Cara Tarik Data Ke Dapodik Siswa Baru 2023 Secara Mudah

koranPangkep.co.id – Tarik data ke Dapodik kini menjadi aturan baru untuk mendata siswa di sekolah. Kementerian Pendidikan meluncurkan sistem baru pada pendataan siswa mulai 2023 mendatang. Kemendikbudristek juga sudah merilis buku panduan resmi agar dapat membantu penggunaan Dapodik 2023.

Sistem baru ini bertujuan agar pendidikan di Indonesia memiliki integrasi antar pihak yang terlibat. Tarik data ke Dapodik diperlukan agar data yang merupakan komponen penting valid dan akurat untuk diolah. 

Dapodik atau Data Pokok Pendidikan merupakan sistem pendataan yang dikelola oleh Menteri Pendidikan mencakup data sekolah, peserta didik, serta pendidik. Data sekolah akan diperbarui terus menerus secara daring sehingga menjadi dasar untuk mewujudkan Indonesia cerdas dan kompetitif. 

Mengenal Tentang Dapodik

Mengenal Tentang Dapodik

Sebagai masyarakat yang menggeluti bidang pendidikan maupun para pengajar di sekolah harus mengetahui tentang Dapodik. Dapodik merupakan sebuah singkatan yang berasal dari Data Pokok Pendidikan. Setiap siswa baru maupun siswa lama di setiap sekolah memiliki data diri yang terdaftar di dalam Dapodik.

Kehadiran Dapodik berguna bagi setiap siswa dan juga untuk kenyamanan guru maupun sekolah mengenai data seputar pendidikan. Data yang disimpan oleh Dapodik sendiri merupakan data yang digunakan nantinya untuk setiap sekolah mendata setiap murid-muridnya. 

Untuk dapat memiliki data pokok pendidikan biasanya akan diurus oleh pihak sekolah mengenai nama siswa, nomor, gender dan sebagainya. Siswa hanya harus mempersiapkan dokumen yang diminta oleh pihak sekolah nantinya. Pemerintah telah membuat peraturan keseluruh sekolah untuk mengisi Dapodik, agar bisa terlihat perkembangan jenjang sekolahnya.

Siswa yang nantinya akan memasuki dunia jenjang pendidikan baru, pihak sekolah harus tarik data ke dapodik agar datanya bisa terupdate. Maka dari itu, sebelum siswa baru masuk sekolah akan dimintai terlebih dahulu dokumen-dokumen yang sesuai dengan kebutuhan dapodik. 

Data yang terdapat pada Dapodik nantinya akan di update secara berkala dan bersifat online. Tidak hanya data siswa yang terdaftar di dalam Dapodik, begitu juga daftar para guru, karyawan, sekolah, kelembagaan hingga kurikulum sekolah. Setiap sekolah harus mengupdate seluruh data ke Dapodik agar memudahkan pemerintah dalam mendata masyarakat di Indonesia.

Jenjang Yang Termasuk Dalam Dapodik

Jenjang Yang Termasuk Dalam Dapodik

Jika membuka situs maupun aplikasi Dapodik, terdapat beberapa jenjang yang mengharuskan datanya diinput di dalam dapodik tersebut. Berikut jenjang yang termasuk di dalam Dapodik :

  • TK
  • SD
  • SMP
  • SMA/SMK
  • SLB

Data-data setiap jenjang inilah yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam melakukan pendataan seluruh siswa maupun para pekerjanya.  Tak hanya untuk memudahkan kinerja sekolah, dan pemerintah dengan adanya Dapodik siswa juga bisa mencari namanya dan data mengenai dirinya.

Di setiap jenjang siswa akan memiliki data diri yang bertujuan bahwa siswa tersebut memang sekolah pada sekolah tersebut. Tak hanya itu dapodik juga berguna untuk mengetahui bahwa siswa tersebut masih aktif atau tetap bersekolah disana. Setiap siswa yang baru saja naik ke jenjang pendidikan berikutnya maka sekolah baru akan tarik data ke dapodik.

Agar data sekolah siswa yang lama dan jenjang yang lama diperbaharui sesuai dengan data dimana ia sekolah saat ini. Data dapodik harus segera di update jika memang ada perubahan sekolah dan jenjang pada siswa yang terkait. 

Data Yang Diperlukan Untuk Tarik Data Ke Dapodik

Data Yang Diperlukan Untuk Tarik Data Ke Dapodik

Untuk para sekolah yang ingin mendata ke dapodik bagi siswa yang baru masuk, beberapa dokumen yang harus dimiliki. Bagi siswa baru yang ingin naik ke jenjang baru, sekolah bisa meminta beberapa data saja, karana data lainnya bisa ditarik pada sekolah sebelumnya. Beberapa data yang harus dipersiapkan untuk tarik data ke dapodik, bagi siswa, guru maupun sekolah :

1. Daftar Nama Siswa, Guru, Karyawan Sekolah Baru

Sebelum menarik data pastikan untuk menerima daftar siswa, guru, karyawan baru yang nantinya akan masuk dalam sekolah baru. Untuk itu biasanya mereka akan mendaftarkan nama sebelum masuk ke sekolah baru, tujuannya agar bisa melakukan pendataan ke dapodik dan dapat diperbaharui. 

Nama biasanya sudah dimiliki oleh sekolah dimana nantinya siswa, guru, karyawan baru menetap. Jika sudah ada nama yang tertera setidaknya sekolah bisa tarik data ke dapodik dengan 1 syarat lainnya. Nama yang dimiliki tidak cukup untuk mencarinya di dapodik.

2. Nama Sekolah Terdahulu

Setelah nama yang dimiliki oleh pihak sekolah, data yang dibutuhkan agar tidak salah sasaran adalah nama sekolah terdahulu. Tempat siswa itu belajar terlebih dahulu, maupun tempat kerja lama guru dan karyawan baru. Sekolah lama harus disebutkan untuk tarik data ke dapodik. 

Jika nama sekolah tidak ada, ditakutkan akan adanya kesalahan saat tarik data ke dapodik. Penarikan data ini bersifat sangat penting, maka diharapkan jangan sampai adanya kesalahan dari pihak sekolah maupun siswa, guru, karyawan baru. Jika data nama lengkap dan nama sekolah terdahulu sudah didapatkan, sekolah sudah bisa segera tarik data ke dapodik.

Cara Tarik Data Ke Dapodik 2023

Cara Tarik Data Ke Dapodik 2023

Setelah mengetahui jenjang dan data yang diperlukan sebelumnya, saat ini akan membahas bagaimana cara untuk tarik data ke dapodik. Diketahui untuk tarik data ke dapodik sangatlah mudah, akan tetapi untuk tarik data ke dapodik harus memiliki akses dari sekolah. Tidak bisa semua orang yang menarik data siswa baru ke dapodik, harus orang yang berkenan seperti karyawan sekolah maupun guru.

Jika memang sudah memiliki akses masuk dapodik untuk tarik data ke dapodik bagi siswa baru maupun guru atau karyawan baru. Baru data bisa ditarik oleh pihak sekolah yang ditujunya. Berikut cara tarik data ke dapodik 2023:

  1. Buka terlebih dahulu situs Dapodik yang sudah disediakan oleh pemerintah
  2. Masukkan nama dan password dapodik yang sudah dimiliki sebagai akses masuk
  3. Tekan aplikasi, lalu pilih PD baru dan menuju menu dapodik
  4. Jika sudah masuk ke data, cari dengan memasukkan nama dan sekolah terdahulu dari siswa yang akan ditarik datanya ke dapodik
  5. Data yang dimasukkan sudah benar maka langsung tekan centang agar data dapat ditarik
  6. Lalu tekan tombol daftarkan, maka siswa sepenuhnya sudah berhasil ditarik ke Dapodik 

Cara berikut merupakan cara mudah untuk melakukan tarik data siswa baru maupun guru, karyawan baru ke dapodik 2023. Ikuti langkah-langkahnya dengan baik dan cerman agar tidak ada kesalahan saat proses penarikan. Jika sampai salah yang akan rugi nanti adalah siswa yang datanya salah ditarik oleh pihak sekolah.

Tarik Data Ke Dapodik Murid TK Menuju SD

Contoh selanjutnya jika siswa yang ingin naik jenjang ke jenjang baru, yaitu sebagai contoh murid TK menuju jenjang SD. Hampir sama dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa siapkan terlebih dahulu dokumen data yang tepat. Maka, berikut contoh cara tarik data ke dapodik dari murid TK menuju jenjang SD:

  1. Buka browser pada handphone dan cari web resmi dapodik
  2. Setelah itu masukkan akun akses yang dimiliki sekolah yang bersangkutan untuk bisa menindaklanjuti
  3. Jika sudah pergi ke menu dapodik untuk menarik datanya
  4. Masukkan nama lengkap murid tersebut, cari nama sekolah yang terdapat pada kolom sekolah, tambahkan tahun murid tersebut lulus dari TK.
  5. Selanjutnya centang siswa tersebut dan pastikan bahwa data tersebut memang benar
  6. Data yang sudah dipastikan benar maka langsung tekan tombol daftarkan, maka murid tersebut sudah ditarik sebagai murid TK

Cara di atas berguna untuk guru yang akan menarik siswa baru yang nantinya akan bersekolah dan menempuh jenjang pendidikan baru. Pastikan kembali bahwa data siswa yang akan ditarik memang sudah sesuai agar tidak adanya kesalahan yang bisa menjadi rumit. Jika data sudah sesuai dan lengkap maka lebih mudah untuk menarik siswa baru tersebut.

Langkah Mengunduh Aplikasi Dapodik

Pemerintah mengembangkan situs Dapodik menjadi lebih modern, sekarang dapodik sudah memiliki aplikasi yang bisa langsung di download bagi guru. Teknologi yang berkembang juga menjadi salah satu alasan mengapa pemerintah melakukan pembaharuan. Meskipun sudah terdapat aplikasi baru dapodik akan tetapi tetap bisa untuk akses melalui web resminya.

Untuk penggunaan aplikasi dapodik, sebelumnya download terlebih dahulu aplikasinya agar bisa langsung digunakan. Maka berikut langkah-langkah dalam mengunduh aplikasi dapodik 2023:

  1. Buka browser terlebih dahulu pada handphone
  2. Lalu ketik keyphrase Download aplikasi dapodik pada bagian pencarian
  3. Setelah itu akan ada web resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah 
  4. Buka web tersebut dan langsung pergi pada lama download aplikasi dapodik
  5. Jika sudah, tekan tombol download dan otomatis akan terdownload pada handphone masing-masing
  6. Aplikasi yang sudah selesai didownload buka kembali filenya agar bisa terdownload sepenuhnya pada handphone
  7. File yang sudah dibuka bisa langsung tekan install agar file tersebut sepenuhnya berada di handphone
  8. Selanjutnya file yang sudah menjadi aplikasi, bisa langsung dipakai.

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai dapodik tahun 2023. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca setia. Sampai bertemu di artikel menarik lainnya, yang akan menyediakan berbagai informasi yang inovatif dan informatif!