sebagai google cendekia merupakan fasilitas dari google yang bisa memampukan penggunanya untuk mencari jurnal. Google scholar ini sudah rilis sejak tahun 2004 dan sudah banyak menyimpan jurnal-jurnal online yang diterbitkan dalam bentuk publikasi ilmiah.

Namun ternyata, google scholar ini tidak hanya berfokus kepada jurnal ilmiah saja, melainkan juga beberapa paper resmi lainnya. Adapun yang bisa kamu cari di google scholar adalah buku, thesis, makalah peer review, artikel, dan juga abstrak.

Biasanya paper dan tulisan tersebut berasal dari institusi besar seperti universitas, komunitas profesional, organisasi akademis, dan pusat data pracetak.

Bedanya jika kamu tau cara download dan mencari jurnal di google scholar ini dibandingkan dengan di google biasa adalah soal kredibilitas. Di google scholar ini tidak sembarang artikel atau paper muncul di laman hasil pencairan, melainkan adanya pengurutan. Hal ini berarti bahwa google scholar melihat kelengkapan keseluruhannya dari sebuah artikel.

Baca Juga  Snaptik APK: Download Video TikTok No Watermark yang Populer

Google scholar melihat berbagai aspek mulai dari tampilan artikel, literatur yang digunakan, dan juga kutipan artikelnya. Bila semakin lengkap aspek tersebut, maka google scholar akan menampilkan artikel ataupun tulisan itu sebagai yang muncul pertama kali.

Dengan demikian, maka kamu akan dapat melihat artikel yang paling relevan dengan pencarian kamu berada di paliing atas ataupun di halaman pertama pencarian.

Keuntungan Menggunakan Google Scholar

Keuntungan Menggunakan Google Scholar

Bila kamu masih mempertimbangkan untuk menggunakan google scholar, kamu harus paham dulu keuntungan dan juga manfaat dari google scholar. Berikut ini beberapa penjelasan yang bisa kamu pahami.

  • Bisa diakses dengan mudah. Manfaat yang pertama adalah google scholar ini bisa kamu gunakan dengan mudah di mana pun dan kapan pun. Kamu tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan dan mencari buku fisiknya. Kamu bisa mengakses seabagai yang mencari artikel ataupun yang memberikan artikel.
  • Mencari sumber dengan cepat. Karena kamu bisa mengakses segala artikel akademis dengan mudah, maka proses yang dilakukan juga terhitung sangat cepat. Bila dibandingkan dengan mencari buku fisik, maka mencari melalui google scholar ini tentunya lebih cepat dengan proses yang singkat.
  • Menghemat penyimpanan. Dengan menggunakan ini, kamu bisa tau cara download dan juga mencari jurnal elektronik di google scholar tanpa perlu menyimpan banyak buku. Paling kamu hanya membutuhkan ruang penyimpanan hp sekitar maksimal 50 mb untuk artikel.
  • Dapat digunakan dengan gratis. Mungkin inilah keuntungan yang paling dicari oleh para pelajar yakni tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Tentunya ini sangat berbeda jika kamu harus membeli buku ataupun menggunakan web lain yang harus berlangganan.

Cara Mendownload Dan Mencari Jurnal Di Google Scholar

Cara Mendownload Dan Mencari Jurnal Di Google Scholar

Jika kamu adalah pengguna baru yang sudah mengetahui tentang google schoolar dan juga memahami keuntungannya, maka kamu juga perlu belajar untuk tau cara download dan mencari jurnal di google schoolar.

Cara Cari Jurnal Di Google Scholar

Sebelum mengetahui cara download jurnal, pastikan kamu paham cara mencari jurnal di google schoolar. Inilah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Pastikan kamu memiliki akun gmail pribadi. Ini akan dibutuhkan untuk melakukan login. Bila kamu belum memilikinya, maka kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.
  2. Kamu bisa ketik schoolar google pada pencarian ataupun browser kamu. Atau jika ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa klik disini untuk diarahkan langsung ke web nya.
  3. Kamu bisa mengisi biodata terlebih dahulu. Pastikan biodata ini kamu isi dengan benar dan lebih baik jika menggunakan email dari institusi kamu.
  4. Jika sudah, kamu akan diarahkan ke halaman utama dari google schoolar. Kamu bisa langsung cari berdasarkan yang kamu butuhkan. Mulai dari mencari artikelnya, mencari penulis, ataupun mencari institusi yang menaunginya.
  5. Kamu langsung mencari jurnal apa yang diinginkan di google schoolar.
  6. Billa sudah melakukan pencarian, google schoolar akan menampilkan hasil  pencarian tersebut berdasarkan yang paling relevan dengan keyword kamu.
  7. Kamu bisa melakukan pengaturan juga terhadap pencarian jurnalnya. Misalnya kamu mau membatasi tahun terbit jurnal, maka kamu tinggal lihat menu sebelah kiri. Disitu ada berbagai kotak-kotak dengan rentang tahun. Kamu bisa atur dan sesuaikan dengan kebutuhkan.
  8. Selain bisa mengatur tahun, kamu juga bisa mengatur bahasa dari jurnal yang ingin kamu peroleh. Pengaturannya juga ada disebelah kiri dan kamu bisa pilih berbagai bahasa yang ingin digunakan. Biasanya untuk jurnal sendiri, kebanyakan orang menggunakan jurnal bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.
  9. Apabila semua setting yang kamu butuhkan sudah sesuai, maka kamu akan bisa mencari jurnal dengan mudah. Google scholar telah menyediakan berbagai akses ke jurnal ataupun materi akademis.
Baca Juga  Cara Membuat Google Docs Untuk Pemula di HP dan Bisa Diedit

Cara Download Jurnal Di Google Scholar

Jika kamu sudah mengetahui cara cari, maka perlu juga tau cara download jurnal di google schoolar. Ini akan sangat bermanfaat apabila kamu ingin membaca jurnal secara offline. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Masuk ke google schoolar dan buka pencariannya
  2. Ketik topik jurnal yang ingin kamu cari
  3. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu
  4. Kemudian klik dan kamu nantinya akan diarahkan ke laman resmi dari penerbit jurnal tersebut. Kamu bisa scrol hingga melihat “Read Full PDF”
  5. Klik read full PDF.
  6. Kamu bisa membaca jurnal tersebut secara online.
  7. Bila ingin mendownloadnya, kamu tinggal klik ikon unduh dan jurnal tersebut akan tersimpan di penyimpanan internal kamu.

Tips Dalam Cara Mencari Jurnal Di Google Scholar

Tips Dalam Cara Mencari Jurnal Di Google Scholar

Selain ada cara download dan juga mencari jurnal di google schoolar, artikel ini juga akan memberikan tips yang bisa mempermudah kamu dalam mencari jurnal yang pas dan sesuai dengan kebutuhan. Inilah tips yang bisa kamu pahami dan terapkan dalam mencari jurnal di google schoolar

  • Cara pertama adalah mencari jurnal dengan mengetikkan kata kunci pada google schoolar. Kata kunci atau keyword ini akan sangat menentukan hasil pencarian kamu. Lebih baik jika kamu menggunakan kata kunci yang spesifik dari topik jurnal yang ingin kamu dapatkan.
  • Melihat jumlah viewers dan unduhan dari jurnal. Ini juga merupakan salah satu tips penting untuk kamu terapkan. Kamu perlu melihat jumlah viewers dan juga unduhan dari jurnal untuk mengetahui seberapa favorit nya jurnal tersebut. Semakin banyak yang melihat, maka semakin kredibel.
  • Lihat akreditasi dan doi jurnal. Tips selanjutnya adalah kamu perlu melihat doi jurnal. Biasanya, dengan doi jurnal ini akan memudahkan kamu untuk bisa melakukan pencarian. Akreditasi ini juga berpengaruh terhadap kualitas dari suatu jurnal.
  • Baca abstrak dari jurnal. Cara mencari jurnal di google schoolar juga harus disertai dengan cara membaca abstrak. Agar kamu bisa mengetahui pembahasan dari jurnal tersebut apakah sesuai dengan yang kamu cari atau tidak, maka kamu perlu membaca abstraknya terlebih dahulu.
Baca Juga  Cara Membuat Google Docs Untuk Pemula di HP dan Bisa Diedit

Rekomendasi Web Untuk Mencari Jurnal Akademis

Ternyata, selain cara mencari jurnal di google schoolar, kamu juga bisa melakukan pencarian di berbagai web lainnya. Berikut ini beberapa rekomendasi website yang bisa kamu gunakan.

Ebsco

Rekomendasi pertama adalah ebsco. Melalui web ini, kamu bisa mencari jurnal bahkan buku dengan lengkap. Jurnal yang ada di web ini juga bukan hanya jurnal lokal, melainkan juga jurnal internasional. Web satu ini biasa digunakan oleh para tenaga pengajar sebagai cara mencari jurnal lengkap selain di google scholar. Tetapi, web satu ini perlu berbayar dan berlangganan.

Perpusnas Atau Perpustakaan Nasional

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan perpusnas. Selain ada perpustakaan fisiknya, ternayata perpusnas juga menyediakan pelayanan online dimana kamu bisa mencari jurnal dan berbagai buku hanya dengan melalui internet. Oleh karena itu, selain cara mencari jurnal di google schoolar, kamu juga bisa mencoba mencari jurnal di web perpusnas.

Akhir Kata

Sampai disini dulu pembahasan tentang cara download dan mencari jurnal di google scholar. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk memahami donwload dan juga cari jurnal akademis yang kredibel. Terima kasih sudah mengikuti pembahasan ini dan maaf apabila masih terdapat kekurangan.