Apa Itu On Delivery Di Shopee Serta Apa Saja Keuntungannya?

KoranPangkep.co.id – Istilah On Delivery di shopee. Shopee sebagai platform marketplace online yang digemari oleh banyak orang dari kalangan usia manapun. Marketplace online ini tentu saja memiliki istilah tertentu seperti on delivery, cash on delivery, pre-order, dan lain-lain.

Saat kamu belanja online, terkadang kamu ingin mengetahui status pengiriman paket yang telah kamu beli. Tentu saja kamu yang sudah belanja di Shopee ingin sekali melacak paketnya, apakah sudah dikirim atau sudah sampai dimana?

On delivery di Shopee terjadi oleh ekspedisi untuk pengiriman antar luar kota ataupun dalam kota. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang on delivery di Shopee. Kami akan menjelaskan juga seputar sistem pengiriman yang ada di Shopee, bagaimana penggunaanya, dan kelebihannya.

Tentang On Delivery Di Shopee

Tentang On Delivery Di Shopee

Shopee merupakan marketplace dengan jumlah pengguna yang paling banyak di Indonesia. Setiap bulan, Shopee selalu mengadakan acara belanja besar, iklan yang mewah, bahkan melakukan acara TV spesial.

Banyaknya voucher menarik dan cashback  serta flash sale  membuat harga barang menjadi sangat murah. Tidak heran  banyak orang  menggunakan aplikasi ini untuk jual beli. 

Selain itu, banyak fitur, acara, game, voucher, dan lainnya yang lengkap di Shopee. On delivery di Shopee yang sedang kita bicarakan adalah salah satu fitur dari Shopee. Kamu yang sering melakukan belanja online pasti sering menemukan istilah-istilah baru seperti on delivery. Apa arti dari on delivery?

Kata on delivery merupakan kata dalam bahasa Inggris. Jika kita artikan dalam bahasa Indonesia maka on delivery artinya dalam pengiriman atau sedang dikirim. Sering kita jumpai kata on delivery dalam proses pengiriman. Status pengiriman paket di Shopee cukup banyak. Arti on delivery di Shopee adalah status pengiriman paket kamu sedang dalam proses diantarkan ke rumah.

On delivery di Shopee ini akan memberi tahu pembeli bahwa barang telah ditempatkan di mana saja. Misalnya, barang baru dikemas dan ditempatkan di gudang. Selain itu, proses pengiriman akan dicantumkan langsung di alamat nomor penerima yang sudah ada di Internet.

Baca Juga  Penjelasan JNE, JTR, Cashless Shopee Beserta Cara Pakainya

Jika barang masih disimpan di lokasi lain dan tunggu kurir datang ke rumah kamu. Hal ini kemudian dapat dikonfirmasikan dengan waktu dan tempat yang tepat dari barang yang dipesan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir dengan status pengiriman produk.

Istilah on delivery di Shopee ini berguna bagi pembeli untuk untuk  mengetahui status pesanan paket, apakah pesanan masih dikemas, sudah diambil oleh jasa pengiriman, atau sedang dalam perjalanan ke rumah pembeli.

Bedanya On Delivery Dan Cash On Delivery Di Shopee

Bedanya On Delivery Dan Cash On Delivery Di Shopee

Ada istilah lain yang bisa kamu temui yaitu cash on delivery yang biasa kita kenal COD. COD merupakan bayar ditempat. Kamu bisa membayar paket setelah barang sudah sampai di rumah lalu cara bayar biasanya uang akan diserahkan ke kurir. Harga COD ini sudah tercantum dengan harga barang dan pengiriman.

Perbedaan antara on delivery dan COD adalah cara pembayaran dan pengiriman paket barang yang akan dilakukan oleh penjual dengan pembeli atau pembeli dengan kurir. Jadi pembayaran on delivery pembayarannya melalui penjual dengan pembeli, sedangkan COD pembayaran melalui kurir dan kamu sebagai pembeli.

Sistem kerja COD, kamu pesan barang di Shopee lalu pilih pembayaran dengan COD. Kemudian paket diantar oleh kurir ke rumah kamu lalu kamu bayar paket kamu setelah pesanan paket kamu sampai. COD memiliki beberapa keuntungan seperti:

  1. Kamu bisa mengecek dahulu paket kamu dalam keadaan bagus apa tidak
  2. Jika dalam keadaan bagus, kamu bisa langsung membayarnya. Jika dalam keadaan tidak bagus, kamu bisa mengajukan pengembalian sebelum membayar sampai ditukar dengan baik. Kamu sebagai pembeli harus mengemas pesanan yang ingin dikembalikan jangan lupa mengirimkan bukti seperti photo ataupun video
  3. Proses pembayaran ini salah satu solusi jika kamu tidak mengetahui cara transfer atau sedang tidak sempat transfer

Sejauh ini, kamu memilih sistem pembayaran COD atau on delivery di Shopee masih nyaman digunakan. Kamu sebagai pembeli harus teliti ataupun cermat dalam pembelian barang online. Jika barang sampai dalam keadaan rusak atau kurang, kamu harus membuktikan photo atau video untuk minta tukar atau pengembalian dana.

Baca Juga  Cara Mengganti Username Shopee Terlengkap dengan Mudah

Kamu tidak boleh langsung mengeluh atau marah-marah ataupun pembatalan secara sepihak. Jika kamu membatalkan secara sepihak maka penjual akan rugi. Kesulitan meliputi biaya bungkus paket atau packing, produksi, waktu, maupun tenaga yang telah dikeluarkan.

Keuntungan On Delivery Di Shopee

Keuntungan On Delivery Di Shopee

Fitur ini memiliki keuntungan yang cukup menggiurkan pembeli yang ingin berbelanja di Shopee. Ada satu alasan kenapa sistem on delivery di Shopee banyak digemari oleh para pengguna Shopee.

1. Voucher Gratis Ongkos Kirim

Voucher ini sangat berguna agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Pembeli biasanya tidak jadi  memesan karena ongkos kirim yang cukup mahal. Bahkan, di beberapa toko online, biaya pengiriman lebih mahal daripada harga barang.

Perlu kamu ketahui bahwa di beberapa kota seperti Kalimantan, meskipun sudah menggunakan voucher gratis ongkos kirim, masih ada biaya pengiriman yang bisa sekitar setengah dari biaya normal. Jika kamu berada di  pulau yang sama dengan penjual, kamu akan benar-benar mendapat manfaat dari apa yang disebut pengiriman gratis.

Cara Cek Status Pengiriman Di Shopee

Cara Cek Status Pengiriman Di Shopee

Setiap kamu belanja online, kamu tentu saja selalu cek sudah sampai mana proses pengiriman paket. On delivery di Shopee ada fitur untuk kamu mengetahui sudah berada dimana paket yang telah kamu pesan. Ada dua cara untuk melacak status pesanan.

1. Lacak Status On Delivery Di Shopee

Perlu kamu ketahui bahwa di Shopee ada jenis status pesanan seperti belum dibayar, dikemas, dikirim, disetujui menerima paket, lalu memberi penilaian. Jika pesanan belum dibayar, maka status pesanan “belum dibayar”.

Pembayaran bisa melalui transfer bank, shopee pay, ataupun cash on delivery (COD) yang artinya pembayaran dilakukan setelah paketnya datang. Shopee memiliki 13 pilihan metode pembayaran yang sangat beragam.

Terdiri dari Debit, Shopeepay, Transfer, Shopee Payalater, OneKlik, Akulaku Paylater, BRI Link, Mitra Shopee, dan BNI Agen46. Selain itu, pembayaran juga bisa dilakukan melalui minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. 

Setelah pembayaran dilakukan, status paket pesanan kamu akan muncul menjadi “dikemas”. Artinya, paket pesanan kamu sedang disiapkan oleh penjual.

Jika barang sudah dikemas menjadi paket, maka penjual akan mengirimkan paket kamu ke ekspedisi yang telah kamu pilih. Ketika paket kamu sudah dikirim oleh penjual, status pesanan paket kamu akan menjadi “dikirim”. Cara melacak status on delivery di Shopee, seperti berikut:

  1. Pertama, kamu buka akun Shopee. Kemudian kamu buka akun profile, lalu klik pesanan saya
  2. Jika kamu sudah berbelanja, maka status paket pesanan kamu akan berada disalah satu 4 jenis pesanan yang telah dijelaskan di atas
  3. Jika sudah dikirim, maka kamu klik “sudah dikirim”. Kemudian klik pesanan yang ingin kamu lacak
  4. Kemudian akan muncul rincian informasi pesanan paket kamu. Klik informasi pengiriman untuk kamu mencari tahu sudah berada dimana paketmu. Biasanya akan muncul status pengiriman seperti on delivery atau di kurir
  5. Jika pesanan paketmu sudah sampai, maka status paket pesanan kamu akan berubah menjadi “selesai” atau “beri penilaian”
Baca Juga  4 Cara Transfer Saldo Shopeepay Ke Rekening Bank (Lengkap)

2. Lacak Status On Delivery Melalui Website

Shopee pun memiliki layanan ekspedisi yang banyak, seperti shopee express, JNE, J&T, Anteraja, dan lain-lain. Jika Shopee sedang bermasalah, kamu bisa untuk melacak pesanan paket melalui website ekspedisi sesuai dengan yang kamu pilih di Shopee.

Ketika pesanan kamu sedang diproses oleh penjual dan ingin dikirim, maka kamu akan mendapatkan no resi. No resi adalah nomor yang akan diberikan dari layanan pengiriman sebagai identitas paket yang kamu pesan. Nomor ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penjual sudah mengirimkan paket kamu.

Setelah kamu mendapatkan no resi pesanan, kamu bisa buka website jasa ekspedisi yang sesuai dengan pengiriman paket kamu. Kamu bisa meminta no resi kepada penjual ataupun melihat status pesanan di Shopee. Berikut langkah-langkah melacak pesanan melalui website:

  1. Pertama kamu buka google dan tulis cek resi sesuai ekspedisi contoh “cek resi J&T” atau “cek resi JNE”
  2. Kemudian akan muncul website resmi biasanya akan muncul di paling atas. Klik websitenya, lalu akan muncul halaman lacak kiriman atau Trace & Track
  3. Kemudian kamu ketik no resi pesanan yang ingin kamu lacak. Tunggu beberapa menit, maka akan ada informasi pengiriman kamu sudah sampai mana

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang dalam pengiriman di Shopee dan bagaimana cara mengecek status on delivery di Shopee. Kamu bisa menjadikan artikel ini sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan untuk memakai sistem pengiriman seperti on delivery di Shopee. Semoga bermanfaat dan jangan sampai melewatkan informasi lainnya yang menarik!