Cara Daftar UMKM BRI Online Lewat HP dan PC Terbaru 2022

KoranPangkep.co.id – Pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan mengenai bagaimana cara daftar UMKM BRI online dan bagaimana cara mendapatkan bantuan BLT 1,2 juta rupiah. Maka dari itu, silahkan simak penjelasan berikut.

Seluruh dunia mengakui bahwa di tengah pandemi saat ini ekonomi menjadi sulit dan tidak sedikit dari mereka yang kehilangan pekerjaan. Sehingga banyak orang yang ingin mendaftar UMKM agar mendapatkan modal tambahan.

Maka dari itu, pihak pemerintah sendiri tidak hanya tinggal diam. Melainkan membuat suatu gagasan untuk membantu perekonomian masyarakat di Indonesia. Terutama untuk kalangan menengah ke bawah.

Banyak sekali jenis bantuan dari pemerintah yang bisa didapatkan. Misalnya, bantuan UMKM. Untuk mendapatkan bantuan ini, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana Cara Daftar UMKM BRI Online tersebut.

Sebenarnya, untuk bisa Daftar UMKM BRI Online bisa dilakukan dengan mudah, kalian juga bisa melakukannya pada perangkat smartphone yang digunakan.

UMKM memang sudah tercatat dan dirumuskan ke dalam Undang-Undang 20 tahun 2008 mengenai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jumlah bantuan yang didapatkan sudah ditentukan oleh pihak pemerintah.

Selain itu, tujuan lainnya yaitu untuk mendorong perkembangan pada sektor UMKM. Sehingga bantuan ini diberikan oleh masyarakat di Indonesia agar tetap bisa menjalankan usahanya dengan lancar dan tanpa masalah apa pun.

UMKM termasuk bantuan online yang diberikan secara langsung oleh pihak pemerintah kepada para pelaku usaha. Di suasana pandemi covid-19, bantuan UMKM semakin gencar.

Pemerintah sendiri menyiapkan uang senilai Rp. 2.4 juta untuk satu keluarga. Namun, angka tersebut berlaku ditahun lalu saja. Dan ditahun ini UMKM diberikan senilai Rp. 1.2 Juta saja dalam sekali cair. Dan untuk mendapatkan BLT harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Maka dari itu, silahkan simak beberapa syarat dan ketentuan untuk mengetahui Cara Daftar UMKM BRI Online dibawah ini.

Apa itu UMKM?

Mengenal apa itu UMKM

UMKM merupakan suatu jenis usaha yang sangat umum di kalangan masyarakat. Pasalnya, masih banyak yang belum mengetahui di perekonomian Indonesia UMKM telah dirumuskan pada Undang-Undang nomor 20 tahun 2008. Mengenai Usaha kecil, mikro dan menengah.

Baca Juga  Cara Daftar Dana Paylater Terbaru 2022 (Aktivasi, Syarat & Limit)

Adanya UMKM ini sedikit membantu menangani krisis di Indonesia di tengah pandemi covid-19 yang tak kunjung selesai. Jadi, UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Pasalnya, juga bisa diartikan sebagai kelompok usaha atau bisnis yang dijalankan oleh setiap individu, badan usaha kecil hingga rumah tangga. Pada undang-udang 20 tahun 2008 UMKM juga disebut dengan kegiatan usaha yang di lakukan oleh masyarakat.

Tujuannya yaitu untuk memperluas lapangan pekerjaan, memberikan pelayanan ekonomi pada masyarakat yang luas. UMK M sendiri memiliki beberapa kriteria, dan untuk bisa mendapatkan bantuan ini harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Persyaratan Daftar UMKM Online Agar Disetujui

Persyaratan Daftar UMKM Online Agar Disetujui

Untuk kalian yang baru mencoba mendaftar program pemerintah tersebut terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pasalnya, bantuan pemerintah ini bisa kalian dapatkan dengan mudah baik sebagai pelaku UMKM atau warga biasa.

Namun, di ulasan ini kami akan berikan beberapa Persyaratan Daftar UMKM Online Agar Disetujui. Dan sebagai contohnya, kami akan bagikan cara daftar bantuan BLT untuk UMKM. Silahkan cek beberapa persyaratan yang harus diperhatikan dibawah ini. 

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy KTP
  • Foto usaha skala mikro (UMKM)
  • Nomor Induk Berusaha
  • Bukti kepemilikan UMKM baik berupa Nomor Izin Berusaha (NIB), Surat Keterangan Usaha (SKU), atau bisa juga Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)

Selain itu, proses pendaftaran UMKM online tersebut, memiliki beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Silahkan cek selengkapnya dibawah ini.

  • WNI atau Warga Negara Indonesia
  • Buka status Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai BUMN/BUMD, hingga TNI dan Polri
  • Tidak memiliki masa pinjaman dari bank, atau kasus Kredit Usaha Rakyat atau KUR
  • Memiliki usaha berskala mikro yang diberikan bukti surat usulan calon penerima BPUM. Dan surat ini bisa kalian dapatkan dari Dinas Koperasi serta UMKM daerah masing-masing

Cara Daftar UMKM BRI Online untuk Mnedapatkan Bantuan Pemerintah

Cara Daftar UMKM BRI Online untuk Mnedapatkan Bantuan Pemerintah

Setelah mengetahui semua syarat yang diberikan, kalian bisa harus menyiapkannya terlebih dahulu. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan bagaimana Cara Daftar UMKM BRI Online dibawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan masuk ke situs https://oss.go.id/ untuk proses daftar online UMKM
  • Jika sudah, lalu login menggunakan akun yang kalian miliki
  • Jika belum punya akun, klik Registrasi untuk mendaftarkan diri
  • Kemudian, buatlah akun di menu dan ikuti semua prosedur yang diberikan dan jangan lupa untuk siapkan semua data yang diperlukan
  • Jika pembuatan akun sudah selesai, silahkan login dengan menekan klik perizinan berusaha dan klik Perseorangan
  • Setelah login berhasil, klik Pendaftaran NIB dan sesuaikan usaha apa yang kalian jalani
  • Silahkan isi formulir yang telah diberikan
  • Selanjutnya, klik Simpan >> klik Lanjutkan
  • Jika sudah, klik tombol tambah usaha agar bisa menambahkan data usaha yang kalian miliki
  • Dan isi keseluruhan data yang dimintai mengenai usaha yang di ajukan
  • Lalu klik simpan dan lanjutkan
  • Jika usaha masih berskala kecil, silahkan isi dibagian formulir komitmen prasarana usaha dengan pengajuan izin lingkungan serta izin lokasi
  • Lalu klik selanjutnya, dan disini kalian akan ditampilkan dengan rangkuman semua data yang telah di isi dan pastikan sudah benar
  • Jika sudah benar semua, centang dibagian kotak disclaimer
  • Klik Proses NIB
  • Selesai
Baca Juga  Cara Daftar Paket Unlimited Indosat Terbaik dan Termurah 2022

Sedikit rumit dan panjang, namun kalian tetap bisa menyelesaikannya dengan mudah. Pastikan jika semua step diatas sudah kalian lakukan agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar.

Dan perlu diketahui, jika tempat tinggal atau tempat usaha yang kalian rintis memiliki alamat yang berbeda maka diperlukan dokumen tambahan yaitu Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Dengan begitu, surat ini berlaku sebagai bukti usaha jika kalian benar-benar miliki sebuah usaha yang di jalankan. Dan jika proses telah selesai, kalian bisa memantau hasilnya di halaman e-form BRI atau masuk ke eform.bri.co.id/bpum.

Cara Memeriksa Bantuan UMKM di Bank BNI dan BRI

Cara Memeriksa Bantuan UMKM di Bank BNI dan BRI

Setelah menyimak beberapa cara daftar UMKM online tersebut, dan jika kalian penasaran tentang bagaimana Cara Memeriksa Bantuan UMKM di Bank BNI dan BRI tersebut. Bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis. Jadi, silahkan simak ulasannya sebagai berikut.

  • Untuk BNI sendiri, silahkan masuk ke https://banpresbpum.id
  • Kemudian, masukkan nomor induk kependudukan atau KTP
  • Jika sudah, klik Cari
  • Selanjutnya, akan ada pemberitahuan Terdaftat atau tidaknya sebagai penerima
  • Dan pengguna BRI, bisa masuk ke https://eform.bri.co.id/ bpum
  • Masukkan nomor induk kependudukan atau KTP
  • Kemudian, masukkan kode verifikasi
  • Dan klik Proses Inquiry
  • Dan cek proses bantuan telah selesai
  • Selesai

Sebenarnya tidak sulit untuk bisa Memeriksa Bantuan UMKM di Bank BNI dan BRI tersebut. Jadi, kalian hanya perlu mengikuti beberapa cara yang telah kami berikan diatas.

Berbagai Macam Jenis UMKM yang Bisa Dapat Bantuan

Berbagai Macam Jenis UMKM yang Bisa Dapat Bantuan

Hampir wilayah di Indonesia, telah memberlakukan UMKM. Namun, sebagian wilayah terdapat sebuah bentuk UMKM yang telah didukung sepenuhnya oleh pihak pemerintah. Ketahui Berbagai Macam Jenis UMKM yang Bisa Dapat Bantuan sebagai berikut.

Baca Juga  Cara Daftar Kuis Super Deal GTV 2022 Agar Keterima

Bentuk Usaha UMKM Kuliner

Jenis usaha yang sampai sekarang makin berkembang pesat, hingga benar-benar didukung oleh pemerintah yaitu jenis usaha dibidang kuliner. Untuk kalian yang telah mengetahui hal tersebut, pasalnya usaha kuliner sendiri sudah tersedia di berbagai pelosok daerah.

Kalian bisa menemukan beragam kuliner seperti jajanan, cemilan, makanan berat dan lainnya. Terlebih jika jenis kuliner yang sangat unik dan mampu menarik perhatian banyak orang. Hingga jenis makanan luar negeri.

UMKM Sektor Pertanian

Dan jenis usahan UMKM selanjutnya adalah sektor pertanian, dengan begitu usaha ini sendiri sangat penting yang banyak dilakukan oleh sebagian penduduk di Indonesia. Pasalnya, usaha pertanian memerlukan banyak modal seperti tanah yang luas dan sebagainya.

Misalnya, untuk menanam padi, palawija dan sebagainya. Maka dari itu, pihak pemerintah sendiri benar-benar mendukung jenis usaha UMKM ini. Agar para pelaku usaha bisa menjalankan tugasnya dengan lancar tanpa masalah.

Usaha dalam Bidang Fashion

Jenis UMKM selanjutnya adalah pada bidang fashion yang sangat marak dilakukan oleh penduduk di Indonesia. Fashion banyak diminati setiap tahunnya, hal ini didukung dengan masyarakat yang semakin tertarik pada model fashion modern.

Pihak pemerintah akan membantu para pelaku usaha di bidang fashion, karena mode serta tren fashion sendiri kerap berubah-ubah setiap tahunnya. Maka dari itu, banyak dari masyarakat yang tergiur untuk membuka usaha tersebut.

Itulah beberapa jenis usaha yang bisa mendapatkan bantuan umkm dari pemerintah. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk mengelola usaha yang di rintis. Maka dari itu, jika salah satu kalian memiliki usaha tersebut, bisa mendaftarkannya secara langsung.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan tentang Cara Daftar UMKM BRI Online yang bisa kalian coba, lengkapi semua data diri dan persyaratan yang diberikan agar proses pendaftaran berhasil. Sehingga kalian bisa menerima bantuan dari pemerintah.

Jangan lupa untuk nantikan informasi menarik lainnya dari kami, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.