Cara Daftar UMKM BRI Online Lewat HP dan PC Terbaru 2022

KoranPangkep.co.id – Pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan mengenai bagaimana cara daftar UMKM BRI online dan bagaimana cara mendapatkan bantuan BLT 1,2 juta rupiah. Maka dari itu, silahkan simak penjelasan berikut.

Seluruh dunia mengakui bahwa di tengah pandemi saat ini ekonomi menjadi sulit dan tidak sedikit dari mereka yang kehilangan pekerjaan. Sehingga banyak orang yang ingin mendaftar UMKM agar mendapatkan modal tambahan.

Maka dari itu, pihak pemerintah sendiri tidak hanya tinggal diam. Melainkan membuat suatu gagasan untuk membantu perekonomian masyarakat di Indonesia. Terutama untuk kalangan menengah ke bawah.

Banyak sekali jenis bantuan dari pemerintah yang bisa didapatkan. Misalnya, bantuan UMKM. Untuk mendapatkan bantuan ini, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana Cara Daftar UMKM BRI Online tersebut.

Sebenarnya, untuk bisa Daftar UMKM BRI Online bisa dilakukan dengan mudah, kalian juga bisa melakukannya pada perangkat smartphone yang digunakan.

UMKM memang sudah tercatat dan dirumuskan ke dalam Undang-Undang 20 tahun 2008 mengenai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jumlah bantuan yang didapatkan sudah ditentukan oleh pihak pemerintah.

Selain itu, tujuan lainnya yaitu untuk mendorong perkembangan pada sektor UMKM. Sehingga bantuan ini diberikan oleh masyarakat di Indonesia agar tetap bisa menjalankan usahanya dengan lancar dan tanpa masalah apa pun.

UMKM termasuk bantuan online yang diberikan secara langsung oleh pihak pemerintah kepada para pelaku usaha. Di suasana pandemi covid-19, bantuan UMKM semakin gencar.

Pemerintah sendiri menyiapkan uang senilai Rp. 2.4 juta untuk satu keluarga. Namun, angka tersebut berlaku ditahun lalu saja. Dan ditahun ini UMKM diberikan senilai Rp. 1.2 Juta saja dalam sekali cair. Dan untuk mendapatkan BLT harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Maka dari itu, silahkan simak beberapa syarat dan ketentuan untuk mengetahui Cara Daftar UMKM BRI Online dibawah ini.

Apa itu UMKM?

Mengenal apa itu UMKM

UMKM merupakan suatu jenis usaha yang sangat umum di kalangan masyarakat. Pasalnya, masih banyak yang belum mengetahui di perekonomian Indonesia UMKM telah dirumuskan pada Undang-Undang nomor 20 tahun 2008. Mengenai Usaha kecil, mikro dan menengah.

Adanya UMKM ini sedikit membantu menangani krisis di Indonesia di tengah pandemi covid-19 yang tak kunjung selesai. Jadi, UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Pasalnya, juga bisa diartikan sebagai kelompok usaha atau bisnis yang dijalankan oleh setiap individu, badan usaha kecil hingga rumah tangga. Pada undang-udang 20 tahun 2008 UMKM juga disebut dengan kegiatan usaha yang di lakukan oleh masyarakat.

Tujuannya yaitu untuk memperluas lapangan pekerjaan, memberikan pelayanan ekonomi pada masyarakat yang luas. UMK M sendiri memiliki beberapa kriteria, dan untuk bisa mendapatkan bantuan ini harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Persyaratan Daftar UMKM Online Agar Disetujui

Persyaratan Daftar UMKM Online Agar Disetujui

Untuk kalian yang baru mencoba mendaftar program pemerintah tersebut terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pasalnya, bantuan pemerintah ini bisa kalian dapatkan dengan mudah baik sebagai pelaku UMKM atau warga biasa.

Namun, di ulasan ini kami akan berikan beberapa Persyaratan Daftar UMKM Online Agar Disetujui. Dan sebagai contohnya, kami akan bagikan cara daftar bantuan BLT untuk UMKM. Silahkan cek beberapa persyaratan yang harus diperhatikan dibawah ini. 

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy KTP
  • Foto usaha skala mikro (UMKM)
  • Nomor Induk Berusaha
  • Bukti kepemilikan UMKM baik berupa Nomor Izin Berusaha (NIB), Surat Keterangan Usaha (SKU), atau bisa juga Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)

Selain itu, proses pendaftaran UMKM online tersebut, memiliki beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Silahkan cek selengkapnya dibawah ini.

  • WNI atau Warga Negara Indonesia
  • Buka status Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai BUMN/BUMD, hingga TNI dan Polri
  • Tidak memiliki masa pinjaman dari bank, atau kasus Kredit Usaha Rakyat atau KUR
  • Memiliki usaha berskala mikro yang diberikan bukti surat usulan calon penerima BPUM. Dan surat ini bisa kalian dapatkan dari Dinas Koperasi serta UMKM daerah masing-masing

Cara Daftar UMKM BRI Online untuk Mnedapatkan Bantuan Pemerintah

Cara Daftar UMKM BRI Online untuk Mnedapatkan Bantuan Pemerintah

Setelah mengetahui semua syarat yang diberikan, kalian bisa harus menyiapkannya terlebih dahulu. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan bagaimana Cara Daftar UMKM BRI Online dibawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan masuk ke situs https://oss.go.id/ untuk proses daftar online UMKM
  • Jika sudah, lalu login menggunakan akun yang kalian miliki
  • Jika belum punya akun, klik Registrasi untuk mendaftarkan diri
  • Kemudian, buatlah akun di menu dan ikuti semua prosedur yang diberikan dan jangan lupa untuk siapkan semua data yang diperlukan
  • Jika pembuatan akun sudah selesai, silahkan login dengan menekan klik perizinan berusaha dan klik Perseorangan
  • Setelah login berhasil, klik Pendaftaran NIB dan sesuaikan usaha apa yang kalian jalani
  • Silahkan isi formulir yang telah diberikan
  • Selanjutnya, klik Simpan >> klik Lanjutkan
  • Jika sudah, klik tombol tambah usaha agar bisa menambahkan data usaha yang kalian miliki
  • Dan isi keseluruhan data yang dimintai mengenai usaha yang di ajukan
  • Lalu klik simpan dan lanjutkan
  • Jika usaha masih berskala kecil, silahkan isi dibagian formulir komitmen prasarana usaha dengan pengajuan izin lingkungan serta izin lokasi
  • Lalu klik selanjutnya, dan disini kalian akan ditampilkan dengan rangkuman semua data yang telah di isi dan pastikan sudah benar
  • Jika sudah benar semua, centang dibagian kotak disclaimer
  • Klik Proses NIB
  • Selesai

Sedikit rumit dan panjang, namun kalian tetap bisa menyelesaikannya dengan mudah. Pastikan jika semua step diatas sudah kalian lakukan agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar.

Dan perlu diketahui, jika tempat tinggal atau tempat usaha yang kalian rintis memiliki alamat yang berbeda maka diperlukan dokumen tambahan yaitu Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Dengan begitu, surat ini berlaku sebagai bukti usaha jika kalian benar-benar miliki sebuah usaha yang di jalankan. Dan jika proses telah selesai, kalian bisa memantau hasilnya di halaman e-form BRI atau masuk ke eform.bri.co.id/bpum.

Cara Memeriksa Bantuan UMKM di Bank BNI dan BRI

Cara Memeriksa Bantuan UMKM di Bank BNI dan BRI

Setelah menyimak beberapa cara daftar UMKM online tersebut, dan jika kalian penasaran tentang bagaimana Cara Memeriksa Bantuan UMKM di Bank BNI dan BRI tersebut. Bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis. Jadi, silahkan simak ulasannya sebagai berikut.

  • Untuk BNI sendiri, silahkan masuk ke https://banpresbpum.id
  • Kemudian, masukkan nomor induk kependudukan atau KTP
  • Jika sudah, klik Cari
  • Selanjutnya, akan ada pemberitahuan Terdaftat atau tidaknya sebagai penerima
  • Dan pengguna BRI, bisa masuk ke https://eform.bri.co.id/ bpum
  • Masukkan nomor induk kependudukan atau KTP
  • Kemudian, masukkan kode verifikasi
  • Dan klik Proses Inquiry
  • Dan cek proses bantuan telah selesai
  • Selesai

Sebenarnya tidak sulit untuk bisa Memeriksa Bantuan UMKM di Bank BNI dan BRI tersebut. Jadi, kalian hanya perlu mengikuti beberapa cara yang telah kami berikan diatas.

Berbagai Macam Jenis UMKM yang Bisa Dapat Bantuan

Berbagai Macam Jenis UMKM yang Bisa Dapat Bantuan

Hampir wilayah di Indonesia, telah memberlakukan UMKM. Namun, sebagian wilayah terdapat sebuah bentuk UMKM yang telah didukung sepenuhnya oleh pihak pemerintah. Ketahui Berbagai Macam Jenis UMKM yang Bisa Dapat Bantuan sebagai berikut.

Bentuk Usaha UMKM Kuliner

Jenis usaha yang sampai sekarang makin berkembang pesat, hingga benar-benar didukung oleh pemerintah yaitu jenis usaha dibidang kuliner. Untuk kalian yang telah mengetahui hal tersebut, pasalnya usaha kuliner sendiri sudah tersedia di berbagai pelosok daerah.

Kalian bisa menemukan beragam kuliner seperti jajanan, cemilan, makanan berat dan lainnya. Terlebih jika jenis kuliner yang sangat unik dan mampu menarik perhatian banyak orang. Hingga jenis makanan luar negeri.

UMKM Sektor Pertanian

Dan jenis usahan UMKM selanjutnya adalah sektor pertanian, dengan begitu usaha ini sendiri sangat penting yang banyak dilakukan oleh sebagian penduduk di Indonesia. Pasalnya, usaha pertanian memerlukan banyak modal seperti tanah yang luas dan sebagainya.

Misalnya, untuk menanam padi, palawija dan sebagainya. Maka dari itu, pihak pemerintah sendiri benar-benar mendukung jenis usaha UMKM ini. Agar para pelaku usaha bisa menjalankan tugasnya dengan lancar tanpa masalah.

Usaha dalam Bidang Fashion

Jenis UMKM selanjutnya adalah pada bidang fashion yang sangat marak dilakukan oleh penduduk di Indonesia. Fashion banyak diminati setiap tahunnya, hal ini didukung dengan masyarakat yang semakin tertarik pada model fashion modern.

Pihak pemerintah akan membantu para pelaku usaha di bidang fashion, karena mode serta tren fashion sendiri kerap berubah-ubah setiap tahunnya. Maka dari itu, banyak dari masyarakat yang tergiur untuk membuka usaha tersebut.

Itulah beberapa jenis usaha yang bisa mendapatkan bantuan umkm dari pemerintah. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk mengelola usaha yang di rintis. Maka dari itu, jika salah satu kalian memiliki usaha tersebut, bisa mendaftarkannya secara langsung.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan tentang Cara Daftar UMKM BRI Online yang bisa kalian coba, lengkapi semua data diri dan persyaratan yang diberikan agar proses pendaftaran berhasil. Sehingga kalian bisa menerima bantuan dari pemerintah.

Jangan lupa untuk nantikan informasi menarik lainnya dari kami, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

Cara Daftar UMKM BRI Online Terbaru, Cara Cek & Mencairkannya

Sehubungan dengan belum berakhirnya pandemi COVID-19, Kemenkop UKM melanjutkan program BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) pada 2022. Bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan bantuan harus memahami terlebih dulu cara daftar UMKM BRI Online.

Usulan program BPUM sudah diajukan Menteri Koperasi dan UKM kepada Menteri Keuangan yang akan dibahas lebih lanjut dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program BPUM terbaru 2022 akan diberikan kepada 12,8 juta pelaku UMKM atau pengusaha mikro.

Nilai bantuan yang akan diterima setiap pelaku usaha mikro sebesar Rp600 ribu. Cara daftar UMKM BRI Online bukan melalui link eform.bri.co.id maupun banpresbpum.id. Kedua link tersebut hanya dipakai untuk mengecek penerimaan program BPUM.

Berbagai Jenis UMKM

Berbagai Jenis UMKM

Tidak semua UMKM bisa mengikuti cara daftar UMKM BRI Online karena ada jenis UMKM yang memiliki omset tinggi. Oleh sebab itu perlu dipahami dulu beberapa jenis UMKM yang ada di Indonesia sebagai berikut:

1. Jenis Usaha Mikro

Pada usaha mikro yang dimiliki oleh perorangan atau kelompok, omset pertahunnya sekitar Rp300 juta dengan maksimal total aset bersih Rp50 juta (tidak termasuk aset tanah dan bangunan).

2. Jenis Usaha Kecil

Usaha kecil adalah usaha yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh perorangan. Usaha ini bukan merupakan anak atau cabang dari suatu perusahaan besar. Jumlah kekayaan bersihnya berkisar antara Rp50 juta hingga Rp500 juta.

Sedangkan untuk omset penjualan tahunannya berkisar pada Rp300 juta hingga Rp2,5 miliar.

3. Jenis Usaha Menengah

Digolongkan sebagai jenis usaha menengah jika kekayaan bersih yang dimiliki adalah Rp500 juta dengan omset tahunan sampai dengan Rp2,5 miliar. Jenis usaha ini berdiri sendiri atau bukan merupakan bagian dari suatu perusahaan besar.

Pada umumnya jenis usaha menengah sudah memiliki legalitas yang sah atau terdaftar secara resmi di badan terkait.

Dana Bantuan UMKM BRI Online

Dana Bantuan UMKM BRI Online

1. Bantuan UMKM Tahap Pertama

Pada tahap pertama dana bantuan UMKM sudah diberikan kepada 9,8 juta pelaku usaha mikro. Setiap pelaku UMKM memperoleh dana bantuan sebesar Rp2,4 juta.

2. Bantuan UMKM Tahap Kedua

Pada tahap kedua pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp3,6 triliun untuk diberikan kepada 3 juta pelaku usaha mikro. Kementerian Koperasi dan UKM memberikan bantuan senilai Rp1,2 juta kepada setiap pelaku UMKM.

Bantuan tersebut telah diberikan pada bulan September 2021.

3. Bantuan UMKM Tahap Ketiga

Dana yang dialokasikan sebagai pemulihan ekonomi adalah sebesar Rp178,32 triliun. Dana tersebut ditujukan untuk program Padat Karya, pembangunan kawasan industri, ketahanan pangan, BLT UMKM dan BPUM 2022.

Syarat Umum Penerima Bantuan UMKM BRI Online

Syarat Umum Penerima Bantuan UMKM BRI Online

Bagi pelaku UMKM yang ingin mendaftar sebagai penerima bantuan UMKM harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Pelaku UMKM harus seorang WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Memiliki usaha skala mikro dan memenuhi kriteria usaha mikro seperti yang tertuang pada Undang-undang No. 28 Tahun 2008 yakni:
  1. Total kekayaan bersih yang dimiliki tidak lebih dari Rp50 juta (tidak termasuk properti atau tempat yang dipakai untuk usaha)
  2. Hasil penjualan tahunan tidak lebih dari Rp300 juta.
  • Sudah memiliki Surat Usulan Calon Penerima BPUM dari Pengusul BPUM yang sudah disertakan lampirannya.
  • Tidak sedang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), karyawan BUMN atau BUMD, TNI, dan Polri.
  • Tidak sedang menerima kredit dari Bank, KUR, dan jenis pembiayaan lainnya dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Dalam Masa Pinjaman.
  • Belum pernah menerima BPUM pada tahap sebelumnya.

Data-data yang Diperlukan untuk Daftar UMKM BRI Online

Data-data yang Diperlukan untuk Daftar UMKM BRI Online

Cara daftar UMKM BRI online yang paling penting adalah dengan melengkapi semua data yang diperlukan, yakni sebagai berikut:

  • Fotokopi E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Melampirkan foto usaha mikro yang dimiliki
  • Mengisi alamat lengkap tempat usaha, jenis atau bidang usaha yang dijalani, dan nomor telepon aktif pemilik usaha mikro
  • Melampirkan bukti kepemilikan UMKM dengan SKU (Surat Keterangan Usaha) dan NIB
  • Melampirkan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak). Contoh SPTJM yang digunakan untuk melengkapi cara daftar UMKM BRI online adalah sebagai berikut:
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak

 

Pada hari ini ………………………….., tanggal ……………………………………………………….,

tahun …………………………………………… (…………., ………………………, 20XX) bertempat di …………………, kami yang bertandatangan di bawah ini:

Nama (Sesuai E-KTP)   :

Nomor E-KTP/ NIK        :

Alamat (Sesuai E-KTP)  :

Nomor Telepon             :

 

Dalam hal ini bertindak atas nama diri sendiri (kelompok), dengan ini menyatakan:

  1. Bahwa saya/ kami adalah pelaku usaha mikro (UMKM) dengan aset di bawah Rp50 juta dan omset per tahun di bawah Rp300 juta;
  2. Bertanggung jawab atas pemanfaatan dana BPUM sebagai modal kerja, sarana untuk pengembangan usaha, dan penyelamatan usaha;
  3. Tidak memberikan imbalan kepada siapapun dalam bentuk apapun;
  4. Saat ini saya/ kami tidak sedang menerima program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pembiayaan perbankan lainnya;
  5. Jika di kemudian hari pernyataan yang telah saya/ kami buat ini bisa merugikan negara, maka saya/ kami bersedia dituntut sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Demikian pernyataan ini saya/ kami buat dengan penuh kesadaran dan bersedia menerima konsekuensi hukum jika tidak sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya.

 

 

……………….., ………………………., 20XX

 

 

(Materai Rp10.000)

Daftar UMKM yang Tidak Berhak menerima Bantuan UMKM BRI Online

Daftar UMKM yang Tidak Berhak menerima Bantuan UMKM BRI Online

Berikut adalah daftar pelaku usaha yang tidak berhak menerima bantuan UMKM:

  1. Bukan pelaku UMKM. Bantuan hanya diberikan kepada pengusaha skala kecil atau yang baru memulai usaha mikro.
  2. Pelaku usaha mikro pernah memperoleh KUR atau jenis kredit lainnya dari perbankan dan pembiayaan. Bantuan lebih diutamakan untuk pelaku UMKM yang belum pernah menerima kredit dalam bentuk apapun.
  3. Karyawan BUMN, ASN, TNI, dan Polri yang memiliki usaha mikro sebagai sampingan.
  4. Pelaku usaha mikro tidak mendapatkan rekomendasi dari lembaga pengusul seperti:
  • Koperasi dan Dinas Koperasi
  • UKMM di tingkat kabupaten dan provinsi
  • Perbankan atau Himbara (Himpunan Bank Milik Negara)
  • Perusahaan yang terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
  • Lembaga yang merupakan penyalur program kredit dari pemerintah. Lembaga tersebut terdiri dari BUMN dan BLU (Badan Layanan Umum).

Cara Daftar Bantuan UMKM Online

Cara Daftar Bantuan UMKM Online Secara Umum

  • Mendaftar Hak Akses OSS (Online Single Submission)

Berdasarkan pada pasal 12 ayau (1) Perka BKPM 3/2021, Para pelaku usaha diberikan akses OSS untuk:

  • Pengajuan permohonan izin usaha yang berbasis risiko kegiatan usaha pertama
  • Permohonan perubahan, perluasan, dan pencabutan usaha berisiko
  • Penyampaian laporan kegiatan sebagai upaya pengelolaan risiko kegiatan usaha yang tidak terbatas pada pelaksanaan dan pemenuhannya yang terkait dengan standar dan persyaratan izin usaha berbasis risiko
  • Penyampaian pengaduan
  • Permohonan fasilitas usaha.

Untuk mengurus perizinan usaha sebagai salah satu cara daftar UMKM BRI online, para pelaku mikro harus mendaftar hak akses OSS ke sistem tersebut dengan cara:

  1. Mengunjungi laman https://perizinan.oss.go.id pada browser yang ada pada smart phone atau komputer.
  2. Pada halaman beranda di website tersebut pilih menu Daftar yang terletak di bagian pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilih Skala Usaha UMK. Pada halaman ini terdapat 2 pilihan jenis usaha yakni:

UMK Orang Perorangan

UMK Badan Usaha (Firma, CV, PT, dan badan usaha lainnya)

  1. Bagi para pelaku usaha mikro bisa memilih UMK Orang Perorangan
  2. Selanjutnya melengkapi data sesuai identitas asli seperti:

NIK sesuai yang tertera di E-KTP

Tanggal Kelahiran

Alamat Email aktif

Nomor Telepon aktif

  • Setelah mengisi semua data dengan benar, centang kolom pernyataan dan tap DAFTAR.
  • Langkah selanjutnya adalah memeriksa kotak masuk email yang digunakan untuk pendaftaran. Di dalam kotak masuk email tersebut ada link yang digunakan sebagai aktivasi.
  • Tap AKTIVASI dan tunggu beberapa saat sampai mendapatkan email yang berisi username dan password.
  • Jika sudah mendapatkan username dan password, maka hak akses sudah siap untuk dipergunakan.

Daftar Perizinan UMKM

Daftar Perizinan UMKM

NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Fungsinya

Izin usaha akan diperoleh tidak lama setalah pelaku usaha mikro melakukan cara daftar UMKM BRI online untuk mendaftarkan usahanya. Jika usahanya berisiko rendah, tidak perlu izin lingkungan atau izin penting lainnya.

Setelah memperoleh izin usaha, Pelaku UMKM akan memperoleh NIB yang berupa 13 angka acak dan telah diberi pengaman beserta tanda tangan elektronik. Fungsi dari NIB adalah sebagai berikut:

  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
  • API (Angka Pengenal Importir)
  • Hak akses di Kepabeanan.

Cara Memperoleh NIB

Supaya bisa memperoleh NIB, para pelaku UMKM harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Membuka laman https://oss.go.id
  • Login dengan memasukkan username dan password yang sudah diberikan via email saat mendaftar
  • Setelah login berhasil, maka secara otomatis akan diarahkan untuk mendaftarkan usaha
  • Pilih Perizinan Berusaha dan Pilih Permohonan Baru
  • Kemudian lengkapi data-data yang dibutuhkan seperti:
  • Data Pelaku Usaha
  • Bidang Usaha yang Dijalani
  • Detail Produk usaha dan Jasa
  • Setelah melengkapi semua data yang dibutuhkan, periksa kembali apakah semuanya sudah benar
  • Baca dan pahami semua ketentuan yang berlaku
  • Apabila sudah paham bisa mencentang pernyataan tersebut.
  • Memeriksa Draf Perizinan Usaha
  • Setelah semua selesai, maka Perizinan Berusaha sudah bisa diterbitkan.

Cara Daftar Bantuan UMKM Berbagai Kota di Indonesia

Cara Daftar Bantuan UMKM Berbagai Kota di Indonesia

Cara daftar UMKM BRI Online  berbagai kota di Indonesia adalah melalui link yang sudah disiapkan oleh kota atau kabupaten yang bersangkutan, yakni sebagai berikut:

a. Jakarta

Jakarta Barat

Jakarta Pusat

Jakarta Selatan

Jakarta Timur

Jakarta Utara

b. Luar Jakarta

Cara Daftar Bantuan UMKM BRI Online

Cara Daftar Bantuan UMKM BRI Online

Bagi pelaku usaha mikro yang ingin tahu cara daftar UMKM BRI online melalui ponsel, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi BRI Online Pad yang sudah diinstal di ponsel
  • Tap menu UMKM yang ada di aplikasi tersebut
  • Pada menu UMKM ada formulir yang harus diisi sebagai berikut:

NIK sesuai E-KTP

Nama lengkap asli

Tempat dan tanggal lahir

Alamat sesuai E-KTP

Bidang usaha mikro yang sedang dijalani

Nomor telepon aktif

  • Menunggu pemberitahuan dari pihak CS BRI. Pemberitahuan tersebut bisa berupa SMS atau telepon langsung dari CS BRI.
  • Apabila sudah memperoleh pemberitahuan dari CS BRI, maka bisa segera datang ke Kantor Cabang BRI terdekat
  • Jika sudah sampai di Kantor BRI cabang terdekat, bisa mengambil antrian ke CS BRI dan tunggu sampai dipanggil.
  • Setelah mendapat panggilan dari CS BRI, simak baik-baik penjelasan dan arahannya.
  • Kemudian setelah proses pengecekan dari CS BRI selesai dan semua dokumen telah terpenuhi, CS BRI akan melakukan survei ke lokasi calon penerima bantuan UMKM.
  • Yang terakhir setelah semua syarat yang dipergunakan sebagai cara daftar UMKM BRI Online terpenuhi, maka dana UMKM akan segera cair

Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM BRI Online

Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM BRI Online

Setelah memahami cara daftar UMKM BRI Online dan melakukan pendaftaran, selanjutnya adalah melakukan pengecekan. Cara cek penerima bantuan UMKM adalah sebagai berikut:

  • Buka link https://eform.bri.co.id/bpum
  • Pilih menu BPUM pada link tersebut
  • Selanjutnya masukkan NIK pada kolom penerima BPUM
  • Tunggu sampai ada kode verifikasi
  • Setelah kode verikasi muncul, masukkan kode tersebut
  • Lalu tap Proses Inquiry
  • Lalu akan muncul keterangan atau notifikasi pemberitahuan yang menyatakan diterima atau tidak. Contoh notifikasi penerima BPUM:
Nomor eKTP terdaftar sebagai penerima BPUM an. ***d Pi** dengan nomor rekening 402564*****6543. Untuk verifikasi pencairan hubungi Kantor BRI terdekat dengan membawa eKTP.

Cara Mencairkan Dana Bantuan UMKM BRI Online

Cara Mencairkan Dana Bantuan UMKM BRI Online

Setelah dinyatakan sebagai penerima bantuan UMKM BRI, yang harus dilakukan oleh calon penerima bantuan UMKM selanjutnya adalah mendatangi Kantor Cabang BRI terdekat.

Membawa semua persyaratan dan dokumen yang diperlukan seperti eKTP, buku tabungan BRI dan kartu debit.

Keuntungan Daftar UMKM BRI Secara Online

Keuntungan Daftar UMKM BRI Secara Online

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat oleh penerima bantuan UMKM dengan mengikuti cara pendaftaran UMKM BRI online, diantaranya sebagai berikut:

  • Tidak perlu mengantri berlama-lama.
  • Prosesnya pendaftaran UMKM cukup mudah dan cepat.
  • Nominal dana UMKM yang diterima utuh karena tidak ada biaya administrasi.
  • Hanya dengan memiliki usaha mikro yang minimal sudah berjalan selama 6 bulan bisa mengikuti program tersebut.

Persiapkan semua persyaratan dan dokumen yang diperlukan agar jika sewaktu-waktu Kemenkop UKM membuka pendaftarkan BPUM, Anda sudah siap. Cara daftar UMKM BRI online memang agak panjang dan terkesan tidak mudah.

Meskipun demikian, pendaftaran UMKM tersebut tidak semata-mata untuk mendapatkan bantuan secara cuma-cuma tetapi juga membantu melegalkan usaha mikro dengan mendaftarkannya di sistem OSS.