Cara Mengetahui Jatuh Tempo Shopee PayLater, Jangan Telat!

Koranpangkep.co.id – Pembayaran Shopee PayLater merupakan sistem pembayaran baru yang disediakan oleh aplikasi Shopee. Pengguna dapat membeli barang atau sesuatu sekarang, tetapi membayarnya nanti.

Pembayaran itu dapat dilunasi di bulan berikutnya ataupun mencicil pembayarannya selama beberapa bulan.  PT Commerce Finance dan beberapa pihak lainnya yang menyediakan layanan ini bagi penggunanya.

Dengan tujuan dapat memberikan pinjaman dengan diawasi langsung oleh pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Namun tentu saja sistem peminjaman ini memiliki waktu jatuh temponya tersendiri.

Hanya pengguna yang terpilih saja yang dapat menggunakan Pembayaran Shopee PayLater untuk membayar tagihan. Pembayaran Shopee PayLater ini juga hanya akan dapat digunakan jika diaktifkan langsung di aplikasi Shopee oleh pengguna yang terpilih.

Tenggat Waktu Untuk Pembayaran Shopee PayLater

Tenggat Waktu Untuk Pembayaran Shopee PayLater

Tanggal jatuh tempo yang didapatkan masing-masing pengguna sistem Shopee PayLater ini berbeda di setiap orangnya. Berikut ini adalah tanggal-tanggal tetap munculnya rincian tagihan kamu:

  • Jatuh tempo untuk tanggal 1, paling lambat dibayarkan setiap tanggal 11
  • Tenggat waktu tanggal 15, kamu membayar paling lambat setiap tanggal 25
  • Dan untuk tanggal 25, kamu bisa membayar paling lambat setiap tanggal 5

Salah satu dari tanggal di atas bisa kamu pilih waktu kamu sedang mengaktifkan metode Pembayaran SPayLater. Jadi, dalam waktu 10 hari sebelumnya setiap rincian tagihan tersebut akan muncul untuk memberi pengingat tanggal jatuh tempomu.

Pastikan kamu membayar tagihan Shopee PayLatermu tepat waktu. Di dalam rincian tagihan tersebut terdiri dari transaksimu dari 15 bulan belakangan sampai 14 bulan ke depan.

Tentu saja rincian tagihan yang diberikan adalah pesanan yang sudah dikonfirmasi diterima oleh pembeli. Pesananmu yang statusnya belum selesai tidak akan masuk ke rincian tagihan tersebut.

Misalnya kamu membeli suatu barang tanggal 21 Mei menggunakan Pembayaran SPayLater. Lalu tanggal jatuh tempo yang kamu pilih adalah tanggal 11. Barang yang kamu pesan itu kamu terima di tanggal 28 Mei.

Baca Juga  Penjelasan JNE, JTR, Cashless Shopee Beserta Cara Pakainya

Kemudian langsung kamu klik di hari itu juga kalau kamu sudah menerima pesananmu. Automatis, status pesananmu berubah menjadi ‘selesai’ di tanggal 28 Mei.

Maka, rincian tagihanmu nanti akan muncul tanggal 1 Juni dan kamu harus membayarnya tanggal 11 Juli. Akan tetapi jika kamu klik bahwa pesananmu diterima tanggal 1 Juni, lain lagi jadinya.

Kamu akan mendapatkan rincian tagihanmu di tanggal 1 Juli, lalu kamu harus membayarnya tanggal 11 Juli. Jadi, rincian tagihan tidak akan muncul di tanggal barang diterima.

Mengubah Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Shopee PayLater

Mengubah Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Shopee PayLater

Tanggal munculnya rincian tagihan dan tanggal jatuh tempo Pembayaran Shopee PayLater yang sudah kamu pilih tidak dapat kamu ubah kembali.

Sekali kamu sudah memilih, berkomitmenlah dengan tanggal tersebut. Sebelum memilih saat aktivasi, pastikan kalau kamu memang benar-benar dapat melakukan pelunasan sesuai dengan salah satu tanggal jatuh tempo itu.

Akan tetapi, jika kamu memang benar-benar ingin dan harus mengubah tanggal jatuh tempo Pembayaran Shopee PayLater itu karena suatu desakan. Kamu dapat coba untuk mengajukan perubahannya dengan menghubungi Customer Service Shopee lagi.

Kami yakin bahwa pihak Shopee akan membantumu. Selain itu kamu bisa coba mengirim email ke pihak Shopee atau telepon call center Shopee.

Melihat Transaksi Pembayaran Shopee PayLater Yang Sudah Dilakukan

Melihat Transaksi Pembayaran Shopee PayLater Yang Sudah Dilakukan

Jangan khawatir ketika kamu lupa riwayat transaksimu menggunakan sistem Pembayaran Shopee PayLater. Tentu saja kamu dapat mengeceknya kembali. Caranya tidak jauh beda dengan cara sebelum-sebelumnya, yaitu:

  1. Pilih menu ‘Saya’ di halaman utama setelah membuka aplikasi Shopee
  2. Klik ‘SPayLater’ untuk memilih menu lainnya
  3. Lalu pilihlah opsi ‘Transaksi Terakhir’ untuk melihat pembayaran yang sudah dilakukan

Bagaimana Jika Terjadi Error Saat Aktivasi?

Bagaimana Jika Terjadi Error Saat Aktivasi

Beberapa orang mungkin merasakan kendala ketika sedang memverifikasi wajahnya. Kendala yang sering dialami misalnya seperti tulisan ‘Sistem Error. Silahkan coba lagi.’

Biasanya hal ini terjadi ketika wajah tidak dapat dideteksi oleh sistem. Jika kamu juga sedang mengalami hal itu, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Perbaruilah Google Play Service-mu (Layanan Google Play)

Memperbarui layanan google play bukan berarti memperbarui aplikasi Shopee. Cara memperbarui layanan google play ini berbeda dengan mengupdate aplikasi biasa. Silahkan kamu ke setelan ponselmu.

Pada menu aplikasi google play, ketuk pilihan setelan dan aktifkan pilihan update automatis di layanan ini. Jika sudah selesai mengupdate, silahkan coba aktivasi Shopee PayLatermu ulang. Coba ulangi lebih dari satu kali.

Baca Juga  25 Contoh Kata Kata Pesan Otomatis Shopee Yang Menarik

2. Restart Ponsel

Jika masih belum bisa juga, restart ponselmu kemudian tunggulah beberapa menit. Jangan lupa untuk memastikan ponsel kamu memiliki koneksi internet yang baik supaya proses aktivasi berjalan dengan lancar.

Cara Agar Pembayaran Shopee PayLater Bisa Aktif

Cara Agar Pembayaran Shopee PayLater Bisa Aktif

Sebelum kita membahas jatuh tempo Pembayaran Shopee PayLater, tentu saja SPayLater ini harus diaktifkan terlebih dahulu, bukan? Ada beberapa langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat sistem pembayaran ini dapat aktif. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  1. Klik ‘Saya’ di kanan bawah layar utama
  2. Masuk ke kolom ‘SPayLater’
  3. Pilih ‘Aktifkan Sekarang’ -> Kemudian klik Lanjut
  4. Silahkan Masukkan Kode Verifikasi (OTP)
  5. Upload KTP -> Konfirmasi
  6. lsi ‘Informasi Tambahan’ -> Lanjut
  7. Verifikasi Wajah

Jika kamu mengaktifkan SPayLater, ada banyak keuntungan spesial yang akan kamu dapatkan. Diantaranya, bunga yang terjangkau dan cicilan hingga 24 bulan.

Terdapat juga beberapa promo berupa voucher khusus untukmu jika kamu menggunakan metode Pembayaran Shopee PayLater ini. Tentunya metode pembayaran ini aman dan terpercaya.

Biasanya, kode OTP dikirimkan oleh Shopee melalui WhatsApp ke nomor kamu yang telah terdaftar dimana nanti kamu akan melihat notifikasi pop up nya.

Hati-hati terhadap setiap kode OTP yang kamu terima. Jangan sembarangan memberikan kode tersebut ke orang lain, apalagi orang yang tidak kamu kenal. Waspada terhadap setiap percobaan penipuan.

Kelengkapan Data Untuk Mengaktifkan Shopee PayLater

Untuk kelengkapan data, foto kartu KTP-mu mengikuti bingkai kotak yang sudah ada, posisikan secara benar supaya jelas terbaca oleh sistem.

Setelah itu aplikasi akan mendetect nama lengkap, NIK, dan tanggal lahirmu secara automatis. Kamu tidak akan diperbolehkan dahulu menggunakan sistem pembayaran SPayLater ini jika umurmu masih di bawah 18 tahun.

Setelah semua data sudah lengkap, sistem Shopee akan scan wajah kamu. Arahkan dan letakkan wajah dengan benar ke posisi (bingkai) yang sudah disediakan.

Pastikan pencahayaan di tempatmu memverifikasi wajah, baik dan terang, sehingga verifikasi dapat dilakukan dengan lancar. Jika kamu sudah berhasil melakukan langkah-langkah di atas.

Kamu akan mengetahui bahwa SPayLatermu sedang diproses melalui notifikasi yang diberikan aplikasi. Kemudian, jika permintaan aktivasimu telah diterima, kamu akan mengetahuinya juga melalui notifikasi pop up.

Nanti akan diberitahu bahwa aktivasi berhasil. Kamu dapat membaca dan memahami tentang limit cicilan yang kamu dapat untuk melakukan Pembayaran dengan Shopee PayLater.

Baca Juga  Apa Itu On Delivery Di Shopee Serta Apa Saja Keuntungannya?

Biasanya proses pengajuan ini berlangsung selama paling lama 2×24 jam oleh tim terkait. Apabila kamu mengalami gangguan teknis saat melakukan aktivasi Pembayaran Shopee PayLater, silahkan menghubungi Customer Service Shopee.

Cara Membayar Dengan Pembayaran Shopee PayLater

Cara Membayar Dengan Pembayaran Shopee PayLater

Terkadang ada kebutuhan mendesak yang membuatmu harus segera melakukan check out pada Shopee. Jika pada saat itu kamu sedang tidak memiliki saldo ShopeePay dan tidak dapat mengisi saldo waktu itu juga.

Kamu bisa menggunakan metode Pembayaran Shopee PayLater. Metode pembayaran yang satu ini tentu saja akan sangat membantumu jika sedang ada keadaan mendesak.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti jika hendak menggunakan Shopee PayLater.

  1. Klik ‘Metode Pembayaran’ kemudian pilih SPayLater
  2. Jika sudah, silahkan buat pesanan
  3. Memasukkan PIN ShopeePay kamu
  4. Pesananmu akan segera diproses seperti biasa
  5. Tagihan Masih Muncul Padahal Sudah Melakukan Pembayaran Shopee PayLater

Kamu sudah melunasi Pembayaran SayLatermu, tapi masih menerima tagihan yang harus kamu bayar. Bukannya tidak mungkin kalau masalah ini terkadang akan muncul.

Jika itu terjadi, jangan terlalu panik dan khawatir. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan, diantaranya:

  • Segera Hubungi Customer Service Shopee

Buka aplikasi Shopee pada ponsel kamu -> Klik ‘Saya’ -> Scroll lalu klik ‘chat dengan Shopee’ -> Klik ‘chat with live agent’ -> Tunggu sampai terhubung.

  • Berikan Bukti Pembayaran Shopee PayLater

Bukti pembayaran dapat berupa struk Alfamart atau Indomaret. Kalau kamu melunasi pembayarannya melalui transfer bank, kirimkan foto atau screenshot pelunasannya.

Jadi, sangat penting bagimu untuk menyimpan setiap bukti pembayaran yang telah kamu lakukan. Jangan langsung membuangnya begitu saja, karena kita tidak mengetahui secara pasti semua kemungkinan yang akan terjadi.

  • Ceritakan Kronologi Yang Kamu Alami

Jika sudah mendapatkan laporan darimu, Customer Service Shopee akan menindak lanjuti dengan meneruskannya terlebih dahulu ke tim teknis. Kamu dapat menunggu  jawaban tindak lanjut, biasanya dalam kurun waktu 5 hari.

Akhir Kata

Mungkin baru hanya itu saja yang dapat kami sampaikan seputar sistem Pembayaran Shopee PayLater, khususnya mengenai Jatuh Tempo SPayLater.

Bijaklah dalam menggunakan sistem “beli sekarang, bayar nanti” ini dan senantiasa perhatikan tanggal jatuh tempo pembayaranmu.

Kami harap artikel ini dapat membantu. Artikel kami akan terus update, terutama jika ada perubahan informasi. Stay Tune!