Cara Mengatasi WhatsApp Lemot Di Semua Device Terbaru 2022

Koranpangkep.co.id – Cara Mengatasi WhatsApp Lemot, Ketika kamu sedang memakai aplikasi pesan instan WhatsApp atau yang biasa disebut dengan WA, terkadang sebagian pengguna pasti mengalami WA secara tiba-tiba menjadi lemot atau lambat. Bahkan bukan cuma itu saja pengguna juga pasti ada yang merasakan tiba-tiba terhendi dari aplikasi dan tidah bisa melakukan instruksi selanjutnya.

Hal tersebut tentu bisa disebabkan karena ada yang janggal. Bisa saja hal tersebut terjadi karena cache data yang sudah penuh atau aplikasi whatsapp yang belum kamu update versi baru.

Cache data adalah data sementara yang terdapat di dalam aplikasi yang telah kamu instal di ponsel. Data-data ini lah yang akan disimpan ke dalam memori ponsel kamu dan bersifat sementara atau tidak permanen.

Lalu, bagaimana Cara Mengatasi WhatsApp Lemot? Dibawah ini kami akan menjelaskan beberapa cara mengatasi whatsapp lemot ketika sedang digunakan oleh kamu.

Apa Itu WhatsApp?

Apa Itu WhatsApp

Sebelum membahas lebih jauh soal Cara Mengatasi WhatsApp Lemot kami akan menjelaskan tentang aplikasi whatsapp ini terlebih dahulu agar kalian mengerti asal mula aplikasi whatsapp.

WhatsApp diciptakan oleh Brian Acton dan Jan Koum, yang sebelum itu adalah karyawan di Yahoo. Kemudian sudah beberapa bulan pada mode beta, rilis pertama secara resmi WhatsApp pada November 2009, eksklusif pada App Store yang ada di iPhone.

WhatsApp adalah sebuah layanan pesan singkat yang telah diluncurkan untuk pengguna ponsel Android dan iOS. Aplikasi ini sudah sangat populer digunakan untuk mengirim pesan, melakukan panggilan suara, hingga berbagi momen keseharian. Bahkan penggunanya sudah sampai Lebih dari 2 miliar pengguna di lebih dari 180 negara di seluruh dunia.

Lantas, kita lanjut bahas ke topik awal  yaitu Cara Mengatasi WhatsApp Lemot. Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

1. Hapus Cache Dan Data Aplikasi

1. Hapus Cache Dan Data Aplikasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, WhatsApp mungkin berjalan lambat karena data cache aplikasi penuh. Ini normal karena aplikasi ini digunakan hampir setiap hari karena banyak pesan teks, media, dan file yang ditransfer atau diterima. Inilah langkah-langkah Cara Mengatasi WhatsApp Lemot.

Baca Juga  Cara Unmute Story WA (Whatsapp) & Cara Mengembalikannya

Dengan demikian, mengosongkan cache dan data aplikasi dapat mengatasi keterlambatan atau masalah apa pun yang mungkin kamu alami di WA.

  1. Cara menghapus cache WhatsApp di smartphone:
  2. Buka pengaturan smartphone
  3. Pilih “Aplikasi”
  4. Ketuk “Kelola aplikasi”
  5. Temukan “Whats app”
  6. Ketuk “Hapus data” di menu bawah

Harap dicatat bahwa metode ini diterapkan pada ponsel yang menjalankan Android versi 9. Untuk pengguna Android atau iPhone versi lain, mereka mungkin memiliki tata letak atau fitur menu yang berbeda.

2. Menghapus Message WhatsApp Yang Lama

2. Menghapus Message WhatsApp Yang Lama

Ini awal Cara Mengatasi WhatsApp Lemot, salah satu alasan mengapa WhatsApp kamu tiba-tiba lemot ketika sedang menerima terlalu banyak pesan. Apalagi jika kamu sudah lama menggunakan Whatsapp. Ini membuat aplikasi mengubur banyak percakapan atau obrolan lama untuk menjadikannya chat yang menumpuk.

Untuk menghindarinya, kamu dapat menghapus beberapa pesan yang kedaluwarsa atau tidak lagi penting. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus pesan WhatsApp:

Cara Menghapus Pesan Whatsapp

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah open aplikasi WhatsApp kamu
  2. Pilih room chat yang akan kamu hapus lalu tekan beberapa saat hingga ikon delete muncul di bagian atas menu
  3. Setelah itu kamu klik ikon “sampah”
  4. Pilih kemudian “Delete”

Sebelumnya harus kamu ketahui dahulu, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mendelete pesan WA. Selain cara di atas yang kami jelaskan, kamu juga dapat menghapus pesan WA secara otomatis dalam durasi tertentu.

3. Update Aplikasi WhatsApp

3. Update Aplikasi WhatsApp

Cara lain untuk mengatasi WhatsApp lemot adalah dengan memperbarui aplikasi melalui Play Store (Android) atau App Store (iPhone). WhatsApp mungkin lambat karena pengguna masih menggunakan WhatsApp versi lama.

Hal ini menyebabkan aplikasi menjadi tidak responsif dan menurunkan performa. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu memeriksa pembaruan WhatsApp dan memperbaruinya segera setelah tersedia.

4. Bersihkan RAM Smartphone Kamu

4. Bersihkan RAM Smartphone Kamu

Ketika RAM kamu sudah mulai penuh karena menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, itu akan menurunkan kinerja beberapa aplikasi. Salah satunya membuat WhatsApp lambat dan tidak responsif.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengosongkan RAM di ponsel cerdas kamu dengan menggunakan fitur Pembersih RAM dari aplikasi bawaan atau dengan mengunduh aplikasi pembersih RAM pihak ketiga dari Play Store atau App Store.

Baca Juga  Download WhatsApp Desktop 2.2226.6 Versi Windows 2022

5. Uninstall Aplikasi Dan Instal Ulang

5. Uninstall Aplikasi Dan Instal Ulang

Cara lain untuk mengatasi WhatsApp lambat adalah dengan mencoba dan mencopot pemasangan aplikasi WhatsApp. Setelah dicopot, coba unduh lagi WhatsApp dari Play Store (Android) atau App Store (iPhone).

Pesan dari Tech Untold: Setelah menginstal ulang aplikasi, cobalah untuk tidak mengunduh file cadangan. Pengunduhan data dan file yang berat terkadang dapat menyebabkan aplikasi ditutup. Jika kamu perlu menyimpan beberapa obrolan penting, simpan sebagai file teks di Google Drive terlebih dahulu.

6. Restart Smarpthone Kamu

6. Restart Smarpthone Kamu

Cara mudah untuk Mengatasi WhatsApp Lemot ,saking lamanya hp kamu tidak di restart bisa memperlambat WhatsApp. Ada cara ampuhnya yaitu dengan mencoba memulai ulang ponsel kamu atau restart hp.

Tujuan restart adalah untuk menyegarkan perangkat kamu. Ini juga akan membersihkan cache dari RAM yang digunakan, sehingga WhatsApp dapat digunakan kembali dengan mudah alih-alih lambat.

Pengguna disarankan untuk me-restart telepon dan WhatsApp seminggu sekali untuk menghindari perlambatan. Berikut ini ialah cara  WhatsApp agar tidak lemot. Kami harap ini membantu kamu.

7. Menghentikan Auto Download WhatsApp

7. Menghentikan Auto Download WhatsApp

Secara default, WhatsApp secara otomatis mengunduh foto atau video jika seseorang mengirim pesan. Juga, jika kamu memiliki beberapa grup WhatsApp, memori kamu dapat dengan cepat terisi karena file diunduh secara otomatis.

Namun kini pengguna dapat mematikan unduhan otomatis. Dibawah ini Cara Mengatasi WhatsApp Lemot di android maupun di iphone.

Di android:

  • Buka WhatsApp, klik tiga titik di atas
  • Pilih Pengaturan
  • Pilih penggunaan data dan penyimpanan kamu
  • Pilih opsi Saat menggunakan data seluler, lalu pilih Foto, Video, Audio, dan Dokumen untuk mengosongkan kotak centang.

Di iPhone:

  • Buka WhatsApp, klik “Pengaturan” di sudut kanan bawah.
  • Pilih penggunaan data dan penyimpanan kamu
  • Klik “Jangan pernah memilih gambar.”
  • Untuk hasil terbaik, lakukan hal yang sama untuk video, audio, dan dokumen.

Sekarang Smart people sudah tahu mengapa WhatsApp begitu lambat. Jika WhatsApp tiba-tiba melambat dan penggunaan WhatsApp kamu tidak sulit, kamu dapat menggunakan beberapa cara di atas.

8. Masalah SIM Card

8. Masalah SIM Card

Untuk sekarang banyak sekali orang memakai dua SIM Card di handphone-nya. Jika kamu sering gonta-ganti memakai WhatsApp dari dua SIM Card itu, kamu disarankan untuk tidak melakukannya. Gunakanlah SIM Card yang nomornya memang sudah terdaftar di akun WhatsApp kamu.

9. Masalah Umur Gadget

9. Masalah Umur Gadget

Pembaruan WhatsApp juga memiliki faktor. Jika WhatsApp kamu sudah lemot, bisa jadi smartphone kamu sudah kedaluwarsa.

Baca Juga  MB Whatsapp iOS iPhone APK Mod Download Terbaru 2022

Akibatnya, ponsel Android atau iPhone kamu tidak mendapatkan pembaruan aplikasi WhatsApp. Nah, jika sudah, solusinya adalah dengan membeli ponsel baru yang kompatibel dan lebih mendukung.

Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending Dan Error

Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending Dan Error

WA bisa menjadi aplikasi chatting terpopuler di dunia dengan miliaran pengguna aktif. WA sangat ramah pengguna dan mudah digunakan dibandingkan dengan aplikasi perpesanan lainnya.

Namun satu hal yang mengganggu pengguna adalah ketika pesan WA macet atau bahkan tidak terkirim. Tapi jangan khawatir, karena kita akan melihat bagaimana Cara Mengatasi WhatsApp Lemot yang belum terselesaikan.

Mengapa WA pending? Salah satu penyebab WA macet atau tidak terkirim adalah penerimaan sinyal yang buruk. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa sinyal pemicu yang digunakan, mungkin hilang atau menyebabkan gangguan.

Tapi masalahnya kenapa whatsapp macet padahal sinyal bagus? Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi jika pesan yang dikirimkan penting. Adapun solusinya, kamu bisa melihat caranya di bawah ini.

1. Mengubah Settingan Network Dari 3G Ke 4G Only

Jika pesan WhatsApp kamu sering pending ataupun lemot, hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah memeriksa internet apa yang kamu gunakan. Karena internet yang kamu gunakan mungkin salah.

Pastikan juga pengaturan ponsel kamu menggunakan jaringan internet terbaik dan pesan WhatsApp dapat dikirim lebih cepat. Jika perlu, ubah pengaturan jaringan seluler ponsel kamu untuk hanya menggunakan jaringan 3G atau 4G.

Untuk mengaturnya, cukup buka menu Pengaturan ponsel kamu > Jaringan lain > Jaringan seluler > Jenis data pilihan > Pilih 3G atau 4G sesuai kebutuhan kamu. Maka internet kamu sudah dalam mode cepat. Lantas, itulah Cara Mengatasi WhatsApp Lemot.

2. Hapus Cache

Seiring dengan berjalannya waktu WhatsApp sudah banyak digunakan, oleh karna itu cache yang dikandung juga akan semakin banyak. Walaupun sebenarnya cache yaitu data yang bisa disimpan sementara oleh smartphone agar bisa mempercepat pemrosesan didalam aplikasi.

Inilah Cara Mengatasi WhatsApp Lemot. Tetapi jika cache terus-terusan dibiarkan menumpuk, maka akan membuat  WhatsApp akan menjadi error dan bisa sering menyebabkan pesan yang kamu kirim tidak sampai kepada orang yang kamu kirimkan pesannya.

Akhir Kata

Sekian penjelasan dan tatacara Mengatasi WhatsApp Lemot. Terimakasih untuk kamu yang telah membacanya dan semoga bermanfaat.